Keluarga

Jadi Buah Khas Imlek, Ini Ragam Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan

Jadi Buah Khas Imlek, Ini Ragam Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Ada 6 manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan. Cari tahu selengkapnya di sini.

Jeruk mandarin merupakan salah satu buah khas Imlek yang dipercaya membawa banyak keberuntungan.

Terlepas dari itu, faktanya jeruk mandarin termasuk buah yang menyehatkan. Lebih dari sekadar suguhan lezat di hari Imlek, jeruk mandarin menawarkan sejumlah manfaat kesehatan mulai dari mengurangi risiko kanker hingga meningkatkan kesehatan kulit.

Lebih detail, berikut 6 manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari Stylecraze.

Baca Juga: 4 Cara Menggunakan Eyeshadow Merah untuk Perayaan Imlek, Dijamin Cantik!

1. Mengurangi risiko kanker

Manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan yang pertama yaitu mengurangi risiko kanker.

Penelitian mengungkapkan bahwa jeruk mandarin dapat menurunkan risiko terkena kanker hati. Ini berkat kandungan karotenoid yang ada di dalam jeruk mandarin.

Jus jeruk mandarin yang diberikan kepada pasien hepatitis C terbukti dapat menggagalkan perkembangan kanker hati, karena mengandung beta-cryptoxanthin yang tinggi. Jeruk mandarin juga kaya akan limonene yang memiliki efek anti-kanker dan bisa membantu mencegah kanker payudara.

2. Membantu mengatasi masalah kolesterol

Manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan yang kedua yaitu membantu mengatasi masalah kolesterol.

Jeruk mandarin mampu menghasilkan synephrine yang membatasi produksi kolesterol dalam tubuh. Sementara itu, antioksidan yang terkandung dalam jeruk mandarin bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, kandungan antioksidan dalam jeruk mandarin juga dapat memerangi radikal bebas yang mengoksidasi kolesterol dan membuat kolesterol menempel pada dinding arteri.

Yang tak kalah penting, jeruk mandarin mengandung serat larut dan tidak larut seperti hemiselulosa dan pektin yang bermanfaat untuk mencegah penyerapan kolesterol di usus.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan yang ketiga yaitu menurunkan tekanan darah.

Ternyata, jeruk mandarin juga bisa membantu menurunkan tingkat tekanan darah lho Moms. Ini karena jeruk mandarin mengandung nutrisi dan mineral seperti potassium yang mampu menurunkan tekanan darah.

Jeruk mandarin dapat menjaga aliran darah lancar melalui arteri, sehingga tekanan darah tetap normal.

Baca Juga: 5 Tips Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil, Hindari Retinol!

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan yang keempat yaitu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk mandarin mampu mencegah flu dan menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

Jeruk mandarin memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah luka menjadi septik dan infeksi virus, jamur, maupun bakteri. Jeruk mandarin juga bisa mencegah kejang pada sistem pencernaan dan saraf, sehingga pada gilirannya mencegah kram dan muntah. Plus, jeruk mandarin merupakan pembersih darah alami yang membantu mengeluarkan racun dan zat yang tidak diinginkan dari tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan yang kelima yaitu menurunkan berat badan.

Jeruk mandarin termasuk salah satu sumber serat yang penting. Adapun makanan kaya serat seperti jeruk mandarin terbukti dapat membuat perut kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan atau kebutuhan untuk makan lebih banyak. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan.

Menurut para ahli, mengonsumsi jeruk mandarin bermanfaat untuk menurunkan insulin. Sehingga, alih-alih menyimpan gula dan mengubahnya menjadi lemak, jeruk mandarin justru menggunakannya sebagai bahan bakar yang menyebabkan penurunan berat badan. Luar biasa kan, Moms?

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan yang terakhir yaitu meningkatkan kesehatan kulit.

Vitamin C yang terdapat dalam jeruk mandarin sangat baik untuk kulit, baik dikonsumsi secara langsung maupun dioleskan ke kulit. Dengan memenuhi asupan jus mandarin secara teratur, itu bisa membuat kulit glowing dan cerah.

Di sisi lain, kandungan antioksidan dalam jeruk mandarin dapat melindungi kulit dari sinar UVA sekaligus membantu kulit melawan kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas. Juga, mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis-garis halus, dan noda hitam.

Itulah 6 manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan. Selain mendatangkan keberuntungan di hari Imlek, ternyata jeruk mandarin kaya akan manfaat yang tentunya sayang untuk Anda lewatkan begitu saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News