Santai

Simak 9 Cara Mengatasi Layar HP Berubah Jadi Putih

Simak 9 Cara Mengatasi Layar HP Berubah Jadi Putih

MOMSMONEY.ID - Berikut ini cara mengatasi layar HP berubah jadi putih yang bisa Anda lakukan.

Pernahkah Anda mengalami layar HP berubah jadi putih secara mendadak? Jika iya, Anda tak perlu panik dan khawatir karena hal tersebut dapat diatasi. 

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara mengatasi layar HP berubah jadi putih. 

Tampaknya, ponsel Samsung sangat rentan terhadap masalah layar putih. Melihat layar Anda tiba-tiba menjadi putih bisa sangat membuat frustrasi.

Ada beberapa alasan mengapa layar ponsel Android Anda menjadi putih. Layarnya sendiri mungkin rusak, dalam hal ini satu-satunya solusi adalah menggantinya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Find My Mobile di Samsung untuk Menemukan HP yang Hilang

Selain itu, file yang rusak, pembaruan yang tidak lengkap, dan masalah panas berlebih juga dapat menyebabkan masalah layar putih. Atau suatu aplikasi dapat menyebabkan masalah layar putih.

Mengutip Guilding Tech, berikut cara mengatasi layar hp berubah jadi putih:

1. Paksa Restart HP

Bosan Restart HP Nge-Hang? Yuk Move On ke Galaxy A05s

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki masalah layar putih kematian di ponsel Android Anda adalah dengan memulai ulang ponsel secara paksa. Jangan khawatir, karena hal itu tidak akan menghapus data atau file pribadi Anda.

Untuk memaksa memulai ulang ponsel Android Anda, tekan dan tahan tombol Daya setidaknya selama 20-30 detik hingga ponsel mati. 

Memulai ulang ponsel secara paksa akan memperbaiki masalah layar putih pada ponsel Android, termasuk Samsung.

Jika masalah berlanjut setelah restart pertama, ulangi tindakan tersebut beberapa kali lagi, dan periksa hasilnya.

2. Keluarkan SIM dan Kartu Memori 

Selanjutnya, untuk memperbaiki masalah layar putih pada ponsel Android, coba keluarkan SIM dan kartu memori Anda, dan periksa apakah Anda melihat ada perbaikan. 

Untuk mengeluarkan kartu SIM, ambil pin pelepas dan masukkan ke dalam lubang baki SIM untuk melepaskan baki. Kemudian, tarik baki dari slotnya dan keluarkan kartu SIM secara perlahan. Keluarkan juga kartu memori Anda jika Anda menggunakannya. Coba paksa restart perangkat tanpa kartu SIM.

3. Keluarkan Baterai 

Jika Anda memiliki ponsel Android lama, Anda mungkin dapat melepas baterainya juga. Anda harus mencobanya juga, untuk menghilangkan masalah layar putih kematian.  

Baca Juga: 5 Alasan Nomor HP Di-Banned Telegram, Ternyata Ini Penyebabnya

Model Android baru biasanya memiliki baterai tertutup yang tidak dapat Anda keluarkan. Pada ponsel lama, lepaskan casing ponsel Anda (jika ada), dan periksa apakah Anda dapat melepas bagian belakang ponsel dengan aman untuk mengeluarkan baterainya.

4. Periksa Pengisi Daya 

Anda harus mencoba mengisi daya ponsel Android Anda sebentar. Mungkin daya baterai ponsel Anda hampir habis, dan itulah sebabnya ponsel tidak dapat melakukan booting, sehingga menyebabkan masalah layar putih. 

Jika Anda sudah mencoba mengisi daya ponsel, gunakan pengisi daya lain. Ada kemungkinan Anda menggunakan adaptor atau kabel pengisi daya yang rusak.

5. Periksa Aplikasi Bermasalah 

Jika Anda entah bagaimana dapat melewati layar putih di ponsel Android Anda, Anda harus mencoba membersihkan cache dari aplikasi apa pun yang baru saja diinstal.

Jika Anda entah bagaimana dapat melewati layar putih di ponsel Android Anda, Anda harus mencoba membersihkan cache dari aplikasi apa pun yang baru saja diinstal.

Alternatifnya, Anda harus mencopot pemasangan aplikasi yang menurut Anda bertanggung jawab atas masalah layar putih di ponsel Android Anda.

Baca Juga: Cara Kirim Pesan Video di Telegram, Fitur Baru Mirip WhatsApp

6. Nyalakan Ulang Ponsel 

Jika Anda masih tidak dapat menghilangkan layar putih di ponsel Android Anda, Anda harus mencoba me-reboot ponsel Anda dalam Safe Mode.

Dalam Safe Mode, ponsel Anda hanya akan memulai dengan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Ini mencegah aplikasi pihak ketiga diluncurkan saat start-up. Jadi, jika aplikasi pihak ketiga bertanggung jawab atas masalah layar putih kematian, ponsel Anda dapat melakukan booting dalam Safe Mode.

7. Reset Pabrik

Ponsel Anda mungkin tidak dapat digunakan karena layar putih, namun komputer Anda mungkin masih dapat membaca dan mengimpor data. Coba sambungkan ponsel Anda ke komputer dan periksa apakah Anda dapat membuat cadangan data penting.

Jika bisa, lakukan backup data lalu factory reset alias format ponsel Android Anda. Untuk itu, buka Pengaturan > Sistem > Atur ulang opsi dan pilih Hapus semua data. Pada ponsel Samsung Galaxy, Anda mungkin harus membuka Pengaturan > Manajemen Umum > Reset > Reset data pabrik.

Baca Juga: Baterai Boros Setelah Update iOS 17? Begini Cara Mengatasinya

8. Bawa ke Tempat Servis Resmi

Jika ponsel Android Anda masih menampilkan layar putih, kemungkinan besar layar tersebut rusak, atau ada kerusakan fisik atau internal lainnya. Bawa perangkat Anda ke pusat perbaikan resmi ponsel Anda dan periksa tampilan baru.

9. Reload Sistem dari Teknisi

Jika ponsel Anda tidak bergaransi, Anda juga dapat memeriksakan ponsel Android Anda ke toko reparasi ponsel setempat. 

Dalam banyak kasus, mereka akan mengunduh firmware ke ponsel Anda, yang akan menghilangkan masalah layar putih jaka itu bukan masalah tampilan.

Jadi, begitulah cara mengatasi layar HP berubah jadi putih secara mendadak. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Jadwal SIM Keliling Bandung & Karawang 6/11/2023, Perpanjang SIM Tanpa Ujian Praktik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News