Santai

Baterai Boros Setelah Update iOS 17? Begini Cara Mengatasinya

Baterai Boros Setelah Update iOS 17? Begini Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Fitur iOS 17 yang semakin canggih memudahkan penggunanya. Ada beberapa fitur baru seperti jarak layar. Namun ternyata hal tersebut membuat baterai boros. Beberapa pengguna mengeluh baterai boros setelah update iOS 17. 

Jika Anda mengalami masalah baterai boros setelah update iOS 17, ada tips dan cara mengatasi baterai boros setelah update iOS 17. 

Berikut ini solusi jika baterai boros setelah update iOS 17:

1. Tunggu beberapa saat dan perbarui iOS

Apple diketahui sering melakukan pembaruan untuk memperbaiki masalah umum seperti konektivitas Wi-Fi, atau masalah pemanasan. 

Jadi sebaiknya periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk iOS dan tunggu beberapa hari. 

Baca Juga: 10 Fitur Tersembunyi di iPhone yang Tidak Dibocorkan Apple, Apa Saja?

2. Perbarui aplikasi 

Fitur iOS 17

Selagi Anda menunggu, cobalah berbagai cara untuk menghemat masa pakai baterai. Coba perbarui semua aplikasi di iPhone Anda. Menggunakan aplikasi versi lama yang tidak kompatibel dengan iOS 17 dapat mengakibatkan inefisiensi yang menyebabkan terkurasnya baterai.

Pembaruan ini sering kali mencakup perbaikan bug, peningkatan kinerja, patch keamanan, dan peningkatan kompatibilitas. Menggunakan aplikasi yang sudah ketinggalan zaman dapat menyebabkan peningkatan penggunaan sumber daya, yang pada akhirnya menghabiskan lebih banyak masa pakai baterai.

3. Matikan siri 

Siri secara aktif mendengarkan perintah suara dan karenanya selalu berjalan di latar belakang sehingga menghabiskan daya baterai. 

Baca Juga: 6 Fitur Android 14 Terbaik dan Terbaru, Apa Saja?

Hal ini dapat menyebabkan beberapa proses yang berjalan di latar belakang menghabiskan baterai. Banyak orang yang tidak terlalu menggunakan Siri. 

4. Nonaktifkan jarak layar 

Meskipun Jarak Layar adalah fitur yang sangat berguna untuk mencegah ketegangan mata, fitur ini dapat menghabiskan banyak daya baterai.

tu selalu bekerja di latar belakang untuk mengukur jarak antara wajah Anda dan layar, sehingga menghabiskan baterai dalam prosesnya. 

Baik untuk remaja dan anak-anak, tetapi orang dewasa mungkin mempertimbangkan untuk mematikannya.

5. Matikan penyegaran latar belakang 

Penyegaran Aplikasi Latar Belakang memungkinkan aplikasi memperbarui kontennya di latar belakang bahkan saat Anda tidak menggunakannya secara aktif. 

Meskipun berguna untuk selalu memperbarui aplikasi seperti cuaca atau berita dan memberikan informasi terkini, hal ini juga dapat memengaruhi masa pakai baterai, terutama jika terlalu banyak aplikasi yang terus-menerus menyegarkan di latar belakang.

Anda dapat mematikannya untuk aplikasi yang tidak Anda gunakan atau perlu disegarkan secara aktif di latar belakang.

6. Beralih ke Safari

Google Chrome adalah browser yang populer, namun dikenal boros sumber daya yang menyebabkan terkurasnya baterai di iPhone. 

Sebagai gantinya, beralihlah ke Safari yang merupakan browser web asli Apple yang dirancang untuk bekerja secara lancar dengan iOS.

Baca Juga: Harga iPhone 15 Terendah Ada di Negara Ini, Mana Saja?

Selain itu, browser ini terintegrasi dengan baik dengan sistem operasi, yang berarti browser ini biasanya menggunakan lebih sedikit sumber daya dan menawarkan efisiensi baterai yang lebih baik dibandingkan browser pihak ketiga.

7. Periksa penggunaan baterai untuk aplikasi

Anda juga dapat memeriksa penggunaan baterai aplikasi yang diinstal pada iPhone untuk melihat apakah ada aplikasi jahat yang menyebabkan baterai terkuras, meskipun tidak terlalu sering menggunakannya. 

Jika demikian, Anda dapat memperbarui atau menghapus instalasinya.

Di sini, Anda dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya baterai. Kemudian dapat mengambil tindakan yang diperlukan seperti mematikan penyegaran latar belakang.

8. Jangan tutup aplikasi di latar belakang

Banyak pengguna yang memiliki kebiasaan menutup paksa aplikasi setelah selesai menggunakannya dengan cara menggesernya ke atas. 

Siapa yang tidak suka menjaga pengalih aplikasi tetap bersih dan rapi? Tapi itu memiliki kelemahan.

IPhone Anda harus menggunakan sumber daya sistem dan baterai lagi untuk memulai aplikasi ini dan mengambil data saat Anda membutuhkannya. Anda harus menutup aplikasi sepenuhnya hanya jika aplikasi terhenti atau tidak responsif. 

iOS mampu menangani aplikasi ini di latar belakang dengan sumber daya minimal saat aplikasi tersebut dioptimalkan.

Baca Juga: Panduan Cara Menggunakan Fitur Temukan Perangkat Saya di HP Android dan iPhone

9. Jangan matikan kecerahan otomatis 

Apakah Anda mengaktifkan kecerahan otomatis? Jika tidak, aktifkan karena kecerahan otomatis dapat menghemat banyak masa pakai baterai. 

Hal ini karena layar dapat menghabiskan banyak daya baterai, terutama saat kecerahan penuh atau tinggi.

Apple merekomendasikan untuk tetap menyalakannya karena dapat memengaruhi masa pakai baterai dalam jangka panjang.

Nah itulah informasi cara mengatasi dan memperbaiki baterai boros setelah update iOS 17. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News