Santai

Cara Menggunakan Find My Mobile di Samsung untuk Menemukan HP yang Hilang

Cara Menggunakan Find My Mobile di Samsung untuk Menemukan HP yang Hilang

MOMSMONEY.ID - Setiap smartphone telah dibekali dengan fitur pencarian untuk menemukan hp yang hilang. Namun tak banyak yang mengetahui cara menggunakan find my mobile di Samsung.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara menggunakan Find My Mobile di Samsung. 

Perangkat Samsung menawarkan fitur pemulihan jarak jauh yang memudahkan pengguna menemukan hp yang hilang. Tak hanya itu, Samsung juga bisa mengunci atau menghapus file hp yang hilang dari jarak jauh. 

Baca Juga: Layar HP Menjadi Ungu? Jangan Panik, Berikut Cara Mengatasi

Fitur tersebut berada di SmartThings Samsung. SmartThings Find Samsung adalah layanan gratis yang memudahkan untuk menemukan, mencadangkan, atau menghapus data pada perangkat Samsung Galaxy terdaftar yang hilang atau dicuri. 

Dapat diakses melalui web menggunakan akun Samsung. Dulunya merupakan layanan mandiri yang disebut Temukan Ponsel Saya.

Hal ini memungkinkan pengguna Samsung memiliki akses ke solusi terpadu untuk menemukan dan mengelola perangkat mereka, baik itu ponsel pintar, tablet, atau perangkat wearable.

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk melacak perangkat Anda dalam jaringan Smart Things Find. Fitur ini memanfaatkan Bluetooth Low Energy dan teknologi ultra-wideband untuk memberikan informasi lokasi yang tepat secara real-time.

Menawarkan serangkaian fitur keamanan inovatif, layanan ini memungkinkan Anda membuka potensi penuh perangkat Anda. Anda akan dapat menemukan dan mengelola perangkat Anda dari jarak jauh sehingga Anda dapat memulihkannya secepat mungkin.

Namun, perangkat Anda harus memiliki koneksi Internet yang berfungsi agar fitur ini dapat berfungsi dalam banyak kasus.

Cara Aktifkan SmartThings Find

Jika Anda ingin melacak dan menemukan lokasi Galaxy Anda, Anda harus mengaktifkan layanan SmartThings Find terlebih dahulu.

Setelah selesai, Anda dapat menggunakan layanan ini kapan saja dan bahkan mengunci atau menghapus perangkat Anda jika perlu. Berikut cara mengaturnya dan memulai.

Baca Juga: WhatsApp Tidak Lagi Didukung di Telepon Ini, Begini Cara Mengatasinya

1. Di perangkat Samsung Galaxy Anda, navigasikan ke Pengaturan > Biometrik dan keamanan. 

2. Aktifkan opsi Temukan Ponsel Saya. Anda akan diminta untuk masuk ke Samsung SmartThings Find dengan akun Samsung Anda. Pastikan akun Samsung Anda ditampilkan.

3. Jika Anda tidak memiliki akun Samsung, Anda harus membuatnya. Untuk melakukan ini, navigasikan ke Pengaturan > Akun dan cadangan > Kelola akun dan tambahkan akun Samsung baru.

4. Anda juga dapat mengaktifkan pengaturan lain yang tersedia seperti Buka kunci jarak jauh, Pencarian offline, dan Kirim lokasi terakhir. 

Fitur pencarian offline tersedia pada perangkat yang menjalankan Android versi 10 dan lebih tinggi. Ini juga kompatibel dengan jam tangan pintar dan earbud Galaxy.

5. Setelah terdaftar, Anda dapat menemukan lokasi perangkat Anda secara online dari situs web Samsung SmartThings Find kapan saja.

Cara Melacak Perangkat Samsung Galaxy Menggunakan SmartThings

Pelacakan Lokasi Langsung

1. Di browser web apa pun (di laptop, ponsel lain, dll.), kunjungi situs web Samsung SmartThings Find.

2. Masukkan kredensial Akun Samsung Anda (yang Anda gunakan di perangkat Galaxy Anda yang hilang) dan ketuk Masuk. Ketuk Setuju untuk mengonfirmasi persetujuan Anda terhadap persyaratan dan memberikan izin lokasi yang diperlukan.

3. Setelah Anda masuk, situs web akan membuka beranda. Anda dapat melihat peta interaktif dengan lokasi perangkat Anda. Ketuk ikon Pin untuk melihat detail waktu dan lokasi.

Baca Juga: Catat 12 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis dan Penyebabnya

4. Anda dapat mengaktifkan fitur Lacak lokasi di menu untuk memantau keberadaan pasti perangkat Anda kapan saja. Lokasi diperbarui secara otomatis setiap 15 menit.

Deringkan Telepon

1. Di browser web apa pun, kunjungi situs web SmartThings Find dan masuk dengan kredensial akun Samsung Anda.

2. Pilih Dering di menu manajemen jarak jauh.

3. Layar konfirmasi akan muncul. Tekan Mulai. 

4. Setelah selesai, perangkat Anda akan berdering selama satu menit pada volume maksimum meskipun Anda telah menyetelnya ke mode senyap atau getar.

Nah, begitulah cara menggunakan Find My Mobile di Samsung untuk melacak dan mencari hp yang hilang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News