Bugar

Simak 4 Cara Mudah Patch Test Produk Skincare yang Bisa Dilakukan

Simak 4 Cara Mudah Patch Test Produk Skincare yang Bisa Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Ingin memiliki produk skincare baru tetapi ragu untuk memakainya. Anda bisa coba cara mudah patch test produk skincare. 

Produk skincare seperti pembersih wajah, serum, toner, pelembap dan sunscreen harus dilakukan patch test terlebih dahulu, apalagi jika dalam produk tersebut terdapat bahan aktif yang tidak pernah Anda pakai sebelumnya.

Maka dari itu, berikut cara mudah patch test produk skincare dilansir dari base.co.id, yaitu: 

1. Pilih Bagian Kulit yang Sehat dan Nyaman

Pertama, cara mudah patch test produk skincare adalah pilih bagian kulit yang sehat dan nyaman. Pastikan bagian kulit yang Anda pilih sehat dan nyaman sebelum Anda mulai melakukan patch test.

Alasan memilih bagian yang nyaman karena Anda harus diamkan selama 24 jam, sehingga bagian seperti bagian leher di bawah telinga, lekukan siku, lipatan dalam lutut atau bagian atas punggung adalah bagian yang ideal untuk patch test.

Baca Juga: 4 Masalah Kulit yang Sering Muncul Saat Menstruasi, Apa Saja?

2. Bersihkan dan Keringkan Bagian yang Akan di Patch Test

Cara mudah patch test produk skincare selanjutnya adalah bersihkan dan keringkan bagian yang akan di patch test. Cuci dan bersihkan bagian kulit yang Anda pilih untuk melakukan patch test lalu pastikan bagian tersebut kering.

Jika tidak dibersihkan terlebih dahulu, akan susah memastikan apakah produk skincare adalah penyebab reaksi alergi tersebut.

Baca Juga: Ini Lo Cara Mencegah Terkena Pneumonia!

3. Oleskan Sedikit ke Kulit

Berikutnya, mulai oleskan sedikit ke kulit. Untuk produk seperti pembersih wajah, serum, toner dan pelembap cukup dengan satu tetes saja. Setelah itu, oleskan secara rata pada bagian kecil permukaan kulit untuk memastikan produk meresap.

4. Tutupi dengan Plaster atau Kapas

Terakhir, Anda harus tutupi dengan plaster atau kapas. Idealnya, bagian kulit yang di patch test ditutup selama 24 jam dengan kapas atau plaster luka, karena untuk memastikan bahwa produk tersebut tetap berada pada area itu saja.

Tetapi jika Anda memilih untuk tidak ditutup, coba oleskan pada bagian leher di bawah telinga dan tunggu sekitar 20 menit.

Jadi, itulah beberapa cara mudah patch test produk skincare yang bisa Anda lakukan. Jika muncul reaksi gatal, panas bahkan pedih, maka harus segera dilepas penutup patch test dan cuci bersih bagian tersebut dengan pembersih lembut. 

Selama 24 jam tidak muncul reaksi apapun, coba buka penutup patch test. Kulit sekitar penutup tersebut akan terlihat kemerahan.

Namun, jika kemerahan tidak hilang setelah kurang lebih 5 menit, berarti kulit Anda sensitif terhadap produk tersebut dan jika digunakan dengan jumlah banyak memiliki potensi untuk mengiritasi kulit Anda.

Jika kemerahan pada kulit Anda hilang hanya dalam kurun waktu 1 menit, berarti produk yang Anda patch test cocok dan tidak akan mengiritasi kulit Anda.

Jika kulit Anda terasa kering setelah membuka penutup patch test, mengindikasikan bahwa produk tersebut juga tidak cocok dan memiliki potensi untuk mengiritasi kulit wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News