Keluarga

4 Masalah Kulit yang Sering Muncul Saat Menstruasi, Apa Saja?

4 Masalah Kulit yang Sering Muncul Saat Menstruasi, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 masalah kulit yang sering muncul saat menstruasi. Cari tahu selengkapnya di sini.

Selain nyeri dan rasa tidak nyaman di area perut, menstruasi juga kerap mendatangkan berbagai masalah pada kulit.

Sebenarnya, masalah kulit yang muncul menjelang dan selama menstruasi merupakan hal yang wajar mengingat banyak perubahan hormon yang terjadi.

Bukan hanya jerawat, ternyata ada masalah kulit lainnya yang sering muncul saat menstruasi lho.

Perlu Anda tahu, berikut 4 masalah kulit yang sering muncul saat menstruasi sebagaimana dilansir dari laman Menstruasi.com.

Baca Juga: Cara Membuat Scented Candle untuk Kado Natal, Mudah dan Cantik!

1. Minyak berlebih

Masalah kulit yang sering muncul saat menstruasi pertama yaitu minyak berlebih. Selama 14 hari terakhir siklus reproduksi, kadar hormon pada wanita akan mengalami naik turun. Kadar estrogen akan menjadi sangat rendah, sementara kadar androgen cenderung meningkat.

Kondisi tersebut bisa membuat produksi minyak pada kulit menjadi lebih banyak dibandingkan biasanya. Produksi minyak berlebih ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu pertumbuhan jerawat.

Tatkala jerawat muncul, selalu ingat untuk tidak memencetnya karena bisa merusak kulit secara permanen dan memicu infeksi lanjutan. Cukup bersihkan wajah secara teratur setiap selesai beraktivitas. Apabila kulit wajah Anda senantiasa terjaga kebersihannya, itu akan menurunkan risiko infeksi bakteri dan mencegah berbagai masalah kulit yang tidak diinginkan.

2. Pori-pori tersumbat

Masalah kulit yang sering muncul saat menstruasi kedua yaitu pori-pori tersumbat. Satu minggu sebelum menstruasi, kadar hormon progesteron dan testosteron cenderung tinggi.

Tingginya kadar kedua hormon tersebut sering kali menyebabkan pori-pori tersumbat oleh sebum maupun sel kulit mati. Akibatnya, pori-pori pun terlihat membesar.

Pada saat seperti ini, jangan lupa untuk membersihkan kulit wajah Anda secara teratur ya. Pakailah produk pembersih wajah yang bisa mengangkat seluruh kotoran sekaligus membebaskan pori-pori dari sumbatan.

Baca Juga: Bisa Bikin Awet Muda, Ini 6 Manfaat Jus Pare untuk Kulit dan Rambut

3. Kulit kering

Masalah kulit yang sering muncul saat menstruasi ketiga yaitu kulit kering. Selama menstruasi, kadar hormon estrogen di dalam tubuh cenderung menurun drastis.

Adapun kadar hormon estrogen yang rendah bisa membuat kulit menjadi benar-benar kering.

Untuk mengatasinya, gunakanlah pelembab secara teratur. Pilih pelembab berbasir air dan aplikasikan sesaat setelah mandi atau setelah mencuci muka. Dengan begini, kulit Anda akan senantiasa sehat dan lembab.

4. Kulit semakin sensitif terhadap sinar matahari

Masalah kulit yang sering muncul saat menstruasi keempat yaitu kulit semakin sensitif terhadap sinar matahari.

Berdasarkan artikel yang diterbitkan di sebuah jurnal ahli bedah kosmetik, hormon-hormon yang kerap menyebabkan pori-pori tersumbat (progesteron dan testosteron) juga bisa membuat kulit memerah dan lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk selalu memakai sunscreen menjelang dan selama menstruasi berlangsung.

Itulah 4 masalah kulit yang sering muncul saat menstruasi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk merawat kulit setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News