Bugar

Si Manis yang Menyegarkan, Inilah Nutrisi dan Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

Si Manis yang Menyegarkan, Inilah Nutrisi dan Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Air tebu adalah minuman alami yang menyegarkan. Minuman ini telah lama dikenal karena manfaat kesehatannya yang luar biasa. Diperoleh dari tebu, air tebu kaya akan berbagai nutrisi penting yang membuatnya menjadi pilihan minuman yang baik untuk kesehatan.  Apa saja manfaat air tebu untuk kesehatan?

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, air tebu menawarkan sejumlah manfaat kesehatan berkat kandungan gizi yang kaya dan beragam. Momsmoney akan menguraikan lebih banyak terkait nutrisi dan manfaat air tebu untuk kesehatan. Mari simak selengkapnya berikut ini!

Nutrisi dalam Air Tebu

Menyadur dari Organic Facts, air tebu kaya akan berbagai nutrisi penting, termasuk potasium, kalsium, magnesium, zat besi, mangan, seng, tiamin, riboflavin, serta beragam asam amino. Dalam setiap 8 ons air tebu terdapat kurang lebih 180 kalori dan 30 gram gula yang menjadikannya sumber energi yang baik.

Dikutip dari Halodoc, dalam setiap 28,35 gram ekstrak tebu murni, terdapat sekitar 113,43 kalori, 25,40 gram karbohidrat, 0,20 gram protein, dan 0,66 gram lemak.

Air tebu juga merupakan sumber serat makanan yang baik. Selain itu, kandungan antioksidannya seperti flavonoid dan polifenol berkontribusi pada manfaat kesehatan umum, termasuk pengurangan stres oksidatif.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini Nutrisi dan Manfaat Rambutan untuk Kesehatan

Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

Adapun manfaat air tebu untuk kesehatan yang jarang diketahui sebagai berikut:

1. Meningkatkan Energi

Sebagai sumber alami glukosa, air tebu memberikan dorongan energi cepat yang bisa sangat membantu pada hari-hari panas atau setelah aktivitas fisik yang melelahkan.

2. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat minum air tebu adalah memperlancar pencernaan. Kalium di dalamnya membantu menyeimbangkan pH di perut dan merangsang produksi enzim pencernaan, sekaligus mencegah infeksi gastrointestinal.

Baca Juga: Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Apa Saja?

3. Menjaga Kesehatan Hati

Air tebu dianggap sebagai obat alami untuk berbagai penyakit hati, termasuk penyakit kuning. Sifat alkalinnya membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

4. Potensial Anti-Kanker

Kaya akan kalsium, magnesium, potasium, besi, dan mangan yang membuat air tebu bersifat alkali. Flavonoid di dalamnya juga berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker prostat dan payudara.

Baca Juga: Resep Susu Kurma yang Cocok Diminum saat Ramadan, Mudah dan Simpel

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Air tebu rendah kolesterol dan sodium serta bebas lemak jenuh. Konsumsi air tebu dapat mendukung fungsi ginjal yang sehat.

6. Meredakan Nyeri Akibat PMS dan Infeksi

Konsumsi dengan menambahkan perasan jeruk nipis dan air kelapa pada air tebu dapat mengurangi inflamasi yang berhubungan dengan kondisi seperti penyakit menular seksual, infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan prostatitis.

Baca Juga: Nyeri Saat Haid? Konsumsi Makanan Pereda Nyeri Haid Berikut, yuk!

7. Mendukung Perkembangan Tulang dan Gigi

Sejak zaman dahulu, tebu digunakan untuk mendukung perkembangan tulang dan gigi. Kalsium dalam tebu berkontribusi pada perkembangan struktur kerangka yang kuat.

8. Mencegah Bau Mulut dan Kerusakan Gigi

Minum air tebu juga dapat mencegah bau mulut dan kerusakan gigi. Ini berkat kandungan mineralnya seperti kalsium dan fosfor yang membantu memperkuat enamel gigi.

Baca Juga: Bikin Tidak Percaya Diri, Ini Tips Mencegah Bau Mulut saat Puasa Ramadan

9. Manfaat untuk Diabetes

Meskipun tinggi gula, air tebu bisa bermanfaat bagi penderita diabetes dalam jumlah moderat. Ini karena gula alaminya memiliki indeks glikemik rendah, yang dapat menghindari lonjakan glukosa darah. Namun, konsultasi dengan dokter disarankan untuk konsumsi yang aman.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai nutrisi dan manfaat air tebu untuk kesehatan. Namun, seperti halnya dengan makanan dan minuman lainnya, konsumsi air tebu harus dalam jumlah yang wajar sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News