Bugar

Sehat dan Enak, Inilah Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung yang Bisa Dicoba

Sehat dan Enak, Inilah Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung yang Bisa Dicoba

MOMSMONEY.ID - Mengelola asam lambung yang tinggi tidak berarti harus mengorbankan rasa dari makanan. Anda masih bisa menikmati berbagai lauk pauk yang sehat dan lezat tanpa meningkatkan risiko asam lambung naik. Lantas, apa saja lauk pauk untuk penderita asam lambung yang direkomendasikan?

Di bawah ini adalah pilihan lauk pauk untuk penderita asam lambung yang bisa Anda coba:

1. Ayam tanpa kulit

Ayam merupakan sumber protein yang baik dan rendah lemak jika dimasak tanpa kulit. Hindari menggoreng ayam dan lebih baik rebus atau kukus sebagai cara masak yang lebih sehat.

2. Ikan

Ikan adalah sumber protein tinggi yang juga kaya akan omega-3, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Pilihlah ikan seperti salmon, tuna, atau ikan nila, dan masak dengan cara dikukus atau direbus agar lebih sehat.

Baca Juga: Jahe Bisa Mengobati Asam Lambung? Cek Faktanya Berikut

3. Tahu dan tempe

Dikutip dari Nutriflakes, tahu dan tempe adalah sumber protein nabati yang baik dan rendah lemak. Makanan ini juga mengandung serat yang dapat membantu pencernaan dan menjaga kesehatan lambung.

4. Sayuran

Sayuran seperti bayam, brokoli, kubis, dan wortel cocok untuk penderita asam lambung. Jenis sayuran ini kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya.

Baca Juga: Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Makan Mie Instan? Ini Kata Dokter

5. Udang rebus

Udang merupakan sumber protein yang rendah lemak dan rendah kalori, cocok untuk penderita asam lambung. Pastikan untuk memasak udang tanpa menggunakan bumbu yang terlalu pedas atau asam.

6. Sup sayur atau ayam

Sup merupakan pilihan yang baik untuk penderita asam lambung karena mudah dicerna. Sup sayur atau ayam dengan kaldu yang jernih dan tidak terlalu kental dapat menjadi pilihan lauk pauk yang sehat.

Baca Juga: 8 Sayuran yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Tips mengonsumsi lauk pauk untuk penderita asam lambung dengan aman:

  • Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, berlemak, atau digoreng.
  • Pilihlah metode pengolahan yang sehat, seperti merebus atau mengukus.
  • Jangan makan terlalu cepat atau terlalu banyak dalam satu waktu.
  • Perhatikan reaksi tubuh terhadap makanan tertentu dan hindari makanan yang memicu gejala asam lambung.

Itulah pilihan lauk pauk untuk penderita asam lambung yang bisa Anda coba. Dengan memilih lauk pauk yang tepat dan memperhatikan cara pengolahan yang sehat, Anda dapat tetap menikmati makanan yang enak tanpa meningkatkan risiko asam lambung naik.

Selanjutnya: Ampuh Lawan Jerawat, Ini 5 Manfaat Vitamin K untuk Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News