Bugar

Sering Ganggu Penampilan, Ini Cara Mengatasi Jerawat Punggung yang Efektif

Sering Ganggu Penampilan, Ini Cara Mengatasi Jerawat Punggung yang Efektif

MOMSMONEY.ID - Jerawat punggung sering kali dianggap sebagai masalah yang mengganggu penampilan dan bisa menurunkan kepercayaan diri. Lantas, bagaimana cara mengatasi jerawat punggung yang efektif?

Jerawat jenis ini muncul akibat berbagai faktor, seperti penumpukan sel kulit mati, produksi minyak berlebih, serta bakteri. Mengutip dari Healthline, berikut adalah beberapa cara mengatasi jerawat punggung:

1. Rutin mandi pasca olahraga

Keringat dan kotoran yang menempel di kulit setelah berolahraga dapat menjadi penyebab utama jerawat punggung. Penting untuk mandi segera setelah berolahraga. Selain itu, cucilah pakaian olahraga yang telah basah oleh keringat setiap setelah penggunaan.

Baca Juga: Inilah Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

2. Melakukan eksfoliasi kulit

Menggunakan scrub yang mengandung asam salisilat bisa efektif untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit. Eksfoliasi membantu mengurangi sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

3. Mengenakan pakaian yang longgar

Pakaian ketat dapat menahan kotoran dan keringat serta menggosoknya untuk masuk ke dalam pori-pori. Menggunakan pakaian yang longgar dan memungkinkan kulit untuk bernapas dapat membantu mengurangi jerawat. Pilihlah pakaian yang mendukung sirkulasi udara dan mengurangi penumpukan keringat.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Acne Vulgaris, Gejala hingga Penyebabnya

4. Memanfaatkan minyak pohon teh

Minyak pohon teh, yang berasal dari Australia, telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Banyak produk perawatan kulit sekarang mengandung minyak pohon teh karena sifat antibakterinya yang dapat membantu mengatasi jerawat.

5. Menjaga rambut jauh dari punggung

Rambut panjang yang menambahkan minyak dan kotoran ke punggung dapat memicu jerawat. Cuci rambut secara teratur dan ikat saat berolahraga untuk menghindari kontak dengan punggung. Hindari juga membiarkan sisa produk rambut seperti sampo dan kondisioner mengalir ke punggung.

Baca Juga: Tren Drink Your Retinol, Ini Buah dan Sayur Kaya Retinol yang Bikin Kulit Bersih

6. Memilih sunscreen dengan bijak

Penggunaan tabir surya sangat penting, terutama saat memperlihatkan punggung kepada sinar matahari. Namun, tabir surya yang berminyak bisa menyumbat pori-pori. Pilih produk tabir surya yang bebas minyak dan ringan di kulit.

7. Mengonsumsi makanan sehat

Ada hubungan antara pola makan dan jerawat. Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti putih, pasta, nasi putih, dan kentang bisa memperparah jerawat. Mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian utuh adalah praktik yang baik untuk kesehatan kulit.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi jerawat punggung yang dapat Anda coba. Mengatasi jerawat punggung memerlukan kombinasi perawatan kulit yang tepat, gaya hidup sehat, dan kesabaran. Dengan pendekatan yang konsisten dan hati-hati, jerawat punggung dapat diatasi, mengembalikan kepercayaan diri dan kenyamanan dalam penampilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News