Bugar

Inilah Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Inilah Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Bagaimana cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan bahan alami? Intip caranya berikut ini, yuk!

Jerawat seringkali meninggalkan noda hitam yang mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Noda hitam ini dikenal sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Ini terjadi ketika kulit menghasilkan melanin berlebih sebagai respons terhadap peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Untungnya, terdapat berbagai cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Bersumber dari Clear Skin, di bawah ini adalah bahan alami yang berguna untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat:

1. Kunyit

Kunyit merupakan bahan yang telah lama dikenal karena khasiat penyembuhannya, terutama dalam penggunaan tradisional India. Campurkan dua sendok makan bubuk kunyit dengan satu sendok makan madu untuk membuat masker.

Tambahkan beberapa tetes jus lemon untuk meningkatkan efektivitasnya, namun hindari penggunaan lemon jika kulit Anda sensitif atau bekas luka masih baru. Aplikasikan masker ini selama 10-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Acne Vulgaris, Gejala hingga Penyebabnya

2. Pepaya

Pepaya memiliki sifat yang berguna untuk melawan tanda-tanda penuaan dan mengatasi kulit kering. Kandungan AHA di dalamnya menjadikannya eksfoliator alami yang lembut. Aplikasikan masker pepaya matang yang telah dihaluskan dengan gerakan memutar lembut, biarkan hingga mengering, dan kemudian bilas.

3. Tomat

Tomat, yang kaya akan likopen, bisa berfungsi sebagai pelindung sinar matahari alami. Pijat wajah Anda dengan irisan tomat segar sebelum keluar rumah. Untuk efek menghilangkan noda hitam yang lebih cepat, tambahkan beberapa tetes jus lemon ke dalam tomat yang telah dihancurkan.

Baca Juga: Tren Drink Your Retinol, Ini Buah dan Sayur Kaya Retinol yang Bikin Kulit Bersih

4. Buttermilk

Buttermilk mengandung asam laktat yang efektif dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan buttermilk secara langsung ke bintik-bintik gelap, biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Demikianlah uraian dari beberapa cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan bahan alami. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Bahan alami bisa menjadi solusi yang efektif sekaligus aman. Dengan perawatan yang tepat dan konsisten, kulit yang lebih jernih dan merata bisa menjadi kenyataan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News