Bugar

Minuman Pereda Asam Lambung yang Efektif, Empas Gejala yang Mengganggu

Minuman Pereda Asam Lambung yang Efektif, Empas Gejala yang Mengganggu

MOMSMONEY.ID - Gejalanya sangat menyiksa, banyak orang yang mencari pengobatan untuk meredakan asam lambung. Tidak hanya konsumsi obat resep dokter, beberapa alternatif lain juga diminati. Salah satunya, konsumsi minuman pereda asam lambung yang efektif.

Namun, tak banyak yang tahu minuman apa saja yang mampu redakan asam lambung. Untuk itu, Momsmoney merangkum sejumlah minuman pereda asam lambung yang efektif bersumber dari Healthline berikut:

1. Air putih

Air putih adalah minuman terbaik untuk penderita asam lambung. Menjaga hidrasi yang baik membantu mencegah produksi asam lambung berlebih dan memfasilitasi pencernaan yang lebih baik.

Penelitian telah menemukan bahwa air bisa meredakan gejala gastrointestinal seperti refluks asam. Namun, penting untuk menjaga keseimbangan yang tepat tanpa berlebihan.

Baca Juga: Ini 5 Makanan yang Membuat Asam Lambung Naik, Hindari ya!

2. Susu rendah lemak

Pilihlah susu dengan kandungan lemak lebih rendah. Susu nabati adalah alternatif yang baik. Pilihan ini termasuk susu kedelai, susu rami, susu mete, santan, susu gandum, dan susu almond, yang umumnya memiliki kandungan lemak lebih rendah dan lebih aman bagi penderita GERD.

3. Teh herbal

Teh herbal seperti chamomile dan licorice dikenal dapat menenangkan lambung dan mengurangi inflamasi yang sering disebabkan oleh asam lambung. Chamomile membantu mengurangi stres yang bisa memperparah asam lambung, sementara licorice bisa meningkatkan lapisan pelindung di dinding lambung.

Baca Juga: Yuk Konsumsi! Ini Daftar Buah yang Baik untuk Asam Lambung

4. Jus lidah buaya

Jus lidah buaya telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai obat alami untuk berbagai masalah pencernaan, termasuk asam lambung. Jus ini membantu menenangkan dinding lambung dan mengurangi inflamasi, memberikan relief instan dari iritasi yang disebabkan oleh asam lambung.

5. Air kelapa

Air kelapa tidak hanya menyegarkan, tetapi juga kaya akan elektrolit dan memiliki pH yang lebih tinggi yang membantu menetralisir efek asam lambung. Selain itu, air kelapa dapat membantu menambah cairan dan elektrolit yang hilang, terutama jika asam lambung menyebabkan dehidrasi ringan.

Baca Juga: Wajib Waspada! Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Kronis yang Butuh Penanganan Cepat

6. Smoothies hijau

Smoothies yang dibuat dari sayuran hijau seperti bayam, kale, dan mentimun adalah pilihan bagus untuk penderita asam lambung. Sayuran hijau memiliki kandungan magnesium yang tinggi yang dapat membantu menurunkan keasaman lambung.

Untuk smoothie, hindari menggunakan buah-buahan yang sangat asam dan gantikan dengan buah yang lebih bersahabat dengan lambung seperti pisang atau melon.

7. Minuman jahe

Minuman berbasis jahe bisa sangat membantu untuk meredakan masalah asam lambung. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan bisa mengurangi sensasi mual serta membantu mengatur pergerakan makanan dan asam dari lambung ke usus.

Demikianlah beberapa pilihan minuman pereda asam lambung yang efektif. Selain mengonsumsi minuman-minuman ini, penting juga untuk menghindari minuman yang bisa memicu asam lambung seperti kafein, alkohol, dan minuman bersoda.

Kombinasikan dengan perubahan gaya hidup sehat lainnya dapat membuat pengelolaan asam lambung menjadi lebih efektif bagi penderitanya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Cermati Enam Rekomendasi Untuk Trading Usai Libur Lebaran Hari Ini (16/4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News