Santai

Selain Seru, Cari Tahu 5 Manfaat Main Bola Voli di Sini

Selain Seru, Cari Tahu 5 Manfaat Main Bola Voli di Sini

MOMSMONEY.ID - Meski banyak yang tertarik, namun tak banyak yang tahu keuntungan dan manfaat olahraga voli.

Olahraga voli adalah olahraga kelompok yang bisa dilakukan oleh pria maupun perempuan.

Tak hanya populer di kalangan atlet, olahraga ini bahkan juga populer di kalangan biasa karena bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Lalu, apa saja sih manfaat olahraga voli? Berikut beberapa di antaranya:

Baca Juga: Pentingnya Reverse Diet untuk Kontrol Rasa Lapar, Ini 4 Manfaatnya

Meningkatkan metabolisme tubuh

Untuk meningkatkan metabolisme, tubuh perlu untuk menggunakan energi secara konstan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan energi adalah dengan melakukan olahraga.

Beberapa gerakan voli seperti spike, membutuhkan lebih banyak energi dan pergerakan otot yang tinggi. Oleh karena itu, olahraga ini juga bisa membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Membakar kalori dan lemak

Satu keuntungan utama dari rutin melakukan olahraga voli adalah bisa membantu membakar kalori dan lemak lebih banyak. Dalam laporan penelitian di Harvard Medical School, seseorang bisa membakar 90-133 kalori dalam setengah game voli biasa.

Sedangkan dalam satu jam bermain voli pantai akan membakar sebanyak hingga 480 kalori. Olahraga ini tentu cocok dilakukan bagi yang ingin mengurangi lemak di tubuh.

Baca Juga: Tiket Final Four Proliga 2024 Dijual di Aplikasi PLN Mobile, Begini Cara Belinya

Mengencangkan tubuh

Manfaat lain dari melakukan olahraga voli adalah bisa membantu mengencangkan dan membentuk tubuh. Laman Health Fitness Revolution menjelaskan bahwa aktivitas fisik seperti voli akan melatih dan memperkuat semua bagian tubuh.

Seperti pada bagian tubuh atas, lengan, pundak, dan juga tubuh bagian bawah. Selain itu, latihan voli juga bisa meningkatkan sistem pernafasan, loh.

Membangun koordinasi, kecepatan, dan keseimbangan

Ritme permainan bola voli yang cepat akan membutuhkan teknik permainan dan kemampuan dari setiap pemainnya. Dalam permainan bola voli, para pemain diminta untuk membuat keputusan cepat dalam se-persekian detik.

Terutama dalam memutuskan gerakan seperti serve, pass, set, block, dan attack. Kemampuan tersebut membutuhkan fleksibilitas, keseimbangan tubuh yang baik, kekuatan tubuh bagian atas dan bawah, dan juga kecepatan untuk bermain efektif.

Terhindar dari risiko osteoporosis

Olahraga voli tak hanya membutuhkan kekuatan otot dan energi saja, kekuatan tulang juga penting dalam olahraga ini. Dengan rutin melakukan olahraga voli, maka tulang-tulang yang ada di tubuh bisa dilatih menjadi lebih kuat.

Laman Sport Fitness Advisor juga menyatakan bahwa gerakan pada olahraga voli banyak yang melatih kekuatan tulang. Risiko osteoporosis sendiri bisa dihindari saat tulang banyak digunakan, salah satunya melalui kegiatan olahraga voli.

Itulah tadi beragam manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga voli jika dilakukan secara rutin. Tertarik mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News