Bugar

Sedang Diet Karbo? Hati-hati dan Hindari Makanan Berikut Ini Biar Tidak Gagal!

Sedang Diet Karbo? Hati-hati dan Hindari Makanan Berikut Ini Biar Tidak Gagal!

MOMSMONEY.ID - Ingin menurunkan berat badan? Diet karbo bisa jadi solusi untuk Anda. Diet rendah karbohidrat ini dilakukan mengurangi asupan karbohidrat. Tubuh akan beralih ke lemak sebagai sumber energi utama, yang membantu menurunkan berat badan lebih efektif. Nah, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat diet karbo.

Momsmoney telah merangkumkan beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat diet karbo, mengutip dari laman Healthline:

1. Roti

Roti adalah makanan pokok bagi banyak orang, tetapi sangat tinggi karbohidrat. Meskipun ada roti gandum utuh yang lebih sehat dan mengandung lebih banyak serat, jumlah karbohidratnya tetap signifikan.

Untuk menjaga diet rendah karbohidrat tetap efektif, pertimbangkan untuk menghindari roti atau menggantinya dengan alternatif rendah karbohidrat, seperti roti berbahan almond atau biji-bijian rendah karbohidrat lainnya.

2. Pasta

Sama seperti roti, pasta juga tinggi karbohidrat. Satu porsi pasta bisa mengandung cukup karbohidrat untuk menggagalkan diet Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan sayuran seperti zucchini atau labu sebagai pengganti pasta, atau mencari pasta rendah karbohidrat yang tersedia di pasaran.

Baca Juga: Daftar Makanan Diet Karbo untuk Menurunkan Berat Badan, Konsumsi yuk

3. Nasi

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara, namun mengandung karbohidrat dalam jumlah besar. Seporsi nasi putih atau nasi merah bisa mengandung lebih dari 40 gram karbohidrat, yang bisa menggagalkan diet rendah karbohidrat.

4. Makanan Ringan Berpemanis

Makanan ringan seperti kue, biskuit, atau permen mengandung banyak gula dan karbohidrat. Ini bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang mengganggu diet rendah karbohidrat.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih camilan rendah karbohidrat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, atau cokelat hitam dengan kandungan kakao tinggi.

Baca Juga: Jarang Diketahui Orang, Inilah Khasiat Jus Timun untuk Kesehatan yang Luar Biasa

5. Minuman Manis

Minuman seperti soda, jus buah yang diawetkan, dan minuman energi sering kali mengandung gula dan karbohidrat dalam jumlah besar.

Konsumsi minuman ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang dapat menggagalkan diet rendah karbohidrat. Pilihlah air putih, teh herbal, atau kopi hitam sebagai alternatif yang lebih sehat.

6. Sereal

Banyak sereal sarapan, termasuk yang diklaim "sehat" atau "rendah lemak," sering kali mengandung karbohidrat tinggi dan gula tambahan. Mengawali hari dengan makanan tinggi karbohidrat ini bisa menggagalkan diet rendah karbohidrat.

Pertimbangkan untuk menggantinya dengan telur, yogurt rendah lemak, atau smoothie rendah karbohidrat sebagai pilihan sarapan.

Baca Juga: Ampuh Bikin BB Cepat Turun, Konsumsi Jus yang Cocok untuk Diet Ini

7. Produk Olahan

Makanan olahan seperti nugget ayam, sosis, dan makanan siap saji lainnya sering kali mengandung karbohidrat tersembunyi dan bahan tambahan lainnya yang dapat menggagalkan diet rendah karbohidrat. Membaca label dengan cermat dan memilih makanan segar yang dimasak di rumah bisa membantu Anda tetap berada di jalur diet yang tepat.

8. Buah-buahan Berpemanis

Meskipun buah-buahan segar dapat menjadi bagian dari diet rendah karbohidrat, buah kalengan atau buah kering yang mengandung gula tambahan bisa meningkatkan jumlah karbohidrat Anda. Pilih buah segar dengan indeks glikemik rendah, seperti stroberi atau blueberry, untuk menjaga asupan karbohidrat tetap terkendali.

Baca Juga: 10 Ramuan Diet Alami untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Mudah Dibuat Lo

Demikianlah ulasan dari beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat diet karbo. Dengan menghindari makanan tersebut, ini dapat menyukseskan diet karbo Anda serta menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News