Bugar

Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung Secara Berlebihan

Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung Secara Berlebihan

MOMSMONEY.ID - Anda punya riwayat asam lambung? Ketahui sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung secara berlebihan berikut ini!

Penderita asam lambung harus sangat berhati-hati dalam memilih makanan, termasuk sayuran, yang mereka konsumsi.

Meskipun sayuran secara umum dikenal baik untuk kesehatan, ada beberapa jenis sayuran yang dapat memperburuk gejala asam lambung jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga: 13 Cara Terbaik untuk Mengatasi Nyeri Haid, Bukan Cuma Minum Air

Berikut adalah beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung secara berlebihan:

1. Sawi Putih

Sawi putih, terutama yang diolah menjadi kimchi, memiliki pH rendah dan dapat memicu gejala asam lambung jika dikonsumsi berlebihan. Kandungan gula rafinosa di dalamnya juga bisa menyebabkan perut kembung.

2. Brokoli

Bagi penderita asam lambung, konsumsi brokoli harus dibatasi karena dapat menyebabkan perut kembung akibat kandungan gula rafinosa. Hindari mengolah brokoli dengan makanan tinggi lemak untuk mengurangi risiko gejala.

Baca Juga: Kenapa Rasanya Ingin Tidur Terus Sepanjang Hari? Ini Penyebabnya!

3. Bawang Bombay

Konsumsi bawang bombay harus dibatasi bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung. Melansir dari Alodokter, bawang bombay dapat memicu peningkatan asam lambung dan menimbulkan heartburn.

Selain itu, bawang bombay mengandung fruktosa yang dapat menyebabkan pembentukan gas, yang memperparah perut kembung saat asam lambung naik.

4. Bawang Putih

Memiliki pH yang asam, bawang putih bisa meningkatkan keasaman lambung yang memicu GERD. Gejala seperti heartburn sering muncul setelah konsumsi bawang putih, terutama yang masih mentah.

Meskipun demikian, penggunaan bawang putih dalam masakan masih diperbolehkan asal tidak berlebihan dan tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Baca Juga: Pilihan Sarapan Terbaik untuk Mengontrol Gula Darah Anda, Praktis dan Sehat!

5. Kol

Kol kaya akan serat tetapi juga mengandung gula rafinosa yang sulit dicerna. Saat terfermentasi di usus oleh bakteri, rafinosa menghasilkan gas seperti karbon dioksida dan metana, yang bisa menyebabkan perut kembung dan sendawa. Kondisi ini akan memperburuk gejala asam lambung.

6. Kembang Kol

Mirip dengan kol, kembang kol juga mengandung rafinosa yang bisa memicu perut kembung dan memperburuk gejala GERD. Konsumsi kembang kol sebaiknya tidak berlebihan dan dicampur dengan sayuran lain yang lebih aman bagi penderita asam lambung.

Baca Juga: 6 Pilihan Minuman Paling Baik untuk Menurunkan Gula Darah, Wajib Coba!

7. Daun Mint

Daun mint memiliki rasa yang dapat melemahkan otot sfingter esofagus bawah, yang pada akhirnya memudahkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Penggunaan daun mint dalam jumlah wajar masih aman, seperti dalam teh peppermint atau sebagai tambahan pada hidangan penutup.

Itulah beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung secara berlebihan. Sebaiknya hindari atau batasi konsumsi sayuran tersebut untuk mencegah kekambuhan asam lambung Anda naik. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Trump Tolak Tantangan Harris Debat di CNN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News