Keluarga

Rekomendasi Tanaman Hias Musim Kemarau yang Cocok Dirawat Pemula

Rekomendasi Tanaman Hias Musim Kemarau yang Cocok Dirawat Pemula

MOMSMONEY.ID -Indonesia diprediksi akan mengalami musim kemarau panjang. Untuk menghadapi hal tersebut, ada rekomendasi tanaman hias musim kemarau yang cocok dirawat oleh pemula. 

Tanaman hias musim kemarau ini memiliki daya tahan yang lebih lama dari tanaman lainnya. 

Tak hanya itu, tanaman hias musim kemarau ini memiliki kandungan air yang cukup sehingga tanaman tetap segar dan tumbuh. 

Baca Juga: Tanaman Hias Tahan Panas, Cocok Dirawat saat Musim Kemarau Panjang

Berikut ini rekomendasi tanaman hias musim kemarau :

1. Tanaman Giok

Tanaman Giok adalah salah satu tanaman hias dengan sinar Matahari penuh terbaik dan terkenal. Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan sekarang tersebar luas di seluruh dunia sebagai tanaman hias dalam ruangan.

Tanaman ini menjadi tanaman hias yang populer bukan hanya karena kemudahan perawatannya, tetapi juga karena dipercaya dapat membawa kemakmuran bagi pemiliknya. 

Tanaman Giok membutuhkan banyak cahaya terang, bahkan sinar Matahari langsung lebih baik agar tanaman ini dapat tumbuh subur. Kondisi cahaya redup akan menyebabkan sukulen ini tumbuh berkaki panjang.

Tanaman Giok

Tanaman ini sebaiknya tidak disiram sesuai jadwal. Cara terbaik untuk menentukan apakah akan menyiram adalah dengan menyentuh lapisan atas tanah tanaman.

Jika tanah terasa kering, saatnya menyiram! Namun jangan biarkan tanah mengering sepenuhnya.

2. Ponytail Palm

Ponytail Palm bukanlah pohon palem, namun memiliki struktur yang mirip dengan palem.

Tanaman ini berasal dari Meksiko bagian timur, dan masih tumbuh liar, dan beberapa spesies bahkan telah mencapai usia 350 tahun. 

Ponytail Palm adalah tanaman sukulen yang tidak beracun, dan tanaman yang pertumbuhannya sangat lambat! Anda sebenarnya tidak perlu khawatir dengan ukurannya dan harus sering direpotin. 

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Musim Hujan, Bisa Disimpan di Dalam Rumah

Sukulen ini adalah salah satu tanaman hias dengan sinar Matahari penuh terbaik, namun dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya apa pun!

3. Lidah Buaya

Aloe Vera bukan hanya tanaman hias yang indah dengan sinar Matahari penuh. Ini adalah tanaman obat yang bagus untuk dimiliki di rumah Anda.

Meski berasal dari Jazirah Arab, namun kini tersebar luas di seluruh wilayah tropis, subtropis, dan gersang.

Aloe Vera telah menjadi tanaman sukulen dalam ruangan yang sangat populer karena sifat penyembuhan dan manfaat pemurni udaranya.

Aloe Vera membutuhkan banyak cahaya terang untuk tumbuh subur. Jendela Selatan atau Barat sangat ideal untuk tanaman ini. Sinar Matahari langsung sebenarnya bermanfaat asalkan tidak diletakkan tepat di depan kaca. 

Tanaman ini hanya memerlukan sedikit air karena daun dan akarnya banyak mengandung air. Tanaman ini rentan terhadap busuk akar, jadi pastikan Anda meletakkan tanaman di dalam pot terakota dengan lubang drainase yang diisi dengan campuran pot yang mengalirkan.

Baca Juga: 3 Penyakit yang Sering Muncul saat Musim Kemarau dan Cara Mencegah Penularannya

Jadi, buang sisa air yang tergenang di dasar cawan setelah disiram. 

4. Tanaman Zebra

Tanaman Zebra adalah tanaman hias sukulen dan sinar Matahari penuh yang tidak beracun dan aman untuk kucing. Berasal dari Eastern Cape di Afrika Selatan, Haworthia sangat mudah dirawat dan sangat sulit dibunuh.

Yang dibutuhkan hanyalah titik terang untuk dipajang dan penanam yang bagus dengan drainase yang baik. 

5. String of Pearls

Batangnya yang panjang dan tipis dengan manik-manik yang berair menjadikannya tanaman yang sangat menarik dan menarik bagi segala usia. 

Berasal dari Afrika barat daya, tanaman ini merupakan tanaman merambat abadi. Tempatkan di tempat yang banyak cahaya, sebaiknya terkena sinar Matahari langsung, dan jangan terlalu banyak menyiramnya. 

Seperti halnya Aloe Vera, akan mendapat manfaat jika dimasukkan ke dalam pot terakota. Dengan perawatan yang tepat, batang akan tumbuh dengan cepat dan membentuk manik-manik baru.

Sukulen ini tampak bagus jika digantung dari pot gantung atau dipajang di rak. 

Itulah beberapa rekomendasi tanaman hias musim kemarau yang cocok dirawat oleh pemula. 

Selanjutnya: Soal Rencana Perluasan Harga Gas Khusus Industri, Begini Tanggapan Kementerian ESDM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News