Bugar

Rebusan Daun Apa untuk Menurunkan Kolesterol ya? Ini 8 Pilihannya

Rebusan Daun Apa untuk Menurunkan Kolesterol ya? Ini 8 Pilihannya

MOMSMONEY.ID - Sebenarnya, rebusan daun apa untuk menurunkan kolesterol ya? Yuk, intip rekomendasinya berikut ini!

Mengelola kadar kolesterol dalam tubuh bisa dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan memanfaatkan rebusan daun-daun alami yang dikenal memiliki khasiat menurunkan kolesterol.

Lalu, rebusan daun apa untuk menurunkan kolesterol? Berikut telah MomsMoney rangkumkan pilihannya untuk Anda, menyadur dari Kompas.com dan Pyfa Health:

1. Rebusan Daun Sirih

Daun sirih dikenal efektif dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL). Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daun sirih dapat menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, serta LDL, sambil meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Baca Juga: 5 Rekomendasi Biji-bijian untuk Diet Menurunkan Berat Badan

2. Rebusan Daun Sirsak

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 menemukan bahwa ekstrak air daun sirsak memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol berat badan.

Daun sirsak mengandung flavonoid yang berfungsi menghambat enzim HMG CoA reduktase, mirip dengan mekanisme kerja obat simvastatin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol.

3. Rebusan Daun Alpukat

Menurut penelitian berjudul “Combination Effect of the Extract of Avocado Leaf and Seed on Level of Total Cholesterol, LDL, and HDL in Mice with Hypercholesterolemia” tahun 2019, air rebusan daun alpukat terbukti efektif menurunkan kolesterol tinggi.

Dalam penelitian ini, tikus yang mengalami kolesterol tinggi diberikan ekstrak daun dan biji alpukat, dan hasilnya menunjukkan penurunan kadar kolesterol total dan LDL yang signifikan.

Baca Juga: Inilah Posisi Tidur saat Asam Lambung Naik yang Direkomendasikan

4. Rebusan Daun Kelor

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa rutin mengonsumsi daun kelor dapat menurunkan kadar kolesterol. Daun kelor rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol berbahaya.

Selain itu, daun kelor kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, C, serta mineral seperti kalsium, potasium, dan zat besi, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

5. Rebusan Daun Salam

Daun salam juga dikenal efektif untuk menurunkan kolesterol. Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika (NCBI) melaporkan bahwa daun salam dapat menurunkan glukosa serum, kolesterol total, LDL, dan trigliserida, serta meningkatkan kadar HDL.

Daun salam memiliki sifat antikolesterol, antidiabetik, antihypertensive, dan antioksidan, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: 12 Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda yang Perlu Anda Ketahui dan Waspadai

6. Rebusan Daun Kumis Kucing

Rebusan daun kumis kucing juga dianggap mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Daun kumis kucing mengandung flavonoid yang berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi.

7. Rebusan Daun Serai

Artikel dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menunjukkan bahwa ekstrak serai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Meskipun demikian, penelitian ini dilakukan pada hewan dan diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya pada manusia.

Baca Juga: 8 Pilihan Sayur Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Dapat Anda Konsumsi

8. Rebusan Daun Kari

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine menyebutkan bahwa ekstrak daun kari dapat menurunkan kolesterol dan gula darah pada tikus yang menderita diabetes.

Walaupun penelitian ini masih dilakukan pada hewan, hasilnya menunjukkan bahwa daun kari memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan khasiatnya pada manusia.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan, rebusan daun apa untuk menurunkan kolesterol. Semoga informasi bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News