Bugar

5 Rekomendasi Biji-bijian untuk Diet Menurunkan Berat Badan

5 Rekomendasi Biji-bijian untuk Diet Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Catat, ya! Berikut ini adalah rekomendasi biji-bijian untuk diet menurunkan berat badan yang bisa Anda coba konsumsi.

Biji-bijian merupakan salah satu sumber nutrisi yang kaya akan serat, protein, vitamin, dan mineral. Tidak hanya baik untuk kesehatan secara umum, biji-bijian juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Jika Anda sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, mengonsumsi biji-bijian bisa menjadi pilihan yang cerdas.

Melansir dari laman Hello Sehat, berikut adalah rekomendasi biji-bijian untuk diet menurunkan berat badan:

1. Quinoa

Quinoa mengandung serat, protein, dan karbohidrat bioaktif yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi.

Selain membantu program penurunan berat badan, quinoa juga dapat menurunkan risiko penyakit pencernaan, gula darah tinggi, dan sindrom metabolik.

Baca Juga: 12 Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda yang Perlu Anda Ketahui dan Waspadai

2. Oat

Oat merupakan biji-bijian yang kaya serat larut, khususnya zat beta-glucan, yang membantu merangsang hormon kenyang sehingga Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak makan berlebihan.

Selain itu, beta-glucan juga membantu menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam darah, yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Kandungan karbohidrat pada oat juga memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas meski sedang diet.

3. Chia seed

Chia seed terkenal karena kandungan seratnya yang tinggi, yang dapat membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain serat, chia juga kaya akan protein yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, sehingga mengurangi rasa lapar. Biji chia sangat cocok bagi Anda yang ingin mengontrol atau menurunkan berat badan.

Baca Juga: 10 Menu Diet Murah Ramah Kantong yang Layak Anda Coba, Ini Pilihannya

4. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari juga bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk membantu menjaga berat badan. Biji ini mengandung berbagai nutrisi seperti mineral, vitamin B, dan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, kandungan serat dan lemak baiknya bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan tetap stabil.

5. Gandum

Gandum adalah salah satu biji-bijian yang paling populer untuk diet. Kandungan serat dan karbohidratnya yang tinggi membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan melancarkan buang air besar dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Hal ini akan membantu menghindari makan berlebih. Anda bisa mengonsumsi gandum utuh atau yang sudah diolah sebagai bagian dari menu sehari-hari.

Itulah rekomendasi biji-bijian untuk diet menurunkan berat badan Anda. Selamat mencoba dan semoga diet Anda berhasil, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News