Keluarga

Punya Fungsi Vital, Inilah 7 Jenis Makanan-Minuman yang Dapat Merusak Ginjal

Punya Fungsi Vital, Inilah 7 Jenis Makanan-Minuman yang Dapat Merusak Ginjal

MOMSMONEY.ID - Waspadalah, ternyata ada deretan makanan hingga minuman yang dapat merusak ginjal Anda!

Ginjal adalah salah satu organ yang keberadaan dan fungsinya sangat vital bagi tubuh.

Ginjal terus-menerus menyaring cairan dalam tubuh untuk membuang racun dan limbah. Jadi, tidak mengherankan jika apa yang Anda konsumsi dapat memengaruhi fungsi ginjal.

“Kerusakan pada ginjal sering kali tidak dapat dipulihkan sehingga orang yang tidak merawat ginjal sebaik mungkin dapat menghadapi risiko kesehatan yang signifikan yang mengakibatkan dialysis atau bahkan transplantasi ginjal,” ucap Sally Brozek, seorang ahli diet di Piedmont.

Berikut ini deretan makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal, ini dia.

Baca Juga: Apakah Rutin Konsumsi Alpukat Dapat Membakar Lemak Perut? Penelitian Menjawabnya

Soda

Soda adalah salah satu jenis minuman yang dapat merusak ginjal.

Menurut sebuah studi di tahun 2016 dalam jurnal Nephrology melalui Fakaza News, ditemukan bahwa orang yang minum lebih dari 4 minuman soda/berkarbonasi dalam seminggu memiliki risiko sebanyak 2x lipat terkena penyakit ginjal dibandingkan orang yang hanya minum ½ porsi atau kurang.

American Kidney Fund juga menyebutkan bahwa minum dua atau lebih soda setiap hari bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis, sebab minuman ini menyebabkan batu ginjal.

Garam

garam

Baca Juga: 6 Cara Mengurangi Kelebihan Garam dalam Tubuh Agar Tak Terkena Stroke

Garam juga ternyata dapat merusak ginjal, lho. Ini disebabkan karena garam /natrium menyebabkan peningkatan tekanan darah yang bisa membebani ginjal manusia.

Kebanyakan garam tersebut tanpa disadari dikonsumsi manusia dari makanan seperti daging olahan, pizza belu, sup kalengan, makanan beku, makanan ringan (keripik, snack), dan sebagainya.

Produk kafein

Menurut Piedmont, produk kafein seperti teh, kopi, dan makanan yang mengandung kafein dapat merusak ginjal Anda.

Kafein merupakan sebuah stimulan yang sebabkan meningkatnya aliran darah, tekanan darah, serta stres pada ginjal. Konsumsi kafein berlebihan juga bisa menyebabkan batu ginjal.

Baca Juga: Daftar Tepung yang Aman dan Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Protein berlebihan

Protein sangat baik untuk tubuh. Namun jika Anda memiliki ginjal yang berfungsi tidak normal, maka mengonsumsinya berlebihan bisa membuat ginjal jadi rusak.

Namun, tak ada salahnya untuk tetap mengonsumsi telur, ikan, kacang-kacangan dengan porsi secukupnya saja. Jangan lupa konsultasikan hal ini kepada dokter.

Alkohol

alkohol

Baca Juga: Daftar 23 Sumber Makanan yang Kaya Akan Prebiotik, Punya Seribu Manfaat

Menjadi minuman yang dapat merusak ginjal, alkohol harus sangat dihindari jika Anda ingin menerapkan pola hidup sehat.

Mengutip dari WebMD, para peminum berat biasanya akan terkena penyakit ginjal kronis. Maka dari itu, hindarilah mengonsumsinya.

Obat pereda nyeri

Bukan termasuk makanan ataupun minuman, obat pereda nyeri yang dikonsumsi tidak sesuai resep dokter berpotensi besar merusak ginjal Anda!

Obat pereda nyeri yang dimaksud adalah obat yang dijual bebas dalam jumlah besar seperti Aspirin, Ibuprofen, Asetaminofen, Naprozen, atau obat NSAID Celebrex (Celecoxib).

Namun bukan berarti Anda tak boleh mengonsumsi obat-obatan tersebut jika memang benar-benar membutuhkannya. Anda masih boleh menggunakan obat tersebut asalkan sesuai dengan resep dokter.

Baca Juga: 7 Buah dengan Indeks Glikemik Tinggi yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Obat maag

Penyakit Maag

Baca Juga: 5 Bagian Tubuh yang Tak Boleh Disentuh Tangan Sembarangan Berdasarkan Penelitian

Obat maag atau disebut juga Penghambat Pompa Proton (PPI) dapat merusak ginjal jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Hal ini tentunya telah dipantau berdasarkan beberapa penelitian.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada dokter.

Itu dia deretan makanan hingga minuman yang dapat merusak ginjal Anda. Waspadalah terhadap setiap apa yang Anda konsumsi.

Selanjutnya: Ini Rekomendasi Restoran All You Can Eat Jakarta Terbaik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News