Keluarga

Pria Juga Bisa Glowing, Ini 6 Cara Mencerahkan Wajah Pria Agar Tak Kusam Lagi

Pria Juga Bisa Glowing, Ini 6 Cara Mencerahkan Wajah Pria Agar Tak Kusam Lagi

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 6 cara mencerahkan wajah pria agar tak kusam lagi.

Kulit kusam dan lelah termasuk salah satu masalah kulit paling umum di kalangan pria. Penyebab utama dari masalah ini adalah polusi dan kebiasaan atau gaya hidup yang buruk seperti diet berkualitas rendah, kurang tidur, dan pesta yang tidak sehat.

Jika sudah terlanjur kusam, lalu apa yang seharusnya para pria lakukan untuk mengatasinya? Selain melakukan perawatan khusus di klinik kecantikan, ada banyak cara lainnya yang tergolong efektif namun mudah, hemat, dan tidak membutuhkan waktu berjam-jam.

Melansir Malegroomings.com, berikut 6 cara mencerahkan wajah pria agar tak kusam lagi yang layak untuk diterapkan secara konsisten oleh Anda para pria.

Baca Juga: 6 Cara Menggunakan Body Lotion yang Benar Agar Kulit Cepat Cerah

1. Cuci muka setiap hari

Cara mencerahkan wajah pria yang pertama yaitu mencuci muka setiap hari.

Kulit pria memiliki pori-pori yang cenderung besar sehingga membuatnya lebih mudah berminyak dan kotor. Dengan rajin mencuci muka menggunakan facial wash setiap hari, itu dapat membantu menjaga pori-pori Anda tetap bersih serta membuat wajah terlihat segar dan bebas kusam. Plus, kelembaban pada wajah Anda juga akan terjaga keseimbangannya.

Supaya hasilnya maksimal, pastikan Anda memilih produk facial wash yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit Anda ya.

Jika kulit Anda bertipe normal, acne prone, atau berminyak, pilihlah foaming facial wash. Sebaliknya, pilihlah non-foaming facial wash apabila kulit Anda kering dan super sensitif.

2. Gunakan face scrub

Cara mencerahkan wajah pria yang kedua yaitu menggunakan face scrub.

Untuk membantu membersihkan minyak dan kotoran yang mengendap jauh di dalam pori-pori sekaligus menyingkirkan sel-sel kulit mati, maka Anda patut menggunakan face scrub.

Penggunaan face scrub secara rutin dapat membawa banyak perubahan positif pada kulit termasuk menghilangkan kekusaman dan mencegah ingrown hair.

Namun, selalu ingat untuk tidak menggunakan face scrub secara berlebihan ya. Sebaiknya, gunakan face scrub sebanyak satu kali saja dalam sehari.

3. Bercukur dengan cara yang benar

Cara mencerahkan wajah pria yang ketiga yaitu bercukur dengan cara yang benar.

Tidak sedikit pria yang mengalami luka atau benjolan akibat penggunaan pisau cukur. Apakah Anda salah satu yang sering mengalaminya?

Ketahuilah bahwa kulit yang teriritasi lebih rentan terhadap kekusaman dan masalah kulit lainnya. Sebagai solusi, Anda bisa mengoleskan krim cukur yang mengandung lidah buaya guna mencegah iritasi akibat bercukur.

Anda juga dapat menyabuni bulu jenggot atau kumis Anda dengan air yang sedikit lebih banyak untuk melembutkannya sekaligus meminimalkan kemungkinan terjadinya iritasi.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Pagi yang Ampuh Menurunkan Berat Badan, Salah Satunya Berjemur

4. Perhatikan area mata Anda

Cara mencerahkan wajah pria yang keempat yaitu memerhatikan area mata Anda.

Saat Anda sedang bergumul dengan masalah wajah kusam, maka Anda tidak boleh lupa untuk memberikan perhatian khusus pada kulit di area mata Anda.

Selalu ingat untuk tidur dengan cukup dan pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik guna mencegah atau mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata.

Anda juga harus menghentikan semua kebiasaan atau gaya hidup tidak sehat yang bisa menyebabkan kulit kusam seperti mengonsumsi alkohol, makan makanan cepat saji, dan merokok. Selain itu, minumlah air putih setidaknya 2 liter per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

5. Gunakan pelembab

Cara mencerahkan wajah pria yang kelima yaitu menggunakan pelembab.

Kurangnya kelembaban merupakan alasan utama mengapa kulit berubah menjadi kusam. Itulah sebabnya Anda tidak boleh melewatkan penggunaan pelembab sesaat setelah mencuci muka.

Jika kulit Anda sensitif, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pelembab alami seperti buttermilk dan minyak zaitun.

Kedua bahan ini termasuk pelembab dan emolien alami yang bagus untuk kulit serta mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu menciptakan kulit yang muda dan bercahaya.

6. Kelola stres

Cara mencerahkan wajah pria yang keenam yaitu mengelola stres.

Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan kortisol yang mengganggu aliran darah ke kulit Anda.

Alhasil, perbaikan kulit akan menjadi lebih lambat dan kekusaman akan menjadi lebih mudah menyerang.

Jadi, imbangilah rutinitas skincare harian Anda dengan pengelolaan stres yang baik ya.

Itulah 6 cara mencerahkan wajah pria agar tak kusam lagi. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News