Bugar

Ini 5 Makanan yang Membuat Asam Lambung Naik, Hindari ya!

Ini 5 Makanan yang Membuat Asam Lambung Naik, Hindari ya!

MOMSMONEY.ID - Tahukah bahwa ada beberapa makanan yang membuat asam lambung naik, lo. Penting untuk mengenali makanan tersebut agar dapat menghindarinya dan menjaga kesehatan pencernaan.

Asam lambung merupakan kondisi yang umum dialami banyak orang dan bisa sangat mengganggu. Lantas, apa saja makanan yang membuat asam lambung naik? Di bawah ini akan Momsmoney uraikan daftarnya. Yuk, simak.

1. Makanan pedas

Capsaicin yang terkandung dalam makanan pedas dapat memperlambat pencernaan membuat lambung tetap penuh lebih lama. Inilah yang dapat menyebabkan nyeri ulu hati.

Makanan pedas juga bisa mengiritasi lapisan lambung yang sudah meradang pada penderita maag kronis, sehingga lebih baik dihindari.

Baca Juga: Yuk Konsumsi! Ini Daftar Buah yang Baik untuk Asam Lambung

2. Makanan asam

Mengonsumsi buah-buahan asam seperti jeruk, lemon, dan stroberi, atau makanan yang mengandung cuka bisa memicu nyeri ulu hati, terutama saat perut kosong. Asam dalam makanan ini dapat mengiritasi dan memperburuk rasa sakit asam lambung.

3. Makanan nerlemak

Melansir dari Alodokter, makanan tinggi lemak seperti daging merah, susu full cream, dan produk susu berlemak seperti keju, yogurt, dan mentega membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Hal ini meningkatkan risiko refluks asam lambung, sehingga konsumsinya perlu dikurangi, khususnya bagi penderita maag dan GERD.

Baca Juga: Wajib Waspada! Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Kronis yang Butuh Penanganan Cepat

4. Gorengan

Makanan ini kaya akan lemak yang bisa merangsang pelepasan hormon kolesistokinin. Hormon ini menyebabkan relaksasi pada sfingter esofagus, yang berfungsi menjaga makanan tetap di dalam lambung. Jika sfingter ini lemah, asam lambung berpotensi naik ke kerongkongan.

5. Cokelat

Meskipun lezat, cokelat mengandung kokoa, lemak, kafein, dan teobromine yang semuanya dapat memicu refluks asam. Cokelat hitam memiliki kandungan yang lebih rendah dari zat-zat ini dan bisa menjadi alternatif yang lebih baik, namun tetap harus dikonsumsi dengan batas yang wajar.

Itulah beberapa makanan yang membuat asam lambung naik. Mengenali makanan yang dapat memicu asam lambung adalah langkah pertama untuk mengurangi risiko dan ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan.

Selain menghindari pemicu, menjaga pola makan yang seimbang dan tidak makan berlebihan dalam satu waktu juga bisa membantu mengelola gejala asam lambung.

Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika Anda memerlukan saran diet yang lebih spesifik untuk kondisi asam lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News