Keluarga

Pernah Pusing saat Bangun Tidur? Ternyata Ada 8 Kriteria Penyebabnya, Cari Tahu

Pernah Pusing saat Bangun Tidur? Ternyata Ada 8 Kriteria Penyebabnya, Cari Tahu

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda merasa pusing saat bangun tidur? Padahal, seharusnya tidur membuat tubuh kembali lebih bugar, bukan? Nah, ternyata pusing saat bangun tidur merupakan tanda dari beberapa gejala kesehatan.

Menurut artikel yang diterbitkan The Archives of Internal Medicine, 1 dari 13 orang mengalami sakit kepala sat bangun tidur di pagi hari.

Rata-rata dari mereka adalah wanita berusia 45 – 64 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan di luar usia tersebut juga kerap mengalami gejala ini.

Lantas, bahayakah gejala tersebut? Dan, apa sajakah penyebabnya? Berikut beberapa penyebab pusing saat bangun tidur:

Baca Juga: Sering Merasa Ngantuk? Waspadai 7 Penyebab Ngantuk Berlebihan

Kurang tidur

Menurut laman American Headache Society, insomnia adalah keluhan tidur paling umum terjadi di antara orang-orang yang sering mengalami sakit kepala parah.

Penyebabnya, karena bagian otak yang tugasnya mengatur jam tidur akan dipaksa melewatkan waktu tidur sehingga berpotensi meningkatkan rasa sakit kepala dan pusing saat bagun tidur di pagi hari.

Terlalu banyak tidur

Selain kurang tidur, terlalu banyak tidur justru akan membuat masalah baru. Hal yang paling umum terjadi ialah pusing saat bangun tidur.

Masalah kesehatan mental

Depresi

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Jet Lag Bagi Anda yang Suka Traveling

Saat psikismu sedang terganggu, entah karena gangguan kecemasan, depresi, atau hanya sekedar stres, maka tubuh akan terjaga dan Anda akan kesulitan tidur.

Journal of American Medical Association melalui Denver Upper Cervical melaporkan, jika pusing saat bangun tidur rupanya adalah indikator umum dari depresi dan kecemasan.

Tidur mendengkur

Banyak orang tak sadar mendengkur saat tidur. Rupanya kondisi ini membuat tidur jadi tak nyenyak.

Melansir Health Care Associates, saat tidur seseorang kurang nyenyak, maka tubuh akan memproduksi protein pemicu rasa sakit lebih banyak daripada biasanya. Inilah yang membuat kepala pusing saat bangun tidur.

Kekurangan cairan tubuh

Dehidrasi

Baca Juga: Bukan Hanya Kelebihan Kafein, Ini 5 Penyebab Insomnia Lainnya

Malas minum air mineral bukan hanya akan memicu badan jadi lemas, tapi juga berdampak pada tidur.

Mengutip situs Kasur Busa Royal, dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab yang bikin kepala pusing saat bangun tidur.

Pusing ini terjadi karena tubuh lemas akibat kekurangan cairan. Sementara air akan mempermudah aliran darah yang didalamnya terdapat oksigen untuk di alirkan ke seluruh tubuh, terutama otak.

Pusing kepala juga terjadi apabila Anda tidur di dalam ruangan bersuhu panas yang bisa membuat tubuh berkeringat dan memicu kekurangan cairan.

Gula darah rendah

Gula darah rendah

Baca Juga: Jenis-Jenis Insomnia yang Perlu Anda Ketahui

Saat gula dalam darah sedang rendah, tubuh akan mengalami beberapa gejala umum seperti lemas hingga berkeringat dingin.

Tak jarang orang juga akan mengalami rasa pusing saat bangun tidur. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi beberapa permen / makanan kecil untuk menstabilkan gula darah.

Mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kepala pusing saat bangun tidur di pagi hari. Penyebabnya sangat simple. Sebab alkohol merupakan pemicu migrain.

Sedang mengonsumsi obat tertentu

Tahukah Anda, obat-obatan tertentu yang dijual bebas di pasaran nyatanya dapat memicu kepala pusing saat bangun tidur.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Matahari Terbenam, Kok Bisa?

Obat-obatan ini biasanya merupakan obat anti-inflamasi non-steroid seperti Parasetamol, Aspirin, dan beberapa obat pereda nyeri yang diresepkan oleh dokter.

Adapun obat dan suplemen lain yang memicu sakit kepala seperti KB hormonal, suplemen hormon untuk menopause, obat jantung dan tekanan darah, Kafein, hingga pengobatan disfungsi ereksi.

Beberapa hal di atas merupakan contoh umum penyebab kepala pusing saat bangun tidur. Bahaya atau tidaknya gejala tersebut, bergantung pada kondisi tubuhmu sendiri.

Dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter apabila gejala pusing saat bangun tidur terjadi selama jangka waktu lama tanpa henti.

Selanjutnya: Carmaker Stellantis Interested in Investing in Thailand, PM Says

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News