Keluarga

Perbedaan Almond vs Kacang Tanah, Manakah yang Lebih Menyehatkan?

Perbedaan Almond vs Kacang Tanah, Manakah yang Lebih Menyehatkan?

MOMSMONEY.ID - Di antara kacang almond dan kacang tanah, manakah yang lebih menyehatkan? Simak perbedaan dan jawabannya di artikel ini.

Ada begitu banyak jenis kacang yang tumbuh dan tersebar di dunia. Namun, yang paling terkenal ialah kacang almond dan kacang tanah.

Secara bentuk, kedua jenis kacang ini sangat berbeda. Tapi bagaimana dengan kandungan nutrisi keduanya? Apakah benar kacang almond lebih banyak mengandung gizi baik daripada kacang tanah?

Untuk mengetahui jawabannya, mari simak sederet perbedaan antara kacang almond dan kacang tanah.

Baca Juga: 7 Cara Mengolah Jengkol Supaya Empuk, Tidak Bau, dan Tak Terlalu Pahit

Asal tanaman

Kacang almond dan kacang tanah dihasilkan dari tanaman yang berbeda.

Almond merupakan bagian dari keluarga Rosaceae. Sementara kacang tanah bagian dari keluarga Fabaceae yang masih sama dengan buncis dan kacang polong.

Dari segi botani, kedua jenis kacang ini termasuk ke dalam biji-bijian. Namun, dalam segi kuliner, kacang-kacang ini disebut sebagai “buah” karena dapat dimakan.

Baca Juga: Ternyata Tak Sama, Inilah 4 Perbedaan Belgian Waffle dan Regular Waffle Asal Amerika

Karakter rasa

Kacang almond bagus untuk kecantikan

Dari segi rasa, sudah jelas bahwa almond berbeda dengan kacang tanah.

Melansir dari Jaybee’s Nuts, kacang almond cenderung memiliki rasa yang lebih kaya, namun sedikit sensasi pahit di dalamnya. Almond adalah pilihan tepat bagi yang alergi makan kacang tanah.

Sementara kacang tanah memiliki rasa yang lebih manis dan lembut. Banyak orang yang menyukai kacang tanah karena harganya yang dinilai lebih mudah & rasanya lebih enak.

Baca Juga: 5 Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau dari Rasa hingga Pilihan Lauk Pauk

Fungsi untuk diabetes

Magnesium adalah salah satu mineral paling penting yang dibutuhkan tubuh untuk dapat mengontrol gula darah. Ini dibuktikan dengan penelitian bahwa sekitar 35% orang dengan diabetes tipe 2 kekurangan magnesium.

Pada kacang tanah dan almond, kadar indeks glikemiknya rendah. Nilai indeks glikemik kacang tanah sebesar 13, sementara almond senilai 5.

Keduanya terhitung memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga cocok untuk penderita diabetes. Karena, semakin rendah indeks glikemik, semakin rendah pula kenaikan kadar gula darah.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Drumette, Wingette, dan Wing Tip dalam Potongan Sayap Ayam

Fungsi untuk otak

Almond

Mengutip Wellness Munch, ada data kuat bahwa kacang almond sangat mampu mengoptimalkan fungsi otak.

Penelitian yang dilakukan terhadap 522 orang yang diberi dosis harian untuk makan kacang almond memiliki peningkatan fungsi otak hingga 60%.

Sementara penelitian yang dilakukan kepada hewan juga membuktikan bahwa almond meningkatkan asetilkolin di otak yang mampu meningkatkan fungsi memori.

Baca Juga: 6 Perbedaan Beras Basmati vs Beras Melati dari Tekstur hingga Nutrisi

Kacang tanah

Sementara kacang tanah dikenal akan kandungan niasin yang tinggi. Niasin ini sering dikaitkan dengan risiko Demensia & Alzheimer yang lebih rendah.

Penelitian terhadap 6.158 orang di Chicago membuktikan bahwa orang-orang yang mengonsumsi zat niasin paling banyak dari makanan langsung (bukan dari suplemen) memiliki kemungkinan demensia 70% lebih rendah.

Itulah sederet perbedaan kacang almond vs kacang tanah dari segi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News