Bugar

Perbaiki Kualitas Tidur, Lakukan 4 Gerakan Yoga Sebelum Tidur Sepuluh Menit Ini

Perbaiki Kualitas Tidur, Lakukan 4 Gerakan Yoga Sebelum Tidur Sepuluh Menit Ini

MOMSMONEY.ID - Meningkatkan kualitas tidur tidak hanya penting untuk kesehatan fisik Anda, tetapi juga untuk kesehatan mental dan emosional. Salah satu cara efektif untuk mencapai tidur yang lebih baik adalah dengan melakukan yoga sebelum tidur. Apa saja gerakan yoga sebelum tidur yang direkomendasikan?

Yoga dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, membuat transisi ke tidur menjadi lebih mudah dan lebih nyaman. Melansir dari laman Medical News Today, berikut adalah empat gerakan yoga sebelum tidur yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Keseluruhan rutin ini hanya memerlukan sekitar sepuluh menit.

Baca Juga: Menilik Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan, Ada 10 Khasiat Luar Biasa

1. Easy Pose

Duduk di atas matras atau selimut, silangkan tulang kering kanan Anda di depan tulang kering kiri. Pastikan bahwa tulang belakang Anda tetap lurus, tanpa membungkuk ke depan atau ke belakang.

Genggam lutut Anda dengan kedua tangan dan rilekskan bahu Anda, menjaga tulang belakang tetap tegak. Putar telapak tangan Anda menghadap ke atas, memastikan lengan Anda lurus ke bawah dari siku.

Tahan pose ini selama beberapa napas dalam. Kemudian, ganti posisi dengan meletakkan tulang kering kiri di depan kanan.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

2. Pose Cat Stretch

Mulai dengan berada di atas tangan dan lutut di atas matras atau selimut, dengan lutut tepat di bawah pinggul dan tangan di bawah bahu.

Saat menghembuskan napas, lengkungkan tulang belakang Anda ke atas menuju langit-langit, sambil menjaga bahu dan lutut tetap stabil, biarkan kepala Anda turun mengarah ke lantai. Saat mengambil napas, lemaskan dan ratakan kembali tulang belakang Anda.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Inilah 7 Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari

3. Pose Cow Stretch

Dalam posisi yang sama seperti cat stretch, saat menghirup napas, tekuk tulang belakang ke arah lantai dan angkat kepala untuk melihat ke atas.

Saat menghembuskan napas, kembali ke posisi tulang belakang yang lurus dan rileks. Anda dapat bergantian antara pose cat stretch dan cow stretch, mengulang gerakan ini selama beberapa menit.

Baca Juga: Apakah Telat Makan Bisa Menyebabkan Asam Lambung? Simak 7 Penyebab Lainnya

4. Pose Kaki ke Atas Dinding

Letakkan bantal atau selimut terlipat beberapa inci dari dinding. Berbaringlah dengan bantal atau selimut di bawah panggul Anda dan kaki terdekat ke dinding. Saat menghembuskan napas, angkat kaki Anda ke dinding, menjaga bahu dan kepala Anda tetap di lantai.

Tubuh Anda akan membentuk sedikit lengkungan. Atur kembali dukungan jika diperlukan. Tempatkan lengan Anda di samping tubuh, dengan telapak tangan menghadap ke atas. Tetap dalam posisi ini hingga 15 menit.

Untuk keluar dari pose, geser bantal atau selimut dan berguling ke sisi, berbaring sejenak di lantai.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Cuka Apel untuk Asam Urat dan Cara Konsumsinya

Nah, itulah beberapa gerakan yoga sebelum tidur yang dapat Anda lakukan hanya dengan sepuluh menit saja. Melakukan yoga ini sebelum tidur bisa menjadi ritual malam yang sangat efektif untuk mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Selamat mencoba dan dapatkan tidur yang lebih baik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News