Bugar

Ketahui Manfaat Mandi Sebelum Tidur, Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur!

Ketahui Manfaat Mandi Sebelum Tidur, Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur!

MOMSMONEY.ID - Tahukah bahwa ternyata terdapat manfaat mandi sebelum tidur. Simak penjelasannya di sini!

Mandi sebelum tidur telah menjadi kebiasaan malam yang dipraktikkan banyak orang selama berabad-abad. Rutinitas ini bukan hanya tentang menjaga kebersihan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, terutama dalam meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat mandi sebelum tidur

Mengutip dari Sleep Foundation, mandi sebelum tidur bisa efektif dalam memberi tahu otak bahwa waktunya telah tiba untuk beristirahat. Tidak hanya itu, mandi juga meningkatkan kebersihan serta meminimalkan penumpukan keringat dan debu pada tempat tidur Anda.

Lebih lanjut, studi-studi menyarankan bahwa mandi menjelang waktu tidur menawarkan berbagai keuntungan tambahan yang berbeda, tergantung pada pilihan antara air hangat atau dingin.

Baca Juga: Rekomendasi Teh Terbaik untuk Kesehatan, Sudah Pernah Minum?

Mandi air hangat sebelum tidur

Penelitian yang berkembang menunjukkan bahwa mandi dengan air panas sebelum tidur dapat memperbaiki kualitas tidur Anda. Sejalan dengan penurunan suhu inti tubuh yang alami menjelang waktu tidur dan peningkatan suhu pada kulit ekstremitas, berendam dalam air hangat diduga mendukung mekanisme penyesuaian suhu tubuh alami yang berkontribusi pada tidur yang lebih baik.

Ini diperkuat oleh meta analisis dari 17 penelitian yang menunjukkan bahwa mandi dalam suhu sekitar 104 hingga 108,5 derajat Fahrenheit bisa meningkatkan kualitas tidur dan mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk tertidur.

Dr. David Rosen, seorang spesialis tidur, menyarankan bahwa mandi air hangat setidaknya satu jam sebelum tidur adalah yang terbaik berdasarkan bukti penelitian. Kegiatan ini dapat diintegrasikan sebagai bagian dari perubahan positif dalam rutinitas tidur, termasuk mengurangi penggunaan layar sebelum tidur.

Selain itu, mandi air hangat sebelum tidur tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur tetapi juga dapat menurunkan tekanan darah sebelum dan selama tidur. Mandi air hangat juga dapat menjadi obat rumahan yang populer untuk meredakan gejala pilek dengan menghirup uap, meskipun belum sepenuhnya didukung oleh bukti ilmiah.

Baca Juga: Mengapa Selalu Merasa Lelah Padahal Tidak Beraktivitas? Ini Penyebabnya

Mandi air dingin sebelum tidur

Peneliti telah mengeksplorasi penggunaan mandi air dingin untuk menyesuaikan suhu tubuh sebelum tidur, namun hasilnya bervariasi. Dalam sebuah penelitian, atlet yang melakukan perendaman diri dalam air dingin selama sepuluh menit setelah aktivitas fisik malam hari menunjukkan penurunan suhu inti tubuh dan meningkatnya durasi tidur nyenyak di awal malam.

Namun, tidak semua temuan menunjukkan hasil yang positif. Studi lain menemukan bahwa berendam dalam air dingin setelah aktivitas fisik malam justru meningkatkan suhu inti tubuh terlebih dahulu, baru menurunkannya beberapa jam kemudian, tanpa efek signifikan terhadap peningkatan kualitas tidur, dan bahkan menyebabkan peningkatan denyut jantung.

Mandi air dingin juga diketahui bisa memicu peningkatan kadar kortisol dan norepinefrin, hormon yang meningkatkan kewaspadaan, yang bisa jadi alasan mengapa mandi air dingin tidak selalu mendukung tidur yang lebih baik. Meskipun demikian, mandi air dingin memiliki potensi manfaat lain, seperti mengurangi nyeri otot dan meningkatkan mood serta sirkulasi darah, dan bahkan dapat meningkatkan sistem imun dan metabolisme.

Baca Juga: Air Lemon untuk Diet, Bisa Bikin Turun Berat Badan lo

Demikianlah pembahasan singkat mengenai manfaat mandi sebelum tidur. Mandi sebelum tidur merupakan praktik sederhana yang dapat memiliki dampak signifikan terhadap kualitas tidur Anda. Oleh karena itu, jika Anda mencari cara untuk meningkatkan, pertimbangkan untuk menambahkan mandi malam ke dalam rutinitas Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News