Bugar

Ketahui Manfaat Cuka Apel untuk Asam Urat dan Cara Konsumsinya

Ketahui Manfaat Cuka Apel untuk Asam Urat dan Cara Konsumsinya

MOMSMONEY.ID - Salah satu solusi alami yang sering dibahas adalah manfaat cuka apel untuk asam urat Anda. Simak ulasan lengkapnya berikut.

Tingginya kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan pembentukan kristal asam urat di sendi, yang menyebabkan rasa sakit yang tajam, pembengkakan, dan kekakuan.

Selain pengobatan medis, banyak orang mencari solusi alami untuk mengelola kondisi ini. Salah satu solusi alami yang sering dibahas adalah manfaat cuka apel untuk asam urat.

Momsmoney akan mengulasnya lebih dalam pada kesempatan kali ini. Yuk, simak dengan seksama!

Manfaat cuka apel untuk asam urat

Meskipun tidak ada studi ilmiah yang secara langsung mengevaluasi efek cuka sari apel dalam pengobatan asam urat, ada bukti bahwa cuka sari apel dapat membantu dalam penurunan berat badan dan pengurangan peradangan.

Kedua faktor ini secara potensial dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Melansir dari laman Healthline, penelitian terbaru menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat mempengaruhi penurunan berat badan.

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan, konsumsi cuka sari apel membuat tikus tersebut merasa kenyang lebih cepat, yang pada gilirannya berkontribusi pada penurunan berat badan mereka.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Ini 12 Daftar Pantangannya!

Selanjutnya, sebuah studi pada tahun 2010 yang melibatkan lebih dari 12.000 pria berusia antara 35 dan 57 tahun selama tujuh tahun menemukan hubungan antara penurunan berat badan yang signifikan dan penurunan kadar asam urat.

Studi ini menunjukkan, pria yang kehilangan sejumlah besar berat badan memiliki kemungkinan empat kali lebih besar untuk mengalami penurunan kadar asam urat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami perubahan berat badan.

Cara konsumsi cuka apel untuk asam urat

Sebelum dikonsumsi, cuka sari apel harus diencerkan dengan air karena sifatnya yang sangat asam yang dapat merusak enamel gigi dan iritasi pada kerongkongan jika diminum dalam bentuk murni.

Sebaiknya campurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air besar sebelum tidur. Jika Anda menemukan rasa campuran ini terlalu kuat, pertimbangkan untuk menambahkan sedikit madu atau pemanis rendah kalori untuk memperbaiki rasanya.

Penting untuk memperhatikan efek samping yang mungkin terjadi jika mengonsumsi terlalu banyak cuka sari apel.

Baca Juga: Apakah Timun Bisa Menurunkan Kolesterol Tubuh? Simak Manfaat untuk Kesehatan

Selain sebagai minuman, Anda juga bisa mencampur cuka sari apel dengan minyak untuk membuat dressing salad. Penggunaan cuka sari apel dalam saus salad dapat menambahkan cita rasa asam yang lezat ke dalam hidangan Anda.

Demikianlah ulasan lengkap terkait manfaat cuka apel untuk asam urat serta cara konsumsinya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News