Bugar

Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Buah Ini, Cek Daftarnya!

Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Buah Ini, Cek Daftarnya!

MOMSMONEY.ID - Ada buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat karena dapat memperparah gejalanya. Yuk cek daftarnya!

Mengelola asam urat tidak hanya memerlukan intervensi medis tetapi juga modifikasi dalam gaya hidup, yang mencakup penyesuaian pola makan. Meskipun buah-buahan dianggap sebagai komponen esensial dari makanan sehat, terdapat beberapa buah yang dapat memicu atau memperparah kondisi asam urat.

Bersumber dari Dokter Sehat dan Very Well Health, berikut adalah jenis buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat karena bisa meningkatkan risiko peningkatan kadar asam urat dalam tubuh:

1. Durian

Durian, yang dikenal dengan rasa dan aroma khasnya, memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Purin adalah zat yang ketika dicerna oleh tubuh dapat meningkatkan produksi asam urat. Oleh karena itu, bagi mereka yang mengalami asam urat, sangat disarankan untuk menghindari atau membatasi konsumsi durian agar tidak memicu peningkatan kadar asam urat.

Baca Juga: Harus Waspada, Ternyata Ini Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda!

2. Rambutan

Rambutan juga termasuk buah yang perlu dihindari oleh orang dengan kondisi asam urat. Meskipun buah ini populer dan memiliki berbagai manfaat kesehatan, rambutan mengandung kadar gula alami yang cukup tinggi. Selain itu, rambutan dapat memiliki efek mirip alkohol, khususnya jika dikonsumsi dalam kondisi yang terlalu matang, yang bisa berisiko bagi individu dengan asam urat.

3.Nanas

Nanas, buah yang kaya akan vitamin C dan berbagai nutrisi lainnya, juga memiliki kandungan fruktosa yang relatif tinggi. Bagi sebagian orang, konsumsi nanas bisa memicu peningkatan kadar asam urat, sehingga sebaiknya konsumsi buah ini dalam jumlah terbatas bagi penderita asam urat.

Baca Juga: Bisa Memperparah Gejala, Penderita Asam Urat Hindari Buah Tinggi Purin dan Fruktosa

4. Tomat

Tomat mengandung purin, zat yang dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi tomat dapat mempengaruhi peningkatan kadar asam urat, sehingga penderita asam urat mungkin perlu membatasi konsumsi tomat dalam menu makan mereka.

5. Anggur

Anggur, meskipun merupakan sumber antioksidan yang baik, juga mengandung fruktosa dan purin yang relatif tinggi. Kandungan fruktosa dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh, sedangkan purin dapat diubah menjadi asam urat setelah proses metabolisme. Karena alasan ini, konsumsi anggur oleh penderita asam urat sebaiknya dibatasi untuk menghindari peningkatan kadar asam urat.

Baca Juga: Rendah Purin, Ini Daftar Makanan untuk Penderita Asam Urat Konsumsi

6. Pisang

Pisang sering kali dianggap sebagai buah yang aman untuk dikonsumsi dalam berbagai kondisi kesehatan. Namun, bagi beberapa penderita asam urat, pisang mungkin perlu dikonsumsi dengan hati-hati.

Meskipun pisang memiliki kandungan purin yang lebih rendah dibandingkan buah lain, pisang yang sangat matang mengandung fruktosa yang lebih tinggi yang bisa meningkatkan risiko peningkatan asam urat. Jadi, penderita asam urat mungkin perlu mempertimbangkan tingkat kematangan dan jumlah pisang yang dikonsumsi.

7. Mangga

Mangga adalah buah tropis yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, tetapi juga mengandung fruktosa dalam jumlah yang cukup tinggi. Fruktosa dapat memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak asam urat, yang menjadikan mangga sebagai salah satu buah yang harus dibatasi konsumsinya oleh penderita asam urat. Meskipun mangga menawarkan manfaat kesehatan, penderita asam urat harus berhati-hati dengan jumlah mangga yang dikonsumsi.

Baca Juga: Kadar Asam Urat Turun dengan Konsumsi Buah-buahan Ini, Lo

Itulah daftar buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Sebagai gantinya, Anda dapat konsumsi buah-buahan lain yang rendah purin dan fruktosa. Ada banyak pilihan buah dengan kandungan purin rendah yang aman untuk dimakan, termasuk ceri, yang diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya serangan asam urat.

Selanjutnya: Apakah One Piece Episode 1097 Libur? Cek Jadwal dan Preview Berikut ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News