Bugar

Harus Waspada, Ternyata Ini Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda!

Harus Waspada, Ternyata Ini Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda!

MOMSMONEY.ID - Tahukah ternyata ini lo penyebab asam urat tinggi di usia muda. Jangan diabaikan!

Asam urat tinggi atau hiperurisemia adalah kondisi yang terjadi ketika ada terlalu banyak asam urat dalam darah. Asam urat merupakan hasil akhir dari pemecahan zat purin, yang ditemukan dalam banyak makanan yang kita konsumsi.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah, diangkut ke ginjal, dan dikeluarkan melalui urine. Namun, jika produksi asam urat berlebih atau pengeluaran asam urat melalui ginjal tidak efisien, kadar asam urat dalam darah bisa meningkat.

Baca Juga: Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Apa Saja?

Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gout atau penyakit asam urat. Ironisnya, kasus asam urat tinggi kini tidak hanya dialami oleh mereka yang berusia lanjut, tetapi juga semakin sering ditemukan pada individu di usia muda.

Berikut adalah beberapa penyebab asam urat tinggi di usia muda yang harus diwaspadai:

1. Pola Makan yang Buruk

Mengutip dari Mayo Clinic, konsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah, jeroan, dan seafood, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Pola makan yang buruk ini sering ditemukan pada kalangan muda, terutama yang memiliki gaya hidup sibuk dan sering mengonsumsi makanan cepat saji atau olahan.

Baca Juga: Bisa Menjangkit Anak Muda, Ini Ciri-Ciri Kolesterol dan Tips Mencegahnya

2. Kurangnya Aktivitas Fisik

Gaya hidup dengan kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko terjadinya asam urat tinggi. Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mengontrol berat badan dan memperbaiki metabolisme asam urat.

3. Obesitas

Berat badan yang berlebih membuat tubuh lebih sulit mengelola kadar asam urat. Lemak tubuh, terutama di sekitar perut, bisa meningkatkan produksi asam urat dan mengurangi kemampuan ginjal untuk menyaringnya dari darah.

Baca Juga: Rendah Purin, Ini Daftar Makanan untuk Penderita Asam Urat Konsumsi

4. Konsumsi Alkohol

Alkohol dapat meningkatkan produksi asam urat dan mengurangi kemampuan ginjal untuk mengeluarkannya. Konsumsi bir dikaitkan dengan risiko asam urat tinggi karena kandungan purin yang tinggi.

5. Faktor Genetik

Riwayat keluarga dengan kadar asam urat tinggi dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kondisi serupa.. Faktor genetik ini menunjukkan adanya predisposisi genetik terhadap penyakit tersebut.

Baca Juga: Mudah! Begini Pengobatan Rumahan untuk Atasi Asam Urat di Kaki

6. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan seperti diuretik yang digunakan untuk mengobati hipertensi dapat meningkatkan kadar asam urat dengan mengurangi ekskresi asam urat melalui ginjal.

Demikianlah uraian terkait penyebab asam urat tinggi di usia muda. Mengingat faktor-faktor di atas, penting bagi kalangan muda untuk memperhatikan gaya hidup dan pola makan mereka. Menerapkan perubahan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan, membatasi konsumsi makanan tinggi purin, berolahraga secara teratur, dan mengurangi konsumsi alkohol dan gula, adalah kunci untuk mencegah asam urat tinggi.

Juga, penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika memiliki risiko atau gejala asam urat tinggi. Pencegahan dan pengelolaan dini dapat menghindari komplikasi jangka panjang yang terkait dengan asam urat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News