Keluarga

Mau Kulit Bebas Jerawat? Hindari 5 Minuman Penyebab Jerawat Ini!

Mau Kulit Bebas Jerawat? Hindari 5 Minuman Penyebab Jerawat Ini!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 minuman penyebab jerawat yang sebaiknya Anda kurangi atau bahkan hindari.

Minuman dengan kandungan gula olahan yang tinggi atau mengandung karbohidrat tidak sehat lainnya dapat meningkatkan indeks glikemik darah.

Saat kadar gula darah meningkat, itu akan mengganggu keseimbangan hormon dan meningkatkan produksi minyak. Pada akhirnya, jerawat akan muncul atau bahkan semakin banyak dari sebelumnya.

Dilansir dari Skinkraft Laboratories, ada 5 minuman penyebab jerawat yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan jika Anda menginginkan kulit yang mulus tanpa jerawat. Berikut kelima minuman tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Berat Badan Sebelum Tidur yang Mudah dan Efektif

1. Minuman berkarbonasi

Minuman penyebab jerawat yang pertama, yaitu minuman berkarbonasi. Hindari semua jenis minuman berkarbonasi seperti cola atau soda saat kulit Anda berjerawat.

Hal ini lantaran kebanyakan minuman berkarbonasi mengandung gula yang tinggi dan bisa meningkatkan keinginan untuk makan. Akibatnya, kadar gula pun akan meningkat drastis.

Walaupun minuman berkarbonasi yang Anda temukan memiliki label “baik untuk diet”, namun alangkah baiknya Anda tetap menghindarinya. Pasalnya, minuman semacam itu tetap mengandung pemanis buatan yang tidak terlalu bermanfaat bagi kesehatan. Jadi, pastikan Anda tidak menyentuh minuman berkarbonasi jika menginginkan kulit yang bebas jerawat.

2. Minuman beralkohol

Minuman penyebab jerawat yang kedua, yaitu minuman beralkohol. Alkohol dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebihan juga bisa melemahkan sistem penghalang kulit sehingga kulit akan menjadi sasaran empuk bagi kuman penyebab jerawat serta dapat meningkatkan peradangan yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk menghindari semua jenis wine dan koktail demi melindungi kulit Anda dari jerawat.

3. Kopi

Minuman penyebab jerawat yang ketiga yaitu kopi. Kafein dalam kopi dapat mengganggu tidur dan mengubah kadar kortisol dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan stres dan membuat kulit menjadi breakout.

Tak sampai di situ, kopi juga memiliki efek diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil sekaligus menyebabkan dehidrasi.

Jika tidak bisa lepas dari kopi, Anda tetap bisa meminumnya asalkan tidak berlebihan dan tidak menambahkan terlalu banyak krim atau gula ke dalamnya.

Selalu ingat pula bahwa kafein yang tinggi juga dapat ditemukan di dalam minuman berenergi. Jadi, selain mengurangi kopi, Anda juga harus menghindari minuman berenergi jika menginginkan kulit yang mulus tanpa jerawat.

Baca Juga: Pengobatan dan Cara Pencegahan Poliuria, Buang Air Kecil Berlebih

4. Jus kemasan

Minuman penyebab jerawat yang keempat yaitu jus kemasan. Umumnya, jus dalam kemasan mengandung gula rafinasi yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kulit semakin berjerawat.

Alih-alih memilih jus kemasan, sebaiknya Anda mengonsumsi jus segar buatan sendiri untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tanpa tambahan karbohidrat yang buruk.

5. Susu

Minuman penyebab jerawat yang kelima yaitu susu. Susu merupakan minuman kaya nutrisi yang biasa dikonsumsi oleh sebagian besar orang sedari kecil.

Kendati menyimpan beragam manfaat, namun susu khususnya susu sapi dapat memperburuk masalah jerawat yang sedang Anda alami terutama jika Anda tidak bisa mencerna laktosa dengan baik.

Susu mungkin mengandung antibiotik dan hormon yang menyebabkan peradangan dan meningkatkan produksi sebum. Dibandingkan kulit terus berjerawat akibat mengonsumsi susu, Anda bisa menggantinya dengan susu nabati seperti susu almond atau susu beras merah. Dengan begini, Anda tetap bisa merasakan sensasi susu tanpa memperburuk kondisi jerawat.

Itulah 5 minuman penyebab jerawat. Alih-alih mengonsumsi minuman-minuman di atas, alangkah baiknya Anda memperbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

Selanjutnya: Pemerintah Berharap Inflasi Pangan Melandai pada April 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News