Santai

Tanaman Hias Tidak Berbunga? Simak 10 Hal yang Harus Dilakukan

Tanaman Hias Tidak Berbunga? Simak 10 Hal yang Harus Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda melihat tanaman hias tidak berbunga? Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa tanaman hias tidak berbunga. 

Salah satu penyebab tanaman hias tidak berbunga karena perawatannya. Anda perlu melakukan perawatan yang benar untuk mendapatkan tanaman hias berbunga. 

Lalu, apa yang harus dilakukan jika tanaman hias tidak berbunga? 

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini terdapat beberapa hal yang harus dilakukan jika tanaman hias tidak berbunga. 

1. Beri sinar matahari

Alasan nomor satu mengapa sebagian besar tanaman berbunga gagal berbunga adalah kurangnya sinar matahari.

Berlawanan dengan anggapan umum yang menganggap 4-5 jam sinar matahari sudah lebih dari cukup, sebagian besar tanaman berbunga sebenarnya membutuhkan lebih dari 6 jam sinar matahari setiap hari agar bisa mekar subur.

Baca Juga: Bisa Hasilkan Bunga Langka dan Indah, Intip Rekomendasi Tanaman Hias Indoor

2. Pilih lokasi yang tepat 

bunga potong

Meskipun beberapa tanaman berbunga mungkin sangat senang berjemur di bawah sinar matahari sepanjang hari, beberapa tanaman mungkin memerlukan jumlah sinar matahari yang tepat dan kemudian berteduh sepanjang hari.

Impatiens, Azalea, Rhododendron, dan Hydrangea menyukai sinar matahari sebagian, tetapi tidak akan senang jika terkena cahaya sore yang terik.

Sedangkan sukulen berbunga, mawar, dan bugenvil akan sangat senang berada di bawah sinar matahari sore.

3. Menunggu musim 

Setiap tanaman memiliki masa kematangannya masing-masing, dan pertumbuhannya pun sesuai. Beberapa mungkin berbunga dengan cepat, sementara beberapa lainnya tidak. 

Baca Juga: 8 Pohon yang Bisa Ditanam Dalam Ruangan, Bikin Tamu Tertarik

4. Jangan beri pupuk berlebihan

Masyarakat beranggapan bahwa penggunaan pupuk yang terlalu banyak akan membantu tanaman segera berbunga secara berlebihan. Ini tidak benar. Jika menggunakannya terlalu banyak, Anda mungkin melakukan hal sebaliknya, dan hal ini tidak hanya menghentikan pembungaan tanaman tetapi pada akhirnya juga mematikannya.

Periksa tanah tanaman Anda dan kebutuhan pemupukannya sebelum mengubah tindakan, dan ambil tindakan yang tepat untuk menyediakan nutrisi pada tanah guna membantunya berkembang.

5. Kurang pupuk tidak baik

Menggunakan pupuk kaya fosfor akan membantu pembungaan karena mendorong transfer energi untuk perkembangan akar dan pembungaan. Ini juga membantu fotosintesis dan mengatur banyak proses metabolisme, yang semuanya menguntungkan tanaman untuk menghasilkan lebih banyak bunga.

6. Jaga agar tanaman tidak sakit

Hama dan penyakit juga bisa menjadi penyebab tanaman Anda tidak berbunga. Periksa tanda-tanda seperti dedaunan yang terkulai, bintik-bintik pada daun, dan hama di bagian bawah dan kuncup dari waktu ke waktu.

Rawat tanaman dengan sabun insektisida atau larutan minyak nimba untuk segera menghilangkan masalahnya. Setelah tanaman pulih kesehatannya, tunggu hingga berbunga.

7. Pangkas dengan benar

Jika Anda memangkas pada waktu yang salah, ini bisa menjadi alasan nomor satu tanaman tidak berbunga. Memangkas tanaman di akhir musim akan menghilangkan semua tunas untuk mekar tahun depan.

Baca Juga: 10 Herbal Terbaik untuk Melindungi dari Hal Negatif dan Berbahaya

Periksa panduan pemangkasan pada tanaman berbunga Anda sebelum Anda mulai memotong tunas yang sehat terlebih dahulu.

8. Pilih pot yang pas

Menanam bunga dalam pot yang lebih besar dari yang dibutuhkan akan mengurangi mekarnya bunga, karena tanaman akan lebih banyak mengalihkan energinya untuk membangun akarnya. Idealnya, pot harus selalu berukuran satu lebih besar dari bola akar tanaman, terutama untuk tanaman semusim. 

Ini akan memastikan tanaman Anda berbunga dengan baik saat ini dan tidak memfokuskan energinya pada pengembangan akar!

9. Potong tunas 

Mereka panjang dan ramping serta memiliki daun dan dedaunan yang terlihat sedikit berbeda dari tanaman utama.

Jika Anda menanam mawar cangkok, Anda harus berhati-hati terhadapnya. Jika tidak dipotong tepat waktu, mereka akan mengganti tanaman aslinya.

Baca Juga: 8 Kegunaan Cuka untuk Tanaman Dalam Ruangan Bikin Tetap Subur dan Hijau

10. Hilangkan bunga layu

Deadheading (menghilangkan bunga yang layu) adalah cara terbaik untuk memastikan tanaman terus berbunga. Ini juga membantu merangsang bunga baru, cukup potong bunga lama dengan gunting atau tangan.

Bunga yang paling mendapat manfaat dari deadheading adalah Snapdragon, Cosmos, Zinnia, Heliotrope, Dahlias, Marigold, Geranium, dan Petunia.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan jika tanaman hias tidak berbunga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News