Keluarga

New York hingga Hongkong, Intip 9 Festival Kemeriahan Tahun Baru Imlek di Dunia

New York hingga Hongkong, Intip 9 Festival Kemeriahan Tahun Baru Imlek di Dunia

MOMSMONEY.ID - Perayaan Tahun Baru Imlek tak cuma dirayakan di negara China saja, tapi juga di hampir seluruh negara Asia hingga benua Amerika dan Eropa.

Seluruh perayaan Imlek di masing-masing negara memiliki ciri khasnya tersendiri. Ada yang mengadakan festival petasan, lentera, ibadah hingga parade barongsai.

Langsung intip berbagai tradisi perayaan imlek di seluruh dunia yang dirangkum dari The Guardian, Time Out, dan Travel China Guide, berikut ini!

New York

Tradisi Perayaan Imlek di New York

New York mengadakan festival petasan sebanyak 600.000 buah saat perayaan Imlek tiba. Diadakannya festival petasan dipercaya sama halnya seperti prosesi pengusiran roh jahat di seluruh kota.

Warha New York biasanya akan pergi ke Taman Sara D. Roosevelt untu menyaksikan petasan setiap tahunnya. Tak lupa ada parade barongsai yang juga memeriahkan perayaan Imlek.

Baca Juga: Promo HUT BTN ke-74 Part II: RotiO, Shihlin, Popeyes, Kopi Kenangan

China

China menghadirkan Festival Lentera Yuyuan sebagai tradisi perayaan Imlek yang digelar setiap tahun di Shanghai. Jangan salah, pertunjukan ini masuk ke dalam kelas dunia, loh.

Ada berbagai jenis, warna, bentuk, hingga ukuran lentera yang ada di festival ini. kebanyakan, lentera berbentuk ikan (melambangkan kemakmuran & kekayaan), naga (keberuntungan), dan kelinci (shio tahun ini)

Singapura

Tradisi perayaan imlek di Singapura, yakni festival jalanan bernama Chingay yang artinya “seni kostum & topeng”. Festival ini merupakan parade jalan besar-besaran yang dilengkapi dengan kendaraan hias, maupun kostum warna-warni.

Ada juga berbagai alat peraga unik seperti lampu hias, serta pertunjukkan kembang api yang dimainkan di jalanan.

Baca Juga: Peruntungan Nasib Politik & Pemilu di Tahun Naga Kayu 2024, Menurut Astrologi China

Manchaster, Inggris

Ada sebuah tradisi perayaan Imlek yang disambut besar-besaran oleh salah satu komunitas Tionghoa terbesar & tertua di Inggis. Tradisi ini berparade dari pusat kota hingga ke jalan-jalan kota menuju Chinatown.

Tahun 2021 lalu, parade ini dimeriahkan di Lapangan St, Ann dengan menghadirkan patung naga emas setinggi 50 kaki.

Sementara di jalanan, orang-orang Manchaster dapat melihat tarian Singa (Barongsai), Opera khas Tionghoa, boneka Buddha raksasa, hingga parade Pramuka Tionghoa.

Indonesia

Sambut Imlek

Baca Juga: Kumpulan Mitos dan Kepercayaan China Kuno, Akar Tradisi Setiap Perayaan Imlek

Di Indonesia sendiri, tradisi perayaan Imlek dirayakan dengan menonton pertunjukan Barongsai & Liong (tarian naga) yang biasa hadir di berbagai vihara serta mall-mall besar. Pertunjukan Barongsai sendiri biasanya hadir di kota-kota tertentu di Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Singkawang, Solo, Semarang, dsb.

Pada saat menonton pertunjukkan barongsai, biasanya banyak anak-anak yang memberikan angpau merah kepada barongsai yang sedang menari-nari.

Malaysia

Menjelang tradisi Perayaan Imlek, Malaysia menyuguhkan berbagai hiasan menarik seperti lentera merah, bunga sakura, dan jeruk mandarin yang memenuhi sepnjang ibu kota Kuala Lumpur.

Pada tradisi perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa di Malaysia juga mengikuti kompetisi kaligrafi Cina yang berkala hadir setiap tahun. Tak lupa, mereka juga membeli buah nanas sebagai item festival yang paling popular karena dipercaya membawa keberuntungan.

Baca Juga: Prediksi Lengkap Tahun Baru Imlek 2024 Naga Kayu, Apa Maknanya?

Vietnam

Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia (Di Vietnam)

Tradisi perayaan Imlek di Vietnam disebut juga Tet. Seiring berjalannya waktu, tradisi ini berkembang menjadi hari libur Nasional bagi seluruh warganya sehingga banyak orang yang pulang kampung pada waktu-waktu tersebut.

Orang Vietnam memiliki tradisi khusus bernama Xong Tet. Tradisi ini mengacu pada nasib baik atau buruk yang dibawa oleh tamu pertama yang mengunjungi rumah.

Dipercaya, kepribadian dan kondisi kehidupan tamu pertama meramalkan keberuntungan tuan rumah di tahun mendatang. Jadi biasanya sebelum Tet, orang akan mengundang orang yang jujur, sopan atau kaya untuk datang berkunjung ke rumahnya.

Baca Juga: 11 Ikan Pembawa Hoki dan Kesuksesan Menurut Fengshui Cina, Wajib Pelihara!

Los Angeles

Hampir sama seperti di Indonesia, di Los Angeles, tradisi perayaan Imlek disambut dengan Golden Dragon Parade yang bersejarah.

Ada berbagai macam pakaian, kendaraan hias, hingga marching band yang dilakukan selama parade berjalan dari LA ke North Broadway. Golden Dragon Parade ini telah berusia lebih dari 100 tahun, bahkan usianya lebih tua dibandingkan Hollywood.

Hongkong

Imlek Festival Lentera

Baca Juga: Warna Keberuntungan dan Kesialan 12 Shio di Tahun Baru Imlek Naga Kayu 2024

Tradisi perayaan Imlek di Hongkong biasa disambut meriah dengan merayakan Festival Musim Semi. Pada festival ini, tersedia libur kerja selama 3-5 hari

Ada pula perayaan Malam Tahun Baru Imlek yang biasa disambut oleh seluruh anggota keluarga dengan nongkrong di pasar membeli bunga daffodil.

Pada esok harinya, barulah para manula menghadiri Pekan Raya Kuil untuk berdoa meminta kemakmuran & kesehatan. Sementara anak muda saling memberikan angpau merah.

Pada hari ke-2 & 3 perayaan Imlek, barulah Hongkong menghadirkan festival kembang api yang meriah.

Itulah sederet tradisi perayaan Tahun Baru Imlek di seluruh dunia, mulai dari China hingga Los Angeles yang hadir dengan perayaan megah dan meriah.

Selanjutnya: PLN Indonesia Power Genjot Implementasi Cofiring demi Kerek Target Bauran EBT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News