Keluarga

8 Tanaman Tahun Baru Imlek yang Membawa Keberuntungan, Bisa Jadi Dekorasi

8 Tanaman Tahun Baru Imlek yang Membawa Keberuntungan, Bisa Jadi Dekorasi

MOMSMONEY.ID - Tahun Baru Imlek sudah dekat. Berikut ini terdapat tanaman tahun baru Imlek yang membawa keberuntungan di dalam rumah. 

Tanaman tahun baru Imlek yang membawa keberuntungan menjadi ciri khas perayaan. Untuk membantu menambah dekorasi di dalam rumah, Anda bisa menggunakan tanaman tahun baru Imlek yang membawa keberuntungan ini. 

Ada beragam tanaman tahun baru Imlek yang membawa keberuntungan. Mengutip City Floral Greenhouse, berikut ini tanaman tahun baru Imlek yang membawa keberuntungan. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias untuk Tahun Baru Imlek yang Bisa Jadi Dekorasi di Dalam Rumah

1. Pohon Jeruk

Pohon jeruk secara tradisional diberikan pada saat Tahun Baru Imlek karena merupakan tanda keberuntungan untuk tahun yang subur dan berlimpah. Pohon jeruk relatif mudah dirawat dan dapat dimasukkan ke dalam pot, sehingga Anda bisa memindahkannya ke dalam ruangan saat cuaca kurang optimal.

Jagalah agar tanah tetap lembab, biarkan bagian atas mengering sebelum disiram kembali. Pohon ini setidaknya membutuhkan sinar matahari langsung selama 4-6 jam setiap harinya, apalagi jika ingin berbuah!

2. Anggrek 

anggrek

Anggrek selain cantik juga melambangkan kesuburan dan kelimpahan di tahun baru. Bunganya menambah daya tarik visual yang menakjubkan dan mencerahkan setiap tempat di rumah Anda.

Anggrek hadir dalam berbagai bentuk dan warna, menjadikannya pilihan tepat untuk disesuaikan dengan dekorasi rumah apa pun.

3. Bromeliad

Tanaman berwarna indah ini merupakan satu famili dengan tanaman nanas yang dianggap sebagai buah keberuntungan dan melambangkan keberuntungan.

Berikan cahaya tidak langsung yang terang pada bromeliad Anda, tetapi jauhi sinar matahari langsung karena dapat membakar daunnya.

Baca Juga: Warna Keberuntungan dan Kesialan 12 Shio di Tahun Baru Imlek Naga Kayu 2024

Siram hanya ketika dua inci teratas tanah kering, dan jangan menyiram terlalu banyak karena akan menyebabkan busuk akar.

4. Anthurium 

Anthurium sering kali menggunakan warna merah, simbol keberuntungan dan kemakmuran sepanjang tahun.

Kehadiran tanaman-tanaman indah ini menjadikannya favorit di rumah selama liburan kali ini. Tanaman anthurium juga membantu menjaga kebersihan udara di rumah karena menyaring amonia, formaldehida, dan xilena dari udara.

Anthurium berasal dari daerah tropis dan umumnya tumbuh di lantai hutan. Mereka menyukai sinar matahari terang tidak langsung. Hindari sinar matahari langsung karena akan menyebabkan daun gosong.

Setelah menyiram Anthurium secara menyeluruh, biarkan dua inci bagian atas tanah mengering sebelum disiram kembali.

5. Chinese Money Plant 

Tanaman ini juga menjadi tanaman favorit saat Tahun Baru Imlek karena daunnya yang bulat seperti koin melambangkan kemakmuran.

Pilea suka disiram secara menyeluruh lalu dibiarkan hingga tanah kering sebelum dilakukan penyiraman lagi. Pilea Anda membutuhkan cahaya terang tidak langsung dan menikmati sinar matahari pagi.

Baca Juga: Rayakan Tahun Baru Imlek Lewat Makanan Mewah Sajian The Ritz-Carlton Bali

6. Lucky Bamboo

Tanaman bambu keberuntungan adalah tanaman yang wajib dimiliki untuk setiap perayaan Tahun Baru Imlek.

Menariknya, tanaman bambu keberuntungan tersebut sebenarnya bukan dari keluarga bambu, melainkan dracaena. Tangkainya yang berwarna hijau memiliki penampakan seperti bambu, dan sesuai dengan namanya, tanaman ini melambangkan keberuntungan sepanjang tahun.

Jika Anda ingin menambah sedikit keberuntungan di tahun baru Anda, menambahkan lima elemen ke bambu keberuntungan Anda akan membantu. Begini caranya:

- Tambahkan unsur tanah pada bebatuan yang mengelilingi batang.

- Tambahkan elemen logam seperti koin atau pot logam.

- Unsur air hanyalah air yang digunakan untuk menjaga kehidupan tanaman.

- Tambahkan elemen merah seperti pita atau pot untuk memasukkan elemen api.

- Terakhir, unsur kayunya adalah tanaman bambu itu sendiri.

Baca Juga: Prediksi Lengkap Tahun Baru Imlek 2024 Naga Kayu, Apa Maknanya?

7. Peace Lily

Dikenal sebagai salah satu tanaman hias paling efisien yang membersihkan udara di rumah Anda, tanaman ini menghilangkan banyak bahan kimia seperti trikloroetilen, formaldehida, xilena, benzena, dan amonia.

Tanaman tropis ini menyukai ruang tidak langsung yang terang di rumah Anda. Hindari sinar matahari langsung yang dapat merusak daun dan bunga.

Jendela yang menghadap ke timur adalah tempat yang ideal. Jagalah agar tanah tetap lembab, tetapi jangan biarkan ada genangan air. Bunga lili perdamaian menyukai kelembapan, jadi cobalah menyemprot daunnya setiap hari atau gunakan nampan berisi kerikil dan air di dekatnya.

8. Jade Plant 

Daun hijau zamrud melambangkan kekayaan, keberuntungan, dan nasib baik sepanjang tahun. Jika diberikan sebagai hadiah, keberuntungan tanaman giok semakin meningkat.

Tanaman giok mudah dirawat dan menyukai sinar matahari penuh dengan pencahayaan setidaknya empat jam. Sirami tanaman giok Anda saat bagian atas tanah kering, jangan biarkan tanaman Anda terendam air.

Nah, itulah beberapa tanaman tahun baru Imlek yang membawa keberuntungan untuk rumah Anda. Jadikan dekorasi untuk menambah tampilan rumah lebih indah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News