Santai

Muncul Notif Akun Ini Tidak Diizinkan Digunakan di WhatsApp, Begini Cara Mengatasinya

Muncul Notif Akun Ini Tidak Diizinkan Digunakan di WhatsApp, Begini Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - WhatsaApp merupakan aplikasi komunikasi yang banyak digunakan oleh banyak orang. Akan tetapi, ada beberapa pengguna yang mengalami masalah seperti munculnya notifikasi akun ini tidak diizinkan digunakan di WhatsApp. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi notifikasi akun ini tidak diizinkan digunakan di WhatsApp?

Perlu diketahui, notifikasi akun ini tidak diizinkan digunakan di WhatsApp merupakan tanda bahwa Anda dibatasi oleh pihak WhatsApp. 

Baca Juga: Update iOS Mendadak Berhenti di Tengah Proses, Begini Cara Mengatasinya

Sama seperti platform media sosial lainnya, WhatsApp hadir dengan aturan ketat yang harus dipatuhi. Jika Anda melanggar aturan tersebut atau tidak mengikuti pedoman, WhatsApp mungkin memblokir akun Anda untuk sementara. 

Nah, untuk mengatasi permasalahan di atas, berikut langkah-langkahnya. 

1. Ubah alamat IP

Terkadang, WhatsApp mungkin melarang alamat IP Anda menggunakan layanan ini. Anda dapat mengubah alamat IP Anda untuk sementara dan mencoba lagi. Trik ini juga berhasil ketika pemerintah daerah Anda melarang WhatsApp di wilayah tersebut.

Anda perlu berlangganan jaringan VPN dan membuka aplikasi terkait di ponsel Anda. Setelah Anda terhubung ke server wilayah lain dan mengubah alamat IP, mulai ulang WhatsApp dan coba lagi.

2. Pastikan Pasang Kartu SIM di Ponsel Utama

Anda harus menyimpan kartu SIM utama Anda di telepon dan mencoba masuk ke akun WhatsApp Anda. Jika SIM utama Anda ada di ponsel lain, WhatsApp mungkin mencegah Anda menggunakan akun tersebut karena alasan privasi.  

3. Ganti Nomor Ponsel

WhatsAPP blokir gawai versi lawas

Mengubah nomor ponsel Anda akan mentransfer obrolan yang ada, informasi akun, obrolan grup, dan pengaturan lainnya dari nomor ponsel lama Anda ke yang baru.

4. Instal Ulang WhatsApp

Apakah Anda masih menghadapi masalah saat menggunakan WhatsApp di ponsel Anda? Saatnya menginstal ulang aplikasi.

5. Tunggu 1-2 Minggu

Ini bisa menjadi larangan sementara untuk akun WhatsApp Anda. Anda harus menunggu satu atau dua minggu dan coba lagi.

6. Perbarui WhatsApp

Aplikasi WhatsApp yang ketinggalan jaman bisa menjadi penyebab utama di sini. Perusahaan secara teratur merilis pembaruan baru untuk memperbaiki bug. Anda harus menginstal pembaruan WhatsApp terbaru dari Google Play Store atau App Store.

7. Hapus Cache WhatsApp

Cache yang rusak juga dapat menyebabkan kesalahan 'akun ini tidak diizinkan untuk digunakan' di WhatsApp. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Find My Mobile di Samsung untuk Menemukan HP yang Hilang

8. Periksa Status Server WhatsApp

Saat server WhatsApp sedang down, Anda mungkin melihat adanya kejanggalan pada layanannya. Anda tidak dapat mengirim pesan, media, dan bahkan gangguan wajah selama panggilan suara/video. Anda dapat mengunjungi Downdetector dan mencari WhatsApp untuk mengonfirmasi masalahnya.

9. Hubungi WhatsApp

Masih tidak bisa mendapatkan kembali akun WhatsApp Anda? Jika perusahaan salah menangguhkan akun Anda, gunakan langkah-langkah di bawah ini untuk menghubunginya.  

- Gunakan tautan di bawah untuk membuka halaman Kontak WhatsApp.

- Masukkan nomor telepon Anda, alamat email, platform WhatsApp pilihan, dan ketik pesan.

- Klik Berikutnya dan ikuti petunjuk di layar untuk mengirim pesan Anda.

Nah itulah cara mengatasi apabila Anda mengalami atau menemukan notifikasi "Akun Ini Tidak Diizinkan Digunakan di WhatsApp". Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News