HOME, Bugar

Moms, Inilah Manfaat Vitamin C untuk Kulit pada Produk Skincare

Moms, Inilah Manfaat Vitamin C untuk Kulit pada Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Vitamin C salah satu bahan aktif yang sampai saat ini masih populer digunakan oleh banyak produk skincare. Vitamin C dikenal dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit. Proses penyerapan vitamin C termasuk yang cepat kepada kulit.

Selain pada produk skincare, vitamin C juga bisa didapatkan pada buah seperti jeruk, buah beri-berian dan lain-lain. Vitamin C bisa menjadi solusi untuk masalah kulit Anda, berikut manfaat vitamin C untuk kulit dilansir dari garnier.co.id, yaitu: 

1. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Manfaat vitamin c untuk kulit pada produk skincare yaitu melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas adalah atom yang kehilangan salah satu elektronnya sehingga kondisinya menjadi tidak stabil lalu mengambil elektron dari atom lain.

Kemudian, atom yang tidak stabil inilah yang disebut radikal bebas. Radikal bebas sebenarnya diproduksi secara alam oleh tubuh manusia tapi dalam jumlah sedikit sehingga tidak merusak.

Paparan sinar UV dari matahari dan polusi ikut membentuk radikal bebas sehingga jumlahnya di tubuh menjadi berlebihan dan merusak sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Vitamin C dengan antioksidannya berperan untuk menetralisir radikal bebas sehingga membantu mencegah atau mengurangi kerusakan di sel-sel kulit.

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Pewangi untuk Tubuh, Bantu Anda Makin Pede!

2. Memudarkan Noda Hitam dan Mencerahkan Kulit

Manfaat vitamin c untuk kulit selanjutnya adalah memudarkan noda hitam dan mencerahkan kulit. Penyebab munculnya noda hitam di wajah karena produksi melanin (zat pigmen) yang meningkat. Peningkatan produksi melanin ini ditujukan untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari.

Sehingga pentingnya penggunaan produk sunscreen untuk menghindari kulit wajah mengalami kusam, menggelap dan bisa memunculkan noda-noda hitam. Vitamin C dipercaya dapat membantu menghambat produksi melanin di kulit wajah, sehingga noda hitam di wajah memudar dan wajah tampak lebih cerah.

Anda harus menggunakan sunscreen supaya kulit tak lagi menggelap dan muncul noda hitam. Vitamin C dapat mendukung kerja sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar matahari, jadi, sebaiknya Anda gunakan sunscreen yang mengandung Vitamin C agar manfaat Vitamin C untuk wajah semakin optimal.

3. Mencegah Penuaan Dini

Selanjutnya, manfaat vitamin c untuk kulit yaitu dapat mencegah penuaan dini seperti garis-garis halus dan kerutan. Hal ini terjadi karena produksi kolagen yang menurun akibat pertambahan usia, sehingga jaringan kulit menjadi lemah.

Vitamin C membantu membentuk kolagen di jaringan kulit sehingga kulit wajah pun menjadi lebih kenyal dan elastis sehingga garis-garis halus dan kerutan memudar. Kulit wajah juga menjadi lebih kencang. Selain itu, Vitamin C juga membantu melindungi agar kolagen yang sudah terbentuk tidak dirusak oleh radikal bebas.

4. Melembabkan Kulit

Manfaat vitamin c untuk kulit lainnya adalah melembabkan kulit. Vitamin C membantu terbentuknya lapisan pelindung di permukaan kulit sehingga air ‘terkunci’ di dalam lapisan kulit dan tidak dapat menguap. Kulit yang kering merupakan penyebab kulit tampak kusam, karena itu, Vitamin C yang menjaga kelembapan kulit juga sekaligus membantu cerahkan wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News