Bugar

Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Minum Susu?

Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Minum Susu?

MOMSMONEY.ID - Mengidap gangguan asam lambung membuat seseorang harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman. Susu merupakan minuman yang menyehatkan. Namun, apakah penderita asam lambung boleh minum susu?

Bagi penderita asam lambung, umumnya disarankan untuk menghindari produk susu, terutama yang berasal dari susu sapi.

Ini karena lemak dalam susu sapi dapat melemahkan otot sphincter esofagus bawah (LES), yang seharusnya berfungsi sebagai penghalang untuk mencegah asam naik ke kerongkongan.

Melansir dari Halodoc, jika LES tidak berfungsi dengan baik, ini bisa memperburuk gejala asam lambung.

Baca Juga: Wajib Waspada! Inilah Berbagai Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Namun, penderita asam lambung masih bisa mengonsumsi jenis susu tertentu yang lebih ramah terhadap asam lambung.

Ada beberapa jenis susu yang tidak mengandung lemak susu sapi, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang mengalami masalah asam lambung.

Melansir dari Hello Sehat, berikut adalah beberapa jenis susu yang boleh dikonsumsi penderita asam lambung:

1. Susu Rendah Lemak

Untuk penderita asam lambung, susu dengan kandungan lemak 0 – 2,5% adalah pilihan yang lebih baik. Ini karena susu rendah atau bebas lemak berfungsi sebagai buffer yang membantu menstabilkan pH lambung.

Baca Juga: Hindari 6 Kebiasaan Penyebab Kanker Berikut Ini, Salah Satunya Kurang Tidur

2. Susu Almond

Susu almond adalah pilihan yang baik untuk penderita asam lambung karena memiliki sifat basa dengan pH sekitar 8,4, yang lebih tinggi dari pH susu sapi yang berada di angka 6,8.

Konsumsi susu ini berpotensi membantu menetralisir asam lambung. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan efektivitas susu almond secara penuh bagi penderita maag dan asam lambung.

3. Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan alternatif lain yang baik karena rendah lemak. Dengan hanya 5 gram lemak per gelas (200 ml), susu kedelai memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan susu sapi jenis whole milk.

Baca Juga: Ketahui Khasiat Tersembunyi Air Kelapa Muda untuk Asam Lambung yuk

Jadi, apakah penderita asam lambung boleh minum susu? Jawabannya, boleh. Asalkan susu yang dikonsumsi tidak mengandung lemak susu sapi. Adapun susu yang boleh dikonsumsi penderita asam lambung yakni susu rendah lemak, susu almond, dan susu kedelai.

Dikutip dari Alodokter, sebaiknya hindari minum susu ketika Anda mengalami asam lambung naik karena susu dapat memperburuk kondisi tersebut.

Setelah gejala mereda, Anda boleh mengonsumsi susu asalkan memilih susu rendah lemak atau bebas lemak.

Selanjutnya: Perhatikan! Ini 5 Gejala Asam Urat pada Kaki yang Penting untuk Dikenali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News