Santai

Mitos atau Fakta: Permen Karet Butuh Waktu 7 Tahun untuk Dicerna Tubuh

Mitos atau Fakta: Permen Karet Butuh Waktu 7 Tahun untuk Dicerna Tubuh

MOMSMONEY.ID - Saat mengunyah permen karet, bukan tidak mungkin Anda tidak sengaja menelannya. Lalu, benarkah permen karet butuh waktu 7 tahun untuk bisa dicerna oleh tubuh?

Melansir Woman and Home, pernyataan bahwa permen karet yang tertelan butuh waktu 7 tahun untuk bisa dicerna oleh tubuh adalah mitos.

Namun, kepercayaan ini sudah ada sejak lama dan banyak dipercayai kebenarannya.

Baca Juga: 10 Manfaat Sukun bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Tubuh manusia tidak bisa mencerna produk sintetis seperti permen karet. Sehingga, permen karet bisa dikeluarkan dengan cepat melalui buang air besar. 

Mengutip Healthline, permen karet yang tertelan biasanya akan melewati sistem pencernaan dan dikeluarkan secara utuh melalui tinja sekitar 40 jam kemudian. Ini proses yang sama dengan makanan yang Anda konsumsi.

Namun, jika Anda menelan permen karet dalam jumlah banyak di waktu yang singkat maka permen karet akan menyebabkan penyumbatan di usus. 

Sehingga, jika hanya menelan satu permen karet, Anda tidak perlu mendatangi dokter. Tapi, jika menelan dalam jumlah banyak dan  penyumbatan maka Anda akan membutuhkan operasi untuk mengeluarkannya. 

Baca Juga: Yuk, Mengenal Manfaat Buah Naga untuk Diabetes yang Jarang Diketahui

Permen karet terbuat dari apa?

Permen karet pertama kali di buat pada masa Perang Dunia II. Saat itu permen karet terbuat dari getah pohon sawo Amerika Tengah.

Sebagian besar permen karet saat ini terbuat dari kombinasi polimer, plasticizer dan resin. Kemudian dicapur dengan pelembut, pengawet, pemanis dan perasa yang aman untuk konsumsi. Seringkali, permen karet memiliki lapisan poliol yang keras atau bubuk. 

US Food and Drug Administration mengkategorikan permen karet sebagai makanan dengan nilai nutrisi yang sedikit. Ini sama dengan soda dan beberapa permen lainnya. 

Nah, itu tadi penjelasan soal benarkah permen karet yang tertelan membutuhkan waktu 7 hari untuk bisa dicerna oleh tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya: Promo Minyak Goreng di Alfamart dan Superindo-Indomaret, Harga Spesial di Akhir Pekan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News