Keluarga

Mitos atau fakta: MPASI Tidak Perlu Memiliki Rasa

Mitos atau fakta: MPASI Tidak Perlu Memiliki Rasa

MOMSMONEY.ID - Di tengah derasnya arus informasi, masih terdapat banyak mitos tentang MPASI yang kerap membuat para ibu khawatir.

Periode makanan pendamping air susu ibu (MPASI) adalah usia emas dimana anak mulai belajar dan mengenal makan.

Namun nyatanya, banyak bayi mengalami gagal tumbuh atau stunting karena pemberian MPASI yang kurang baik. 

Dr. Miza Dito Afrizal SpA, Dokter Spesialis Anak, mengungkapkan, dari sekian banyak mitos yang beredar, salah satu yang paling sering muncul adalah perihal rasa. 

"Karena indera pengecap bayi belum sempurna, MPASI dianggap tidak perlu memiliki rasa, sehingga penggunaan gula, garam atau bumbu lainnya harus dihindari," ungkapnya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (24/7).

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Sederet Manfaat Buah Naga untuk MPASI yang Bisa Moms Coba

Faktanya, penambahan gula, garam, dan bumbu dibolehkan selama masih dalam batasan rekomendasi. 

Perlu diketahui bahwa sejak dalam kandungan, anak sebenarnya sudah mulai mengenal berbagai rasa dari makanan yang diasup oleh sang ibu.

ASI bahkan sudah memiliki rasa manis gurih yang merangsang bayi untuk lahap mengonsumsinya. 

"Jadi, rasa MPASI yang hambar atau tidak enak justru menjadi salah satu penyebab utama anak melakukan gerakan tutup mulut atau GTM," kata dr. Miza.

Untuk itu, ibu perlu membimbing anak melakukan "wisata rasa" di tahapan pengenalan MPASI dengan menambahkan gula, garam, atau bumbu lainnya sesuai takaran yang direkomendasikan.

"Agar membantu anak mengeksplorasi berbagai jenis bahan makanan dan rasa, sekaligus menambah nafsu makannya," sebut dr. Miza.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Inilah 5 Manfaat Buah Apel untuk MPASI

Untuk lebih menyebarluaskan pesan tersebut, kampanye “Wisata Rasa MPASI Royco” salah satunya menghadirkan buku resep “Sajian MPASI Homemade ala Royco Kaldu Spesial”.

Buku resep ini berisikan 30 menu MPASI yang terdiri dari resep MPASI 6 bulan, resep MPASI 9 bulan, resep MPASI 12 bulan.

Kandungan natrium dalam buku resep ini sudah mengikuti rekomendasi Angka Kecukupan Gizi 2019 – Kementerian Kesehatan.

Selain itu, buku resep “Sajian MPASI Homemade ala Royco Kaldu Spesial” berisi cara membuat MPASI lezat bernutrisi seimbang.

Buku resep yang dapat Momss akses secara gratis melalui www.royco.co.id ini juga merupakan bagian dari program Royco Nutrimenu sehingga dikembangkan menggunakan pedoman "Isi Piringku". 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Berbagai Resep MPASI Bayam yang Bisa Anda Coba

Bukan cuma resep, buku ini juga memuat banyak panduan MPASI lainnya dengan informasi yang mudah dipahami.

Royco meluncurkan kampanye "Wisata Rasa MPASI Royco" bertujuan untuk mendorong para ibu untuk terus memperkaya pengetahuan seputar MPASI termasuk mitos dan faktanya.

"Royco memiliki komitmen berkelanjutan untuk berperan mencegah berbagai permasalahan malnutrisi di tengah keluarga Indonesia, tak terkecuali dalam periode MPASI," kata Amaryllis Esti Wijono, Direktur Nutrition Unilever Indonesia.

"Di kampanye ini, kami ingin membantu para ibu menghadirkan aneka sajian MPASI dengan nutrisi terbaik dan rasa yang disukai anak guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan di periode 1.000 HPK," imbuhnya.

Kampanye "Wisata Rasa MPASI Royco" berangkat dari fakta bahwa para ibu kini semakin gencar mencari tahu mengenai MPASI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News