Bugar

Minum Kunyit untuk Asam Lambung Sebelum atau Sesudah Makan? Ini Jawabannya

Minum Kunyit untuk Asam Lambung Sebelum atau Sesudah Makan? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Sebenarnya, minum kunyit untuk asam lambung sebelum atau sesudah makan, ya?

Kunyit telah lama dikenal sebagai rempah yang kaya manfaat, termasuk untuk meredakan gangguan asam lambung.

Bahan aktif utama dalam kunyit, yaitu kurkumin, memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di lambung dan menyeimbangkan asam lambung.

Namun, banyak yang bertanya-tanya, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi kunyit bagi penderita asam lambung.

Baca Juga: Konsumsi 7 Jenis Buah yang Bagus untuk Asam Urat Berikut Ini, yuk!

Sebelum itu mari kita mengulas tentang manfaat kunyit untuk asam lambung terlebih dahulu.

Kunyit mengandung senyawa kurkumin, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kurkumin berfungsi sebagai antiinflamasi, antioksidan, antivirus, dan antibakteri.

Mengutip dari laman Halodoc, penelitian pada tahun 2007 dengan judul Inflammation and Oxidative Stress in Gastroesophageal Reflux Disease menunjukkan, GERD, atau penyakit asam lambung, dapat dipicu oleh peradangan dan stres oksidatif.

Karena itu, pengobatan GERD dianjurkan dengan bahan yang memiliki efek antioksidan dan antiperadangan.

Baca Juga: Beda dengan Gatal Biasa, Begini Ciri-Ciri Gatal karena Diabetes

Penelitian lainnya pada tahun 2011 menunjukkan bahwa kurkumin dengan efek anti-inflamasinya mampu mencegah peradangan di kerongkongan.

Karena kunyit dan ekstrak kurkumin bersifat antioksidan dan antiinflamasi, kunyit dianggap dapat membantu meredakan gejala asam lambung.

Selain itu, ada penelitian tambahan yang menyatakan bahwa kurkumin dalam kunyit bermanfaat dalam mengatasi gangguan pada saluran pencernaan.

Misalnya, studi dalam International Journal of Molecular Sciences berjudul Curcumin: A Potent Protectant against Esophageal and Gastric Disorders menyebutkan, kurkumin memiliki manfaat dalam meredakan penyakit asam lambung.

Baca Juga: 12 Cara Sederhana Menurunkan Gula Darah secara Alami, yuk Terapkan

Tahukah Anda, GERD bisa menyebabkan iritasi dan luka pada kerongkongan yang memicu penyempitan kerongkongan dan kondisi prakanker yang disebut Esofagus Barrett?

Studi tersebut menunjukkan bahwa pengobatan dengan kurkumin dapat mencegah ekspresi sitokin inflamasi di jaringan esofagus, sehingga risiko kerusakan atau luka pada kerongkongan bisa diminimalkan.

Dengan ulasan di atas, bisa dikatakan bahwa kunyit cukup efektif untuk mengatasi masalah asam lambung. Meskipun penelitian lainnya masih diperlukan.

Anda bisa minum air kunyit untuk mendapatkan manfaat ini. Cara membuatnya adalah dengan memarut kunyit yang sudah dibersihkan, lalu peras hingga mendapatkan sarinya.

Baca Juga: 9 Manfaat Sayur Genjer untuk Kesehatan Tubuh Anda yang Luar Biasa

Lantas, minum kunyit untuk asam lambung sebelum atau sesudah makan sebenarnya? Mengutip dari laman Alodokter, minumlah air kunyit ini pada pagi hari setelah bangun tidur atau malam hari sebelum tidur dengan perut kosong.

Jika dikonsumsi di pagi hari, beri jeda sekitar 30 menit sebelum makan pagi atau minuman lainnya. Lakukan secara rutin selama 3–7 hari untuk merasakan manfaatnya dan membuat perut terasa lebih nyaman.

Semoga informasi terkait minum kunyit untuk asam lambung sebelum atau sesudah makan ini bermanfaat untuk Anda, ya.

Tonton: Cara Membuat Ramuan Jahe Merah untuk Mengobati Gangguan Asam Urat

Selanjutnya: Apple Kembali Duduki Posisi 5 Besar Penjualan Smartphone di China

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News