Santai

Merasa iPhone 15 Terlalu Panas? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya

Merasa iPhone 15 Terlalu Panas? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Beberapa pengguna iPhone 15 mengeluh karena iPhone 15 terlalu panas. Sejak diluncurkan, ada beberapa laporan bahwa iPhone 15 dan iPhone 15 Pro terlalu panas atau bekerja lebih panas dari biasanya. 

Permasalahan iPhone 15 terlalu panas ini didengar oleh pihak Apple. Menurut beberapa laporan, iPhone 15 terasa panas saat disentuh, dengan beberapa pengguna melaporkan bahwa iPhone 15 terlalu panas untuk dipegang. 

Salah satu tes yang dilakukan oleh YouTuber Korea BullsLab menunjukkan iPhone 15 pada suhu 115 derajat Fahrenheit.

Baca Juga: Punya Banyak Fitur Baru, Simak Kelebihan iOS 17 yang Wajib Anda Update

Beberapa orang mungkin tidak menyadarinya, namun wajar jika iPhone menjadi lebih panas selama 24 jam pertama penggunaan.

Ini karena lebih banyak proses latar belakang yang berjalan untuk menyelesaikan konfigurasi perangkat Anda. Namun, suhu yang dilaporkan lebih tinggi dari biasanya.

Mengutip Make Use Of, Apple mengonfirmasi bahwa pihaknya secara aktif berupaya memperbaiki iPhone yang terlalu panas. Inilah yang dikatakan perusahaan mengenai masalah ini:

Apple mengklaim masalahnya adalah aplikasi tertentu, seperti Instagram dan Uber, yang berjalan di latar belakang perangkat Anda. Aplikasi latar belakang ini, bersama dengan penggunaan iPhone biasa, berkontribusi pada iPhone 15 menjadi lebih hangat dari yang diperkirakan.

iPhone 15 Pro bisa memainkan game konsol Resident Evil 8 Village

Apple juga mengonfirmasi bahwa ini bukan masalah perangkat keras melainkan bug pada pembaruan iOS 17 yang baru dirilis yang memperkenalkan sejumlah fitur baru. 

Ini benar, karena iPhone 14 mencapai suhu yang sama selama pengujian suhu yang disebutkan sebelumnya.

Untungnya, Apple menyatakan bahwa masalah pemanasan ini tidak akan menyebabkan masalah apa pun pada perangkat, artinya Anda tidak perlu mengganti iPhone 15 dalam waktu dekat. 

Baca Juga: Cara Memulihkan Draf TikTok yang Hilang, Ini Tips untuk Mengembalikannya

Masalah ini akan teratasi dengan sendirinya dengan pembaruan perangkat lunak iOS yang akan datang.

Meskipun Apple belum mengonfirmasi kapan akan meluncurkan pembaruan untuk memperbaiki masalah panas berlebih pada model iPhone 15, Anda dapat memperkirakan pembaruan tersebut akan hadir bersamaan dengan iOS 17.1 atau pembaruan inti yang lebih kecil, seperti iOS 17.0.3.

Apa pun pilihannya, sebaiknya pastikan iPhone 15 atau iPhone 15 Pro Anda mutakhir dengan membuka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. 

Cara mendinginkan hp yang cepat panas

1. Dinginkan dengan kipas

Ini mungkin terdengar konyol, tetapi mengipasi ponsel Anda atau meniupnya dapat membantu.

Sama seperti mengipasi membuat tubuh tetap dingin, angin sepoi-sepoi dapat membantu mendinginkan ponsel Anda saat terlalu panas.

2. Hindari perubahan suhu yang mendadak

Anda mungkin tergoda untuk meletakkan perangkat yang terlalu panas di lemari es atau freezer sebentar, tetapi kami tidak akan merekomendasikannya.

Baca Juga: 10 Fitur iOS 17 yang Baru Diluncurkan, Ada Pesan Suara Langsung

Mengekspos ponsel Anda ke suhu ekstrem akan membuat komponen tegang dan juga berisiko mengumpulkan kelembapan, cara yang pasti untuk merusak perangkat Anda.

3. Lepas casing

Ponsel dibuat dengan mempertimbangkan pembuangan panas, tetapi casing dapat menahannya.

Jadi, lepaskan casing tersebut untuk membantu ponsel Anda menjadi lebih cepat dingin.

4. Matikan Bluetooth

Jika Bluetooth aktif tetapi ponsel tidak terhubung ke perangkat, ponsel akan terus memindai sesuatu untuk dihubungkan. 

Hal ini dapat menyebabkan ponsel menjadi lebih cepat panas. 

Baca Juga: Harga iPhone 15 Terendah Ada di Negara Ini, Mana Saja?

5. Aktifkan mode pesawat 

Jika ponsel Anda lemah atau tidak ada sinyal, ponsel mungkin bekerja lembur untuk mencari sambungan, yang dapat menyebabkan ponsel Anda memanas.

Aktifkan Mode Pesawat hingga Anda kembali ke area dengan jangkauan.

6. Pisahkan HP dari gadget lain

Menumpuk ponsel, tablet, dan komputer Anda yang sedang berjalan di dalam tas membuat mereka lebih rentan terhadap panas berlebih, jadi Anda harus memisahkannya untuk membantu mereka tetap dingin. 

Nah begitulah beberapa cara mengatasi permasalahan iPhone 15 terlalu panas. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News