Santai

Jangan Panik, Simak 6 Cara Mengatasi iPhone Kemasukan Air

Jangan Panik, Simak 6 Cara Mengatasi iPhone Kemasukan Air

MOMSMONEY.ID - Sebagian pengguna pasti panik saat iPhone kemasukan air. Saat Anda melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk mandi, memasak, berlari, atau berenang, selalu ada risiko saat Anda membawa ponsel.

Jika mengalami hal tersebut, lalu bagaimana cara mengatasi iPhone kemasukan air? Jika Anda menemukan bahwa air telah memasuki port pengisian daya Anda, sangat penting untuk mengeringkannya dengan benar sebelum menggunakannya. 

Artikel ini akan menjelaskan cara mengatasi iPhone kemasukan air dengan mudah. 

Baca Juga: Mirip Instagram Story, Begini Cara Membuat Postingan Teks TikTok Pakai Fitur Baru

Mengutip Esrgear, ada beberapa cara mengatasi iPhone kemasukan air. 

Cara Mengatasi iPhone Kemasukan Air 

1. Guncang iPhone 

Pertama dan terpenting, setelah iPhone Anda bersentuhan dengan air atau peringatan muncul untuk memberi tahu Anda tentang kemungkinan kerusakan air, segera putuskan semua koneksi dan matikan telepon untuk mencegah segala bentuk korsleting. 

Selanjutnya, Anda memegang iPhone Anda tegak dengan konektor Lightning menghadap ke bawah dan mengetuknya dengan lembut ke tangan Anda sehingga gravitasi dapat menghentikan air masuk lebih jauh ke dalam ponsel Anda dan membiarkan kelebihan cairan jatuh. 

Ini adalah langkah pertama dan termudah untuk mengeluarkan air dari port pengisian daya iPhone Anda.

2. Paparan Udara dan Sinar Matahari

Fakta yang diketahui bahwa matahari dan panas, secara umum, cocok untuk penguapan.

Jika ponsel Anda mengalami masalah air, Anda dapat membiarkannya di tempat terbuka agar udara segar dapat bertiup ke dalamnya dan mengeringkannya. 

Selain itu, sinar matahari juga dapat membantu mengeringkan kandungan air. Namun, seseorang harus berhati-hati dengan metode ini karena paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen ponsel Anda seperti baterai, layar, dan papan sirkuit mini.

3. Menggunakan Kipas Pendingin

Anda dapat membantu proses pengeringan berjalan lebih cepat dengan meletakkan iPhone yang terpengaruh di depan kipas pendingin atau area kering dengan aliran udara yang cukup. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Setelah Anda menghilangkan kelembapan dari ponsel, Anda dapat meletakkan ponsel di tempat yang jauh, dan di depan kipas hembuskan udara sejuk untuk mencapai efektivitas maksimum dan pengeringan yang lebih cepat.

Pastikan untuk menempatkannya sedemikian rupa sehingga kipas berhembus secara diagonal ke dalam konektor Lightning. 

Namun, berhati-hatilah dengan kecepatan kipas agar Anda tidak meniup partikel air lebih jauh ke telepon. Melakukan hal ini pasti akan membantu proses pengeringan.

4. Penggunaan Silica Gel

Salah satu cara yang menyerap banyak kelembapan selain beras adalah dengan menggunakan silica gel.

Silica Gel adalah penyerap kelembapan yang baik. Untuk kemampuan menyerapnya yang luar biasa, paket gel Silika dapat berguna untuk mengeringkan iPhone yang lembap. 

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu meletakkan iPhone yang terpengaruh dan beberapa paket silika dalam mangkuk yang pas dengan anak yang baik, dan menutupinya.

Kemudian biarkan silika gel melakukan tugasnya dan mengeringkan iPhone Anda dalam beberapa hari. Masa tunggu biasanya tidak lama (paling buruk tidak lebih dari tiga hari), tergantung pada kondisi iPhone Anda. 

Jadi jika Anda menemukan diri Anda dalam situasi kerusakan air dan Anda memiliki gel silika, itu akan sangat berguna. Coba gunakan saja, mereka akan membantu Anda memperbaiki iPhone Anda dengan kerusakan air.

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki Layar iPhone Berubah Jadi Hitam Putih, Ketahui Penyebabnya

5. Penggunaan Beras (Bukan Beras Putih Mentah)

Seperti yang disarankan untuk menggunakan pengering seperti gel silika, beras juga mungkin sedikit efektif untuk mengeluarkan air dari port pengisian daya iPhone. 

Tidak seperti yang diyakini kebanyakan orang, nasi putih mentah mungkin tidak ideal untuk operasi penyelamatan telepon karena kinerjanya yang buruk sebagai bahan pengering

Yang Anda butuhkan hanyalah mematikan iPhone Anda dan merendamnya di dalam nasi. 

Pastikan benar-benar terendam dalam semangkuk nasi dan biarkan selama beberapa waktu, mungkin satu atau dua hari tergantung seberapa basahnya, dan nasi akan menyebabkan kekeringan dengan menyerap semua kelembapan yang tersisa di ponsel.

Meskipun metode ini mungkin kontroversial, itu masih nomor di antara solusi DIY untuk memperbaiki masalah ponsel yang rusak karena air. 

Selain masalah charging port, trik beras ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah seperti kelembapan di dalam lensa kamera iPhone.

6. Gunakan Hair Dryer

Untuk menggunakan metode pengering rambut, Anda harus mengaktifkan pengaturan "Cool" dan meniup dengan kecepatan lebih rendah ke arah ponsel yang agak miring. 

Panas dapat merusak komponen ponsel Anda, jadi tidak disarankan menggunakan pengering jika tidak memiliki fitur “dingin”.

Baca Juga: Cara Menggunakan Broadscast WhatsApp, Bisa Kirim Pesan ke Beberapa Penerima Sekaligus

Di sisi lain, menggunakan selang vakum mungkin berguna untuk mengeluarkan air dari port pengisian daya ponsel Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus memasang selang ke penyedot debu Anda, dan kemudian Anda siap melakukannya. 

Setelah memasang selang penyedot debu ke port pengisian daya ponsel Anda, hidupkan dan tunggu sampai menyedot. Hisap tidak diragukan lagi akan membantu mengeluarkan air dari port pengisian daya iPhone Anda. 

Sekali lagi Anda harus berhati-hati dengan daya sedot penyedot debu agar tidak mengganggu komponen ponsel lainnya.

Nah itulah cara mengatasi iPhone kemasukan air. Sebaiknya Anda tidak perlu panik. Anda bisa melakukan beberapa cara di atas untuk pertolongan pertama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News