Santai

Cara Memulihkan Draf TikTok yang Hilang, Ini Tips untuk Mengembalikannya

Cara Memulihkan Draf TikTok yang Hilang, Ini Tips untuk Mengembalikannya

MOMSMONEY.ID - Folder draf TikTok adalah alat yang dapat Anda manfaatkan saat Anda belum siap mengunggah video yang sedang Anda kerjakan. Ini memungkinkan Anda kembali ke draf untuk melanjutkan merekam, mengedit, atau mengubah video Anda.

Namun bagaimana jika draf TikTok hilang? Apakah ada cara memulihkan draf TikTok yang hilang?

Mengutip Make Use of, ternyata ada cara memulihkan draf TikTok yang hilang menggunakan beberapa tips yang akan dibahas di artikel ini.

Baca Juga: Cara Melihat Profil TikTok Secara Anonim, Tips Stalking Tanpa Ketahuan

Jika Anda kesulitan menemukan cara untuk mengembalikannya, berikut ini cara memulihkan draf TikTok yang hilang.

1. Cari Draf TikTok di Semua Perangkat

Jika Anda menggunakan TikTok di beberapa perangkat, langkah pertama untuk menemukan draf TikTok yang hilang adalah memeriksa perangkat Anda yang lain. Folder draf adalah alat yang berguna untuk menimbun konten guna menjadwalkan postingan untuk nanti di TikTok. Namun, tidak jarang terjadi kehilangan draft.

Draf TikTok disimpan secara lokal. Artinya, draf disimpan di perangkat tempat Anda membuat draf. Jadi jika Anda membuat video TikTok dan menyimpannya ke draf di iPad Anda, draf tersebut tidak akan muncul di folder draf aplikasi TikTok iPhone Anda.

USA-CHINA/TIKTOK

Meskipun Anda masuk ke akun yang sama di kedua perangkat, draf Anda hanya akan disimpan ke perangkat asli tempat draf tersebut dibuat. Folder draf ini dapat ditemukan di halaman profil TikTok Anda. Draf muncul di slot video pertama, menampilkan berapa banyak draf di folder Anda pada waktu tertentu.

2. Cari Melalui Rol Kamera

Meskipun TikTok tidak mengizinkan Anda menyimpan draf ke rol kamera, Anda dapat mengunggah video dari rol kamera untuk digunakan dalam video TikTok Anda. Jika Anda kehilangan draf TikTok, tetapi dapat menemukan video asli di rol kamera Anda, ini dapat membantu Anda membuat ulang video yang pernah hilang.

Jangan lupa untuk memeriksa folder Anda yang baru saja dihapus di aplikasi Foto iPhone atau galeri Android jika Anda kesulitan menemukan video yang Anda unggah ke TikTok.

Jika Anda memiliki iCloud, Anda juga dapat memeriksanya karena item yang dihapus mungkin belum terhapus dari iCloud. Untuk memeriksanya, kunjungi situs resmi iCloud. 

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Video TikTok Sendiri Tanpa Watermark, Ikuti 4 Tips Berikut

Sayangnya, tidak ada cara untuk memulihkan draf yang terhapus selain membuatnya ulang dan menemukan video aslinya. Anda harus mengalihkan fokus untuk menemukan video yang hilang, daripada menemukan draf yang hilang jika Anda tidak melihatnya di halaman TikTok Anda.

Lalu, bagaimaa cara memulihkan draf TikTok yang hilang?

Salah satu cara umum untuk memecahkan masalah teknologi adalah dengan menyetel ulang perangkat Anda, atau mencopot pemasangannya dan memasangnya kembali. Namun penting untuk dicatat bahwa perbaikan ini tidak akan berfungsi dengan TikTok.

Untuk mencegah hal ini terjadi di masa mendatang, penting untuk menyimpan semua draf ke rol kamera Anda.

Apa pun yang ada di rol kamera Anda akan dicadangkan ke iCloud jika Anda memilikinya. Dengan begitu, meskipun Anda menghapus TikTok atau kehilangan perangkat, video Anda akan tetap ada di cloud. Meskipun Anda tidak dapat mengeditnya, setidaknya Anda dapat memiliki sesuatu untuk diposting, atau contoh untuk dibuat ulang.

Jika Anda salah menaruh draf atau menyimpan salinannya secara manual, Anda bisa mendapatkan kembali draf tersebut. Namun jika Anda kehilangan draf karena mencopot pemasangan aplikasi, sehingga menghapus file lokal, Anda tidak dapat memulihkan video tersebut. 

Baca Juga: Apa Arti Tanda Centang di Telegram? Simak Penjelasannya

Karena draf hanya disimpan di perangkat lokal, satu-satunya cara memulihkannya adalah dengan menemukan perangkat tempat Anda membuat draf.

Sayangnya, draf yang tidak lagi ada di folder draf di perangkat apa pun tidak dapat diambil dan hilang secara permanen. Ini karena TikTok menyimpan draf ke penyimpanan lokal, bukan ke format penyimpanan cloud, seperti yang sudah biasa kita lakukan selama bertahun-tahun.

Nah itulah sedikit tips mengenai cara memulihkan draf TikTok yang hilang. Anda perlu menyimpannya di cloud agar draf yang hilang dapat dipulihkan kembali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News