Keluarga

Menurut Psikolog, Ini 7 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan pada Pasangan

Menurut Psikolog, Ini 7 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan pada Pasangan

MOMSMONEY.ID - Catat, ini 7 cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan menurut psikolog.

Cemburu memang tanda cinta. Namun, bagaimana jika rasa cemburu pada pasangan cenderung berlebihan?

Rentan mendatangkan perselisihan dan menyebabkan keretakan dalam hubungan, baiknya rasa cemburu yang berlebihan pada pasangan segera diatasi dan tidak dibiarkan berlarut-larut.

Melansir Bustle, ada 7 cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan menurut psikolog. Berikut uraiannya yang menarik untuk disimak:

Baca Juga: 4 Essential Oil untuk Meningkatkan Gairah Seks dan Cara Menggunakannya

1. Hadapi rasa takut akan penolakan

Cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan yang pertama yaitu hadapi rasa takut akan penolakan.

Sering kali, kecemburuan didasarkan pada rasa takut akan penolakan, menurut psikolog klinis bernama Paul Greene, Ph.D. Jadi, jika Anda sedang merasa cemburu, cobalah untuk menghadapi rasa takut tersebut.

Cobalah untuk mengingat semua hal positif yang Anda bawa ke dalam hubungan dan semua hal yang disukai pasangan tentang Anda tatkala rasa cemburu datang. Ingat-ingat lagi bahwa pasangan telah memilih untuk bersama Anda.

2. Kembangkan ekspektasi yang realistis

Cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan yang kedua yaitu kembangkan ekspektasi yang realistis.

Penting untuk mengembangkan ekspektasi yang realistis dalam hubungan percintaan. Penting juga untuk mengingat bahwa Anda tidak dapat mengontrol perilaku orang lain termasuk pasangan sendiri.

Anda memang bisa berbicara secara terbuka dan jujur dengan pasangan tentang apa yang sedang Anda rasakan atau inginkan.

Hanya saja, jangan mencoba mengendalikan apapun yang pasangan Anda lakukan. Karena, menaruh harapan yang tinggi pada pasangan rentan mendatangkan kekecewaan dan kecemburuan.

3. Berbicara terbuka dan jujur tentang perasaan Anda

Cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan yang ketiga yaitu berbicara terbuka dan jujur tentang perasaan Anda.

Jika akhir-akhir ini Anda tengah diliputi rasa cemburu, mungkin inilah saatnya untuk berbicara terbuka dan jujur dengan pasangan tentang perasaan Anda.

Dalam banyak kasus, kecemburuan merupakan pertempuran internal. Jadi, ambilah langkah untuk mengenal dan memperbaiki diri sendiri. Kemudian, bagikan temuan itu dengan pasangan.

Jelaskan kepada pasangan bagaimana perasaan Anda dan apa yang membuat Anda tidak nyaman. Terakhir, diskusikan bersama pasangan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam hubungan.

4. Perbanyak self-care

Cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan yang keempat yaitu perbanyak self-care.

Mencoba menghilangkan kecemburuan yang sedang membebani Anda merupakan langkah yang cerdas. Ketika rasa cemburu datang, berinvestasilah dalam aktivitas self-care atau perawatan diri.

Anda bisa bereksperimen dengan rutinitas olahraga atau meditasi yang berbeda untuk membantu Anda keluar dari lubang kecemburuan.

Jadwalkan untuk jalan-jalan bersama teman secara teratur sehingga hidup Anda tidak terlalu bergantung pada pasangan. Dengan terus mengembangkan kekuatan Anda sendiri, itu akan membantu Anda untuk merasa lebih percaya diri sekaligus mampu mengatasi perasaan cemburu secara sehat setiap kali muncul.

Baca Juga: Atasi Mood Swing hingga Jerawat, Ini 10 Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Wanita

5. Pahami dampak negatif dari rasa cemburu

Cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan yang kelima yaitu pahami dampak negatif dari rasa cemburu.

Pikirkanlah dampak negatif dari rasa cemburu bagi Anda sebagai individu. Misal, terus-menerus gelisah karena pasangan berbicara atau mengirim pesan kepada seseorang bukanlah hal yang sehat untuk Anda maupun hubungan.

Dengan memahami bagaimana kecemburuan telah mengubah Anda atau membuat Anda berperilaku berlebihan, itu akan mendorong Anda untuk mencari cara mengatasi atau melepaskan kecemburuan.

Terlepas dari bagaimana Anda mengelola perasaan Anda, penting diingat bahwa bukan tugas pasangan untuk meyakinkan Anda atau memperbaiki sesuatu yang menimbulkan perasaan cemburu. Perasaan Anda adalah tanggung jawab Anda dan tentang Anda, bukan tentang situasi atau pasangan Anda.

6. Fokus pada kebaikan daripada keburukan

Cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan yang keenam yaitu fokus pada kebaikan daripada keburukan.

Salah satu cara untuk mengatasi perasaan cemburu yaitu dengan mengalihkan fokus.

Sebagaimana dikatakan oleh psikolog klinis bernama Kim Chronister, hal paling membebaskan yang dapat dilakukan seseorang dalam suatu hubungan adalah melepaskan kekhawatiran tentang apa yang mungkin salah. Dan, fokus pada apa yang berjalan dengan benar.

Lebih lanjut, Kim Chronister menyarankan Anda yang sedang dilanda cemburu untuk menempatkan fokus pada hal-hal baik yang dilakukan pasangan kepada Anda. Kemudian, ingatkan diri sendiri setiap hari bahwa Anda lebih dari cukup untuk pasangan Anda.

7. Berbicara dengan teman atau profesional

Cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan yang terakhir yaitu berbicara dengan teman atau profesional.

Membicarakan masalah kecemburuan Anda dengan seseorang selain pasangan bisa memberikan Anda perspektif luar tentang apa yang terjadi.

Oleh sebab itu, pertimbangkan untuk curhat kepada teman dekat Anda atau carilah dukungan dari terapis profesional untuk membantu Anda mengatasi perasaan cemburu.

Ketika Anda berani untuk menyelidiki perasaan sensitif dan rentan seperti kecemburuan, itu akan bermanfaat dan memungkinkan penyembuhan, perubahan, serta pertumbuhan pribadi yang lebih baik, menurut psikoterapis bernama Jessica Ortiz.

Itulah 7 cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan menurut psikolog. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Sepanjang Kuartal I, Produksi TBS Sampoerna Agro (SGRO) Turun 3%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News