Keluarga

Menurut Penelitian, Ini 6 Manfaat Demam pada Orang Dewasa yang Berguna di Kala Sakit

Menurut Penelitian, Ini 6 Manfaat Demam pada Orang Dewasa yang Berguna di Kala Sakit

MOMSMONEY.ID - Tak selalu menakutkan, ternyata ini deretan manfaat demam pada orang dewasa yang kerap muncul di kala sakit.

Demam adalah salah satu jenis penyakit yang membuat tubuh jadi super lemas, tak nyaman, dan merasa tak berdaya. Tapi tahukah Anda, ternyata demam sangat baik bagi tubuh dari sisi kesehatan?

Ada begitu banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa demam mampu membuat hidup jadi lebih lama.

Untuk membuktikannya, mari kita intip manfaat demam untuk orang dewasa dari pandangan kesehatan.

Baca Juga: Dianjurkan Para Ahli, Ternyata Ini 6 Manfaat Melamun Selama 10 Menit Setiap Hari

Membatasi produksi patogen

Demam merupakan suatu keadaan dimana keadaan suhu tubuh meningkat yang biasanya merupakan bagian dari respons defensif organisme mutiseluler (inang) terhadap invasi benda hidup (mikroorganisme) atau benda mati yang dianggap patogen atau asing bagi tubuh, dikutip dari situs dr Berg.

Demam ini bisa disebut juga sebagai respons evolusioner terhadap serangan pada sistem tubuh kita.

Idenya sederhana, yakni semua mikroba memiliki batas suhu tertinggi sehingga tidak dapat bereplikasi maupun bertahan hidup.

Tujuan demam adalah supaya “inang” mencapai/melebihi suhu maksimum yang dapat ditoleransi. Ini cara efektif untuk menghilangkan mikroba dalam tubuh.

Maka patutlah disebut bahwa manfaat demam pada orang dewasa dapat secara efektif membatasi produksi patogen seperti bakteri & virus.

Baca Juga: 6 Jenis Olahraga Terbaik yang Dapat Redakan Gejala Anxiety dan Depresi

manfaat demam

Mengurangi durasi infeksi

Pada poin sebelumnya sudah dibahas bahwa manfaat demam dapat menghentikan patogen. Maka dengan dihentikannya produksi patogen yang masuk ke tubuh, ini juga akan mengurangi durasi infeksi tersebut.

Mengapa ini terjadi? Sebab infeksi akan jadi masalah ketika ada terlalu banyak mikroba yang tidak bisa dilawan oleh sistem imun tubuh.

Baca Juga: 7 Mitos Makanan yang Dibantah Ahli Diet, Banyak Dipercayai Orang Awam

Meningkatkan produksi sel darah putih

Saat sedang demam, tubuh manusia akan meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih ini merupakan garda terdepan sistem imun kita yang tugasnya mengidentifikasi & menyerang patogen yang mau memasuki tubuh.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Immunology and Cell Biology yang dikutip dari Fakaza News, manfaat demam dapat merangsang sumsum tulang untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah sehingga dapat menyerang patogen dengan lebih efektif.

Meningkatkan aktivitas antivirus dan antibakteri

Semakin tinggi demam, semakin memperlambat patogen & juga meningkatkan aktivitas sistem imum.

Manfaat demam pada orang dewasa dapat meningkatkan produksi protein bernama Sitokin yang tugasnya mengatur respons imun, serta aktifkan antivirus & antibakteri.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Hanya Makan Buah Selama 72 Jam?

demam

Mendetoks tubuh

Salah satu manfaat demam pada orang dewasa yaitu dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Tingginya tingkat metabolisme tubuh ini sebabkan meningkatnya keringat & ekskresi racun.

Berkeringat saat demam rupanya juga bisa menghilangkan racun tertentu dalam tubuh, dikutip dari studi dalam Journal of Toxicology and Environmental Health.

Baca Juga: 7 Buah dengan Indeks Glikemik Tinggi yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Menurunkan angka kematian

Terdapat penelitian menarik yang menunjukkan bahwa jika demam muncul, maka demam bisa mengurangi angka kematian.

Adapun penelitian lainnya yang mencatat bahwa penggunaan obat antipiretik untuk mengurangi demam berkolerasi dengan peningkatan angka kematian sebesar 5% pada manusia yang terinfeksi influenza.

Dengan kata lain, manfaat demam dapat membuat seseorang jadi tetap hidup.

Itu dia deretan manfaat demam pada orang dewasa yang ternyata sangat berguna dari segi kesehatan menurut penelitian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News