Keluarga

Menurut Pelayan, Ini 6 Perilaku Tak Sopan yang Kerap Dilakukan Pengunjung Resto

Menurut Pelayan, Ini 6 Perilaku Tak Sopan yang Kerap Dilakukan Pengunjung Resto

MOMSMONEY.ID - Beragam perilaku pengunjung restoran ini dianggap tak sopan oleh para pelayan restoran. Apa saja sih perilaku yang dimaksud?

Pepatah mengatakan “pembeli adalah raja”. Namun pepatah tersebut tak sepenuhnya benar, karena tetap ada etika makan yang tak boleh diabaikan pengunjung restoran.

Kebanyakan pengunjung restoran tak menyadari bahwa perilaku yang mereka berikan kepada para pelayan restoran cukup membuat jengkel.

Agar Anda menjadi pengunjung restoran yang memiliki adab & disenangi pelayan restoran, Anda wajib mengetahui apa saja hal-hal yang harus dihindari ketika mengunjungi restoran. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel berikut ini.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Memasak Makanan Italia yang Enak Ala Koki Terkenal

Tak membersihkan meja setelah makan

Kafe mulai buka kembali di Monako

Memang benar bahwa salah satu tugas pelayan restoran ialah membersihkan area meja yang berantakan. Namun bukan berarti kita dengan sengaja tak membersihkan bekas makanan & meninggalkannya begitu saja.

Melansir The Daily Meal, pelayan tidak punya tugas untuk membersihkan tumpukan tisu & makanan yang berjatuhan di bawah kursi. Sehingga sepantasnya pengunjung restoranlah yang membantu membersihkan semua kekacauan tersebut sebelum meninggalkan tempat.

Menarik & memindahkan kursi dari meja lain

Melansir dari Today.com, para pelayan sebenarnya telah menyiapkan meja & kursi yang pas untuk pengunjung restoran. Akan lebih baik jika pengunjung meminta meja & kursi yang kosong sesuai dengan jumlah kunjungan. Bukan dengan menarik kursi dari meja lain seenak jidat.

Baca Juga: Meski Mahal, Ternyata ini Alasan yang Bikin Makanan di Restoran Terasa Lezat

“Meja-meja itu ditempatkan di sana secara metodis. Ada metode untuk mengatasi pengunjung yang membludak,” kata Darron Cardosa, seorang penulis & blogger untuk The Bitchy Waiter, sekaligus mantan pelayan restoran selama 3 dekade.

Duduk di meja yang kotor

Pelayan restoran

Perilaku pertama yang dinilai tak sopan dilakukan oleh pengunjung restoran adalah dengan duduk di meja yang kotor.

Para pelayan membutuhkan waktu untuk membersihkan meja kotor dengan benar. Apabila pengunjung restoran telah duduk terlebih dahulu, maka pelayan akan merasa terburu-buru membersihkannya.

Akan lebih beretika apabila pengunjung menanyakan meja kosong kepada pelayan, dibandingkan duduk langsung di meja kotor.

Baca Juga: Tips Masak Ala Koki Prancis yang Bikin Masakan Jadi Berkualitas Tinggi

Membatalkan reservasi di menit terakhir

Menurut pandangan pelayan restoran, hal yang paling menjengkelkan & dianggap sangat tak sopan yang pernah dilakukan pengunjung restoran ialah membatalkan reservasi pada menit-menit terakhir.

Meski sudah ada aturan untuk membayar harga di muka, namun tetap saja perilaku ini dianggap tak sopan karena tak sesuai kebijakan.

Membuang sesuatu yang tak higienis di atas meja

Perilaku yang sangat tak sopan dan tanpa disadari kerap dilakukan para pengunjung restoran ialah membuang tisu bekas ingus & mulut di atas piring & meja.

“Itu terlalu sering terjadi,” ucap Cardosa. “Saya tidak akan pernah membuang sesuatu yang menjijikan seperti tisu bekas ataupun masker bekas di atas meja,” lanjutnya.

Baca Juga: Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Makan di Restoran Italia

Memesan makanan sambil mengangkat telepon

Melansir Narcity, pelayan restoran akan merasa tak dihargai apabila pengunjung restoran memesan makanan sambil mengangkat telepon.

Sebab, menyelesaikan 1 pembicaraan sebelum memulai pembicaraan lainnya dengan orang lain termasuk ke dalam etika berbicara yang harus diperhatikan.

Jadi sebaiknya, hindari memesan makanan apabila Anda masih dalam keadaan menelepon seseorang.

Itulah berbagai perilaku tak sopan yang sering dilakukan para pengunjung restoran kepada pelayan. Hindari sikap di atas apabila Anda tidak ingin dicap tak sopan oleh pelayan restoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News