Keluarga

Meski Mahal, Ternyata ini Alasan yang Bikin Makanan di Restoran Terasa Lezat

Meski Mahal, Ternyata ini Alasan yang Bikin Makanan di Restoran Terasa Lezat

MOMSMONEY.ID - Meski terbilang mahal, rasa makanan di restoran terbilang lebih lezat daripada makanan buatan rumah. Pernahkah Anda memikirkan alasan di balik itu semua?

Ada banyak alasan mengapa rasa makanan di restoran terlasa lebih lezat jika dibanding rasa makanan buatan rumah. Beberapa alasan mencakup hal-hal detail seperti pengalaman koki, efek rasa makanan, hingga penyajian secara visual.

Untuk tahu alasan lengkapnya, coba intip artikel yang satu ini, yuk. Melansir dari Better Food dan Times of India, berikut selengkapnya.

Baca Juga: 6 Tips Ambil Foto Makanan yang Cantik Menggunakan Teknik Food Photography

Fokus pada detail

Berfokus pada detail adalah salah satu alasan yang bikin rasa makanan di restoran terasa lebih lezat daripada makanan rumahan.

Hal-hal kecil seperti penggunaan suhu yang tepat, cara masak, hingga urutan masak juga dapat memengaruhi rasa makanan.

Di restoran, koki sangat memerhatikan detail masakan seperti penggunaan termometer saat memasak daging yang tak mungkin diukur suhunya saat memasaknya di rumah.

Baca Juga: Mungil Tapi Mahal, Ini Lo 4 Alasan Restoran Mewah Selalu Sajikan Porsi Kecil

Pengalaman memasak yang berulang

Alasan rasa makanan di restoran terasa lebih lezat daripada makanan di rumah adalah karena pengalaman masak koki yang berulang.

Di rumah, menu makanan yang disajikan dapat berbeda-beda setiap harinya sehingga jarang ada kesempatan mengulangi tahapan masak yang sama.

Sementara di restoran, hidangan khas ada di menu dan dibuat setiap hari. Jadi, kebiasaan membuat hidangan yang sama berulang-ulang secara bertahap membuat rasa makanan jadi lebih baik dan konsisten sempurna.

Baca Juga: 5 Teknik Dasar Memasak ala Prancis yang Bisa Moms Tiru di Rumah

Efek umami

Efek rasa umami juga menjadi alasan rasa makanan di restoran terasa lebih lezat daripada makanan di rumah.

Koki di restoran dilatih untuk membuat makanan yang dapat memuaskan semua panca indera fisik, terutama lidah.

Rasa Umami

Sementara itu, rasa umami digambarkan sebagai rasa gurih yang membuat liur berkumpul dalam mulut.

Di sisi lain, umami juga mengacu pada tekstur dan rasa makanan yang bersatu, membuat siapapun yang makan jadi merasa senang. Tentu hal ini tidak bisa didapatkan ketika memakan makanan yang dibuat di rumah.

Ini karena rata-rata koki rumahan (dibaca: ibu) kerap kali tak punya waktu untuk menciptakan perasaan & suasana seputar makanan. Rata-rata dari mereka memasak hanya untuk sekedar mengenyangkan perut, bukan membuat mulut terasa berliur.

Baca Juga: 5 Tips Food Plating untuk Percantik Sajian Makanan di atas Piring

Presentasi makanan

Tips Food Plating

Koki adalah seniman. Koki tak hanya dituntut menciptakan masakan yang enak tetapi juga masakan yang cantik dan indah dilihat. Proses menata dan mendekorasi makanan inilah yang disebut Food Plating.

Kreativitas dalam mendekorasi makanan adalah salah satu bagian penting dari pengalaman makan di restoran. Ini menjadi alasan rasa makanan di restoran terasa lebih lezat daripada makanan di rumah.

Koki di rumah tak akan punya cukup waktu untuk menyajikan makanan yang cantik karena keutamaan koki di rumah adalah membuat keluarga kenyang.

Itulah sederet alasan mengapa rasa makanan di restoring terbilang lebih lezat daripada rasa makanan di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News