Santai

Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Makan di Restoran Italia

Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Makan di Restoran Italia

MOMSMONEY.ID - Cara makan di setiap negara memiliki keunikan tersendiri. Sehingga, penting bagi Anda mempelajarinya untuk menghindari melakukan kesalahan cara makan salah satunya di restoran Italia. 

Makanan Italia di Indonesia cukup populer. Mulai dari pasta, pizza, hingga garlic bread. Saat menikmati makanan lezat ini, Anda juga perlu memahami etika makan di restoran Italia untuk menghindari melakukan kesalahan.

Melansir Reader’s Digest, ada beberapa kesalahan saat makan di restoran Italia. Yuk intip ada apa saja.

Baca Juga: Aman dan Matang Sempurna, Ikuti 6 Tips Mengolah Daging Pakai Cast Iron Skillet

1. Memberikan makanan ke sebelah kiri

Jika Anda makan di restoran Italia, sebaiknya jangan memberikan makanan kepada siapapun di sebelah kiri Anda. Mungkin ini bukan masalah besar di Indonesia, namun ini bisa jadi kesalahan yang sering Anda lakukan saat makan di restoran Italia. 

Jangan lakukan ini apalagi saat Anda makan bersama teman yang berasal dari Italia. Ini akan membuat mereka bingung dan melewatkan hidangan yang lezat. Memberikan makanan ke sebelah kiri dianggap melanggar etika di Italia. 

Jadi, berikan makanan hanya ke sebelah kanan Anda. Serta ambil porsi yang Anda yakin dapat Anda habiskan sehingga tidak ada makanan yang terbuang sia-sia terutama roti. Ingat roti dianggap sebagai makanan yang sangat mahal di sana. 

2. Memilih minuman anggur yang tepat

Anggur adalah bagian yang besar dari budaya Italia, tetapi memutuskan mana minuman anggur yang akan dipesan dengan makanan Anda bisa mengintimidasi. Lebih penting untuk mendapatka apa yang benar-benar Anda nikmati dari pada mengikuti aturan pemasangan anggur yang tepat. 

Faktanya, anggur apapun cocok dengan pasta saus merah, pasta saus putih atau hidangan seafood. Saat makan di restoran Italia, yag terpenting adalah Anda menikmati makanan Anda. 

Hindari kesalahan saat makan di restoran Italia ini dengan memilih anggur yang Anda suka atau sesuai dengan suasana saat itu dari pada memilih anggur sesuai dengan aturan yang tepat. Anda bisa menanyakan rekomendasi kepada pelayan yang bekerja. 

Baca Juga: Resep Menu Unik Tahu Nori Garing Berbalut Saus Cabe Menyegarkan

3. Memesan pasta sebagai makanan pendamping

Ada alasan kenapa restoran Italia tiddak mencantumkan pasta di bawah menu makanan pendamping. Sebab pasta seharusnya jadi makanan pembuka. 

Hindari kesalahan ini, jangan pesan pasta sebagai makanan pendamping saat makan di restoran Italia. Pasta tidak boleh dipesan sebagai makanan pendamping.

Jika Anda ingin memesan salad dan pasta namun sedang ketat dengan asupan kalori, jangan jadikan salad sebagai makanan utama.

Jadi, jika Anda ingin pasta namun tak ingin terlalu kenyang, lebih baik tanyakan ke pelayan apakah bisa membawa pulang pasta Anda yang tidak habis. Mereka akan lebih menghargai ini karena tidak akan ada makanan yang terbuang. 

4. Menambahkan taburan Parmesan untuk makanan pelengkap seafood

Orang Italia suka menambahkan taburan parmesan di atas pasta terutama spaghetti dan fettuccine. Sehingga di restoran Italia Anda akan sangat mudah menemukan bubuk Parmesan. 

Tapi, bukan berarti Anda bisa menaburkan parmesan di semua makanan. Kesalahan makan di restoran Italia yang harus Anda hindari adalah menaburkan parmesan di makanan seafood seperti sphagetti dengan kerang. 

Anda bisa menaburkan parmesan pada pasta jika makanan Anda ini bebas dari unsur makanan laut. 

Baca Juga: Bisa Maksimalkan Diet, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Singkong Saat Diet

5. Tidak memberikan tanda yang tepat saat sudah selesai maka

Kesalahan saat makan di restoran Italia adalah Anda tidal memberikan tanda yang tepat saat sudah selesai makan. Tempatkan sendok dan garpu Anda di atas taplak meja atau serbet atau di atas piring dengan bentuk X adalah cara yang salah. 

Untuk memberi tanda Anda selesai makan, letakan pisau dan garpu secara diagonal di atas piring. Bayangkan piring Anda adalah jam. Kemudian letakan ujung garpu dan pisau di angka 4 dan 5 dan ujung lainnya di angka 10 dan 11. Kemudian letakan serbet di sebelah kiri piring. 

Demikian 5 kesalahan umum yang mungkin sering Anda lakukan saat makan di restoran Italia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News