Bugar

Menstruasi Tidak Teratur, Atasi dengan Cara Sederhana Berikut Ini

Menstruasi Tidak Teratur, Atasi dengan Cara Sederhana Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Menerapkan cara sederhana mengatasi menstruasi tidak teratur adalah solusi tepat dan patut dicoba.

Menstruasi tidak teratur bisa menjadi sumber kecemasan bagi banyak wanita. Kondisi ini tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, tetapi juga bisa menjadi indikator adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Menstruasi tidak teratur adalah kondisi di mana siklus menstruasi seseorang mengalami ketidakstabilan, baik itu terlalu sering, terlalu jarang, atau tidak teratur jadwalnya. Siklus menstruasi normal berkisar antara 21 hingga 35 hari, dan menstruasi biasanya berlangsung antara 2 hingga 7 hari.

Baca Juga: 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Perempuan Saat Menstruasi, Apa Saja Sih?

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur antara lain perubahan berat badan yang signifikan, stres, olahraga berlebihan, masalah tiroid, polycystic ovary syndrome (PCOS), dan penggunaan kontrasepsi hormonal.

Bersumber dari Medical News Today, ada beberapa cara sederhana mengatasi menstruasi tidak teratur, di antaranya sebagai berikut:

1. Mengelola stres

Mengendalikan stres bisa menjadi langkah penting dalam menormalkan siklus menstruasi. Penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara tingkat stres yang tinggi dan gangguan pada siklus menstruasi.

Teknik pengelolaan stres, seperti menghindari situasi yang menimbulkan dapat membantu. Untuk stres yang tak terelakkan, mencari aktivitas yang dapat mengurangi dampaknya terhadap tubuh disarankan.

Baca Juga: Coping Stress itu Apa? Cari Tahu Arti dan Cara Melakukannya di Sini

2. Meditasi

Sebagai teknik pengurangan stres yang efektif, meditasi dapat dilakukan di mana saja tanpa biaya. Dengan mengurangi stres, meditasi dapat berkontribusi pada regulasi siklus menstruasi.

Untuk memulai meditasi, cari tempat yang tenang, duduk dengan posisi tegak, tarik napas dalam-dalam, dan fokuskan perhatian pada suara napas atau suara lingkungan, sambil membiarkan pikiran datang dan pergi tanpa menahan.

3. Yoga

Praktik yoga, yang merupakan meditasi dalam bentuk gerakan, dapat dicoba di rumah untuk membantu mengatur menstruasi. Studi menunjukkan bahwa yoga harian dapat membantu menyeimbangkan hormon yang berkaitan dengan menstruasi tidak teratur.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan dengan Konsumsi Makanan Tinggi Serat, Ini Daftarnya

4. Menjaga berat badan ideal

Perubahan berat badan bisa berpengaruh signifikan terhadap siklus menstruasi. Berat badan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Menjaga berat badan yang sehat melalui diet seimbang dan olahraga teratur dapat membantu mengatur siklus menstruasi.

5. Menyesuaikan tingkat olahraga

Sementara olahraga teratur bermanfaat bagi kesehatan, berlebihan dalam berolahraga dapat mengganggu siklus menstruasi. Penting untuk menemukan keseimbangan yang tepat, dengan mengikuti rekomendasi aktivitas fisik yang disarankan untuk menjaga kesehatan tanpa mengganggu menstruasi.

Baca Juga: Cara Cepat Kurus dan Langsing, Coba Olahraga Penurun Berat Badan Ini!

6. Meningkatkan asupan vitamin D

Vitamin D, yang penting untuk penyerapan kalsium dan kesehatan tulang, juga berperan dalam regulasi ovulasi. Penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah dapat berkaitan dengan menstruasi tidak teratur.

Menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, mengonsumsi ikan berlemak, atau mengambil suplemen dapat membantu meningkatkan kadar vitamin D dan potensial dalam mengatur menstruasi.

Itulah beberapa cara sederhana mengatasi mentruasi tidak teratur yang bisa Anda coba. Menstruasi tidak teratur bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan bisa menimbulkan kekhawatiran.

Namun, dengan menjaga gaya hidup sehat, mengurangi stres, dan berkonsultasi dengan dokter bila perlu, banyak wanita dapat mengatasi masalah ini. Penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan tidak mengabaikan tanda-tanda yang mungkin menunjukkan adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News