BisnisYuk

Menjaring Pasar dengan Musik Berlisensi yang Terjangkau

Menjaring Pasar dengan Musik Berlisensi yang Terjangkau

MOMSMONEY.ID - Nuon Digital Indonesia (Nuon), memaparkan arah bisnis terbarunya bertajuk "Reshaping Indonesia’s Play" untuk tahun 2025. Mereka mengandalkan tiga portofolio utama Digital Games, Digital Music, dan Digital Lifestyle. 

Di sektor  Digital Games, Nuon terus memperkuat perannya sebagai publisher lokal yang mendukung pengembangan konten gim dalam negeri. Salah satu upaya terbarunya adalah peluncuran Assault Mode pada gimDreadHaunt,  di platform STEAM dan Xbox.

Mode baru ini menawarkan pengalaman bermain solo, multiplayer, dan bantuan AI bots. Selain itu, Nuon bekerja sama dengan Telkom Indonesia mengembangkan gim horor Agni: Village of Calamity melalui program Indigo Games Start Up Incubation. Gim yang mengangkat cerita investigasi unit rahasia kepolisian ini ditargetkan rilis pada 2026.

Langkah lain yang dilakukan untuk memperluas penetrasi di sektor gim adalah menjadi reseller resmi PC Game Pass. Layanan ini akan tersedia melalui berbagai platform seperti UPOINT.ID, Dunia Games, dan IndiHome.

Baca Juga: Sampoerna Raih Digital Innovation Awards 2025, Dorong UMKM Naik Kelas lewat Inovasi

"Kami membuka akses dan menciptakan peluang bagi karya lokal untuk bersaing di pasar global," kata CEO Nuon, Aris Sudewo.

Ia menambahkan bahwa Nuon melihat industri gim lokal sebagai pendorong ekonomi digital, sekaligus ruang bagi talenta kreatif untuk bertumbuh.

Sementara itu, pada portofolio Digital Lifestyle, lewat industri film dan event. Di sektor event, Nuon mengandalkan platform Tiketapasaja.com yang mencatat penjualan lebih dari 100 ribu tiket selama kuartal pertama 2025.

Di lini Digital Music, Nuon mendorong pertumbuhan pengguna Langit Musik melalui peluncuran Paket Bestie, layanan berlangganan premium untuk dua hingga empat orang. Langit Musik kini juga telah terintegrasi dalam bentuk mini apps di aplikasi seperti MyTelkomsel, GoPay, dan by.U.

Baca Juga: TikTok Genjot Strategi Offline Commerce lewat Beauty Fest 2025

Untuk menyasar pelaku usaha di ruang publik, Nuon menghadirkan PlayUp by Langit Musik, layanan musik latar berlisensi yang ditujukan untuk UMKM, kafe, restoran, pusat perbelanjaan, hingga transportasi umum.

“PlayUp memiliki potensi besar sebagai katalis pertumbuhan industri musik digital yang sehat dan berkelanjutan,” ujar Aris.

Nuon menilai bahwa sektor UMKM memainkan peran strategis dalam ekosistem audio digital karena secara langsung menggunakan musik dalam kegiatan komersial harian.

Dengan memberikan layanan musik legal yang terjangkau dan mudah diakses, Nuon berharap pelaku usaha bisa ikut berkontribusi terhadap pertumbuhan industri musik yang berkeadilan.

"Kami ingin mengubah persepsi dari sekadar ‘izin’ menjadi ‘investasi’ dalam pengalaman pelanggan,” jelas Aris.

Ke depan, Nuon akan terus memperkuat kolaborasi lintas sektor agar lebih banyak pelaku usaha dan kreator lokal mendapatkan manfaat ekonomi dari ekosistem hiburan digital yang sehat.

Selanjutnya: Rajin Akuisisi Bikin Kinerja Emiten Bertambah Seksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News