Bugar

Mengenal Manfaat Buah Bit yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi dan Gula Darah

Mengenal Manfaat Buah Bit yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi dan Gula Darah

MOMSMONEY.ID - Manfaat buah bit untuk kesehatan tidak perlu Anda ragukan. Bisa bantu menurunkan tekanan darah tinggi dan gula darah, lo.

Buah bit, sering juga disebut sebagai beetroot, merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Bit merupakan sumber vitamin dan mineral esensial seperti vitamin C, folat, serat, kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan kaya akan antioksidan.

Dikenal karena warnanya yang merah menyala dan rasa tanahnya yang khas, bit telah mendapatkan popularitas sebagai superfood. 

Ini karena manfaat kesehatannya yang luar biasa, terutama dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol kadar gula darah.

Bersumber dari WebMD, di bawah ini adalah uraian dari beberapa manfaat kesehatan dari buah bit:

Baca Juga: 4 Jus Penurun Darah Tinggi Paling Cepat, Patut Dicoba

1. Mengendalikan tekanan darah

Jus bit menawarkan manfaat bagi seseorang dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi, berkat kandungan nitratnya yang efektif dalam menurunkan tekanan darah dan memperbaiki sirkulasi darah. Mengurangi tekanan darah dapat berkontribusi pada pencegahan risiko serangan jantung dan stroke.

2. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Penelitian menunjukkan bahwa jus bit dapat berperan dalam membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil setelah makan. Konsumsi jus bit berpotensi membuat orang dengan obesitas lebih sensitif terhadap insulin dan menurunkan kadar gula darah mereka.

Walaupun memerlukan lebih banyak bukti, temuan ini menjanjikan bagi seseorang yang menghadapi diabetes atau masalah kesehatan terkait kadar gula darah lainnya.

Baca Juga: Jangan Dianggap Remeh, Inilah Risiko Komplikasi Gula Darah Tinggi!

3. Meningkatkan performa olahraga

Konsumsi jus bit terbukti meningkatkan efisiensi atletik dan ketahanan fisik. Sebuah studi terkini menemukan bahwa pengendara sepeda profesional yang mengonsumsi jus bit setiap hari menunjukkan peningkatan performa.

Penelitian lain mendapati bahwa atlet lari jarak jauh juga mengalami peningkatan kinerja berkat konsumsi rutin jus bit. Hal ini terjadi karena kandungan nitrat dalam jus bit yang mampu meningkatkan kapasitas tubuh dalam menggunakan oksigen selama aktivitas fisik yang intens.

Baca Juga: Jangan Dianggap Remeh, Inilah Risiko Komplikasi Gula Darah Tinggi!

Buah bit sering dikonsumsi dalam bentuk jus atau bubuk. Jus bit dan bubuk bit tidak hanya menawarkan manfaat nutrisi tetapi juga berkontribusi pada peningkatan performa fisik, pengendalian tekanan darah, dan regulasi gula darah, menjadikannya tambahan yang berharga untuk gaya hidup sehat.

Meskipun bit memiliki banyak manfaat kesehatan, seseorang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti batu ginjal harus berhati-hati dalam mengonsumsinya karena kandungan oksalat yang tinggi, yang dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mencobanya, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News