HOME, InvesYuk

Melemah Lagi, Mengapa IHSG Kali Ini?

Melemah Lagi, Mengapa IHSG Kali Ini?

MOMSMONEY.ID - Masih tak bertenaga, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup turun 0,64% ke level 6.088,40 pada perdagangan Selasa (10/8). Berdasarkan RTI, ada 308 saham turun, 187 saham naik dan 149 saham stagnan. Total volume 22,8 miliar saham dengan nilai transaksi capai Rp 12,6 triliun. Investor asing mencatatkan net buy Rp 4,374 miliar di pasar reguler dan Rp 14,863 miliar keseluruhan market.

Menurut Achmad Yaki, Analis BCA Sekuritas, pelemahan IHSG tidak disebabkan pengumuman kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) lanjutan. "Pasalnya, jika dilihat, hasil kebijakan ppkm sudah lebih baik. Hal ini tampak dari beberapa sektor industri dan real sector seperti mall dan pasar tradisional sudah boleh mulai beroperasi," ujar Achmad Yaki.

Pelemahan IHSG pada penutupan perdagangan, diakui Achmad Yaki disebabkan karena kekhawatiran investor akan kondisi di regional dan global akan kasus covid-19 baru di Amerika Serikat dan China. "Hal ini tentu menekan laju IHSG," tukasnya.

Untuk Kamis, Achmad Yaki memperkirakan laju gerak IHSG masih akan flutuatif, dan ada kemungkinan untuk bangkit (rebound). Kamis, rentang IHSG diproyeksikan bergerak di rentang 6.006 sampai 6.180. Saham-saham yang layak dicermati investor pada Kamis (12/8), yaitu saham big bank, tambang, batubara dan big caps seperti ASII, TLKM.

Baca Juga: Simak Serial Romansa Angga Yunanda Tayang di WeTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News