Santai

Makin Sering Terjadi, Ajarkan Anak 5 Cara Melawan Bullying di Sekolah Ini Moms

Makin Sering Terjadi, Ajarkan Anak 5 Cara Melawan Bullying di Sekolah Ini Moms

MOMSMONEY.ID - Sebelum menimpa anak-anak, sebaiknya ajarkan bagaimana cara untuk melawan bullying di sekolah ini, ya, Moms.

Ramainya kasus bullying di sekolah yang jadi perbincangan tentu membuat banyak orang tua semakin was-was meninggalkan anak mereka di sekolah.

Bahkan kini kasus bullying di sekolah pun sudah terjadi di sekolah internasional yang notabene dikenal karena memiliki lingkungan suportif.

Jika merasa cemas anak Anda mengalami bullying di sekolah, maka ada baiknya mulai mengenalkan cara untuk melawan bullying.

Lalu bagaimanakah cara melawan bullying di sekolah? Berikut ini beberapa di antaranya, Moms.

Baca Juga: Ini 6 Rekomendasi Drama Korea Bertema Bullying di Sekolah, Kejam Banget!

Ciptakan lingkungan rumah bebas bully

Ternyata, menurut American Psychological Association, anak-anak mempelajari perilaku melalui apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Agar anak-anak tidak terlibat dalam kasus bullying, sebaiknya ciptakan lingkungan rumah suportif yang bebas bully.

Sementara jika anak menjadi korban bullying, ciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan terbuka agar anak bisa bercerita dengan bebas tentang kekerasan yang mereka alami di sekolah.

Cari teman

Anak-anak yang menjadi korban bullying biasanya adalah anak yang selalu sendirian dan tidak mempunyai teman. Jika memang tidak memiliki teman, sebaiknya hindari berpergian seorang diri di tempat yang jauh dari jangkauan guru atau teman lainnya.

Bagi anak-anak yang kesulitan mencari teman di sekolah, coba cari perlindungan dari orang dewasa, seperti guru dan orang tua saat menjadi korban bullying.

Baca Juga: 5 Keuntungan Jadi Pribadi Sensitif, Cocok Jadi Pemimpin Loh

Abaikan

Menurut terapis keluarga Karen Gail Lewis, EdD, MFT, MSW, dari laman Very Well Family, mengabaikan seseorang ketika melakukan sesuatu yang menyakitkan kadang menjadi cara yang ampuh untuk merespons bullying.

Kebanyakan para pem-bully menyerang korbannya untuk sekadar menyenangkan hasrat dan melihatnya marah. Maka dari itu, kadang kasus bullying menjadi makin parah saat kedua pihak tersulut emosi. Sebaiknya abaikan para pem-bully agar kehilangan minat untuk mem-bully.

Minta pem-bully berhenti

Fakta menyebutkan bahwa para pem-bully menargetkan murid yang mereka rasa bisa diintimidasi. Maka dengan cara meminta para pem-bully untuk berhenti mem-bully bisa menjadi cara tepat menunjukkan kekuatan dan rasa percaya diri.

Laman Very Well Family juga menyarankan agar menggunakan bahasa yang baik dan tenang saat meminta pem-bully berhenti melakukan aksinya agar tidak memperburuk keadaan.

Laporkan

Melaporkan tindakan bullying yang dialami di sekolah merupakan kewajiban bagi setiap murid. Laporkan tindakan bullying yang terjadi di sekolah pada guru maupun orang tua agar mendapat penanganan tepat.

Sebagai orang tua dan guru sebaiknya juga tidak mengabaikan setiap laporan maupun cerita korban bullying. Berikan respons positif dan mendukung pada anak yang menjadi korban bullying agar mereka merasa terlindungi.

Nah, itulah tadi beberapa cara untuk melawan bullying di sekolah yang kini makin marak terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News